Cek Disini Posisi Kamar Tidur Yang Baik !

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ 16 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Posisi kamar tidur yang baik perlu memperhatikan ventilasi, luas kamar tidur dan penataan furniturenya. Penataan yang buruk dapat memicu penyakit karena sirkulasi udara tak berjalan dengan baik.

Menurut Tracey Kelly penulis buku 50 Rahasia Alami Tidur Yang Berkualitas menyarankan posisi tempat tidur berada berlawanan dengan pintu. Posisi ranjang sebaiknya diagonal.

Filosofinya adalah menciptakan ketenangan  bagi penghuni kamar tersebut. Suasana rileksasi dan tenang menjaga kualitas tidur lebih baik.

Posisi Kamar Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan

Posisi kamar tidur yang mengedepankan kesehatan memperhatikan sirkulasi udara. Selain itu cahaya yang masuk ke dalam rumah perlu diperhatikan. Jika kamar tidur cenderung gelap maka mudah menimbulkan kelembaban dan jamur.

Penataan kamar tidur yang baik untuk kesehatan dapat memperhatikan posisi dan bahan furniture seperti berikut :

Kepala Ranjang Menempel Dinding

(Shutterstock)

Bagian kepala ranjang sebaiknya menempel di dinding. Posisi kamar tidur ke arah selatan maupun barat. Dengan arah kamar tidur seperti ini akan memposisikan kaki menghadap ke timur atau utara.

Selain itu beri sedikit ruang antara bagian kaki tempat tidur dan sisi tempat tidur. Pilih kepala ranjang yang kuat dan kokoh.

Jika dilihat dari sudut pandang fengshui, Headboard tidak disarankan menghadap cermin. Kepala ranjang juga tidak disarankan menghadap pintu. 

Baca juga : 10 Pilihan Tanaman Yang Cocok di Kamar Tidur

Posisi Komando

(Shutterstock)

Ada pula posisi komando yakni dalam posisi memerintah. Artinya dari tempat tidur bisa melihat pintu walaupun tidak menghadap langsung. Pintu bisa terlihat ketika berbaring maupun duduk di atas ranjang.

Posisi ini memiliki filosofi mudah untuk memulai. Tempatkan cermin di samping kamar tidur. Adanya cermin bisa menampakan area di sekitar ranjang dan mengurangi kecemasan ketika tidur.

Pins dapat meletakan ranjang di posisi tengah ruangan. Beri jarak sekitar 40-60 cm dari dinding untuk headboard.

Jarak Dengan Pintu

(Shutterstock)

Jarak tempat tidur dengan pintu kamar tidak sejajar. Selain itu furniture di sekitar ranjang minimal 60 cm. Tujuannya untuk menghindari benturan dan tidak terllau sempit untuk bergerak.

Apabila kamar tidurnya memiliki ukuran yang cukup luas maka gunakan tempat tidur queen. Begitupun sebaliknya harus disesuaikan dengan luas kamar tidur.

Bila ingin menempatkan rak biarkan minimal 60 cm dari ruang kosong. Area tempat duduk berjarak 45 cm dengan meja. Bila ingin menambahkan meja rias maka harus memiliki ruang berjalan minimal 60 cm.

Dengan begitu akan mudah untuk membuka dan menutup laci.  Sementara pintu ke tempat tidur minimal berjarak bebas 90 cm.

Baca juga : Ragam Ventilasi Kamar Tidur Minimalis Agar Bebas Pengap

Ventilasi

(Shutterstock)

Untuk mengatur sirkulasi udara dalam kamar tidur bisa pula dengan kipas angin gantung. Gunakan kipas angin yang berputar searah jarum jam. Posisi ranjang tidak langsung dekat dengan jendela.

Jika terlalu dekat maka debu dari luar atau polusi udara seperti asap akan mudah masuk ke dalam kamar tidur. Suara bising dari luar juga mudah terdengar. Pins dapat menggunakan jendela dengan bukaan lebar atau sempit.

Ukuran jendela yang lebar bisa meningkatkan cahaya matahari yang masuk dalam ruangan. Kamar tidur bisa pula berdampingan dengan ruang terbuka hijau.

Gunakan pintu geser kaca yang langsung menuju taman. Jika tidak ada jendela gunakan AC maupun membuat lubang ventilasi di plafon. Tujuannya agar kamar tidur tidak terasa pengap.

Hindari Bahan Sintetis

(Shutterstock)

Hindari bahan dari sintetis termasuk untuk perlengkapan tidur. Bahan ini tidak mudah menyerap keringat malah membuat badan cepat berkeringat.

Pins dapat menggunakan bahan katun yang lebih sejuk. Furniture sebaiknya memakai material kayu. Mudah dibersihkan dan memberikan kesan hangat. Untuk lantai kamar tidur bisa dari batuan alam, keramik atau kayu yang lebih dingin.

Posisi Yang Patut Dihindari

Ada beberapa posisi yang patut dihindari dalam menata furniture kamar tidur. Berikut beberapa posisi yang tidak dianjurkan diantaranya adalah :

Di Dekat Kamar Mandi dan Dapur

(Shutterstock)

Jauhi ruangan yang dekat dengan dapur untuk kamar tidur. Bila ruangan cenderung dekat dapur akan mudah memasukan bau tidak sedap saat memasak. 

Air akan merembes masuk saat wastafel rusak. Selain itu sebaiknya kamar tidur tidak berdampingan dengan kamar mandi jika dibuat terpisah. Dengan cara ini mampu mencegah terkena paparan bakteri dan virus dari toilet.

Baca juga : 10 Aturan Fengshui Kamar Tidur Untuk Tingkatkan Hoki

Di Bawah Tangga Atau AC

(Shutterstock)

Hindari meletakan kasur langsung dibawah AC. hal ini bisa membawa efek buruk terhadap kesehatan karena langsung mengenai kepala. 

Kamar tidur sebaiknya tidak berada di bawah tangga. Posisi kamar tidur ini akan rentang suara bising ketika ada yang menaiki anak tangga. Ruangan kamar tidur akan lebih pengap dan gelap. 

Di Atas Garasi

Membangun kamar tidur di atas garasi akan memicu insomnia. Apalagi suara bising dari jalan akan terdengar jelas. Terlebih asap knalpot maupun bau dari bahan bakar yang bersumber di garasi akan mudah masuk kek kamar tidur.

Menurut Fengshui posisi ini juga terbilang buruk. Menurut kepercayaan mampu mendatangkan kemalangan.

Posisi kamar tidur yang baik adalah jauh dari AC maupun jendela. Tujuannya agar udara kotor maupun debu tidak langsung mengotori ranjang. Selain itu perhatikan jarak antara furniture dengan ranjang serta dari pintu kamar.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia