BlogPemilik PropertiDesain HunianBagaimana Posisi Kamar Tidur yang Baik? Cek di Sini!
0
0

Bagaimana Posisi Kamar Tidur yang Baik? Cek di Sini!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Posisi kamar tidur yang baik perlu memperhatikan ventilasi, luas kamar tidur dan penataan furniturnya. Penataan yang buruk dapat memicu penyakit karena sirkulasi udara tak berjalan dengan baik.

Menurut Tracey Kelly penulis buku 50 Rahasia Alami Tidur Yang Berkualitas menyarankan posisi tempat tidur yang baik adalah berada berlawanan dengan pintu. Posisi ranjang sebaiknya diagonal karena filosofinya adalah menciptakan ketenangan bagi penghuni kamar tersebut.

Posisi Kamar Tidur yang Baik Untuk Kesehatan

Desain interior kamar tidur yang mengedepankan kesehatan pasti memperhatikan sirkulasi udara. Selain itu cahaya yang masuk ke dalam rumah perlu diperhatikan. Jika kamar tidur cenderung gelap maka mudah menimbulkan kelembaban dan jamur.

Posisi kamar tidur yang baik untuk kesehatan dapat memperhatikan letak dan bahan furnitur seperti berikut:

Kepala Ranjang Menempel Dinding

posisi kamar tidur yang baik dekat dengan jendela
Source : Shutterstock

Posisi kamar tidur yang baik ke arah selatan maupun barat dengan kepala ranjang menempel ke dinding. Dengan arah kamar tidur seperti ini akan memposisikan kaki menghadap ke timur atau utara.

Selain itu beri sedikit ruang antara bagian kaki tempat tidur dan sisi tempat tidur. Pilih kepala ranjang yang kuat dan kokoh namun permukaannya empuk agar mencegah benturan. Jika dilihat dari sudut pandang fengshui, headboard tidak disarankan menghadap cermin maupun menghadap pintu. 

Baca juga:

Posisi Komando

posisi kamar tidur yang baik dengan ranjang single
Source : Shutterstock

Ada pula posisi komando yakni dalam posisi memerintah. Artinya dari tempat tidur bisa melihat pintu walaupun tidak menghadap langsung. Pintu bisa terlihat ketika berbaring maupun duduk di atas ranjang.

Posisi ini memiliki filosofi yakni memudahkan Pins dalam memulai segala sesuatu dengan jelas. Tempatkan cermin di samping kamar tidur untuk menampakan area di sekitar ranjang dan mengurangi kecemasan ketika tidur.

Pins dapat meletakan ranjang di posisi tengah ruangan. Beri jarak sekitar 40-60 cm dari dinding untuk headboard.

Jarak Dengan Pintu

posisi kamar tidur yang baik dengan pintu kamar tidak sejajar
Source : Shutterstock

Posisi kamar tidur yang baik adalah tempat tidur dengan pintu kamar tidak sejajar. Selain itu furnitur di sekitar ranjang minimal 60 cm. Tujuannya untuk menghindari benturan dan tidak terlalu sempit untuk bergerak.

Apabila kamar tidurnya memiliki ukuran yang cukup luas maka gunakan tempat tidur queen. Begitupun sebaliknya harus disesuaikan dengan luas kamar tidur.

Bila ingin menempatkan rak biarkan minimal 60 cm dari ruang kosong. Area tempat duduk berjarak 45 cm dengan meja. Bila ingin menambahkan meja rias maka harus memiliki ruang berjalan minimal 60 cm.

Dengan begitu akan mudah untuk membuka dan menutup laci. Sementara pintu ke tempat tidur minimal berjarak bebas 90 cm.

Baca juga:

Ventilasi

Source : Shutterstock

Untuk mengatur sirkulasi udara dalam kamar tidur bisa pula dengan kipas angin gantung. Gunakan kipas angin yang berputar searah jarum jam. Posisi ranjang tidak langsung dekat dengan jendela.

Jika terlalu dekat maka debu dari luar atau polusi udara seperti asap akan mudah masuk ke dalam kamar tidur. Suara bising dari luar juga mudah terdengar. Pins dapat menggunakan jendela dengan bukaan lebar atau sempit.

Ukuran jendela yang lebar bisa meningkatkan cahaya matahari yang masuk dalam ruangan. Posisi kamar tidur yang baik bisa pula berdampingan dengan ruang terbuka hijau.

Gunakan pintu geser kaca yang langsung menuju taman. Jika tidak ada jendela gunakan AC maupun membuat lubang ventilasi di plafon. Tujuannya agar kamar tidur tidak terasa pengap.

Hindari Bahan Sintetis

posisi kamar tidur yang baik dengan plafon tinggi
Source : Shutterstock

Hindari bahan dari sintetis termasuk untuk perlengkapan tidur. Bahan ini tidak mudah menyerap keringat malah membuat badan cepat berkeringat.

Pins dapat menggunakan bahan katun yang lebih sejuk. Furnitur sebaiknya memakai material kayu karena mudah dibersihkan dan memberikan kesan hangat. Untuk lantai kamar tidur bisa dari batuan alam, keramik atau kayu yang lebih dingin.

Posisi Kamar Tidur yang Patut Dihindari

Ada beberapa posisi yang patut dihindari dalam menata furnitur kamar tidur. Berikut beberapa posisi yang tidak dianjurkan di antaranya adalah:

Kamar Tidur di Dekat Kamar Mandi dan Dapur

posisi kamar tidur yang baik menghadap TV
Source : Shutterstock

Jauhi ruangan yang dekat dengan dapur untuk kamar tidur. Bila ruangan cenderung dekat dapur akan mudah memasukan bau tidak sedap saat memasak. 

Air akan merembes masuk saat wastafel rusak. Selain itu sebaiknya kamar tidur tidak berdampingan dengan kamar mandi jika dibuat terpisah. Dengan cara ini mampu mencegah terkena paparan bakteri dan virus dari toilet.

Baca juga:

Kamar Tidur di Bawah Tangga Atau AC

Source : Shutterstock

Hindari meletakan kasur langsung di bawah AC. Hal ini bisa membawa efek buruk terhadap kesehatan karena langsung mengenai kepala. 

Kamar tidur sebaiknya tidak berada di bawah tangga. Posisi kamar tidur ini akan rentang suara bising ketika ada yang menaiki anak tangga. Ruangan kamar tidur akan lebih pengap dan gelap. 

Kamar Tidur di Atas Garasi

Membangun kamar tidur di atas garasi akan memicu insomnia. Apalagi suara bising dari jalan akan terdengar jelas. Terlebih asap knalpot maupun bau dari bahan bakar yang bersumber di garasi akan mudah masuk kek kamar tidur.

Menurut Fengshui posisi ini juga terbilang buruk karena mampu mendatangkan kemalangan. Suasana rileksasi dan tenang menjaga kualitas tidur lebih baik.

Posisi kamar tidur yang baik adalah jauh dari AC maupun jendela. Tujuannya agar udara kotor maupun debu tidak langsung mengotori ranjang. Jangan lupa perhatikan jarak antara furnitur dengan ranjang serta dari pintu kamar.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Shutterstock

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download