Kamus Istilah Properti

Weatherstrip

istilah properti

Weatherstrip

Weatherstrip adalah bahan berbentuk strip untuk menutupi sambungan pintu atau jendela dan kusen, selubung, atau ambang pintu agar terlindung dari segala cuaca. 

Apa Itu Weatherstip?

(True Value) 

Setiap pintu luar, atau pintu ke ruangan yang tidak berinsulasi seperti loteng, harus tahan cuaca. Nah, untuk itulah diperlukan weatherstrip.

Weatherstrip adalah bahan berbentuk strip untuk menutupi sambungan pintu atau jendela dan kusen, selubung, atau ambang pintu agar terlindung dari segala cuaca. Istilah untuk pemasangan weatherstip disebut weatherstipping. 

Tujuan dari weatherstrip adalah untuk mencegah hujan dan air masuk seluruhnya atau sebagian dan melakukannya dengan mengembalikan atau mengalihkan air. Selain itu, weatherstrip dipasang juga untuk menjaga udara interior tetap masuk, sehingga menghemat energi pada pemanas dan pendingin udara.

Weatherstripping di sekitar bukaan juga dapat mengurangi kebisingan.  

Weatherstrip di area pintu sangat penting untuk kenyamanan termal dan efisiensi energi keseluruhan bangunan apa pun, terutama dalam proyek pembangunan rumah hemat energi dan Passive House untuk iklim dingin. Pintu harus memenuhi standar kedap udara yang sangat tinggi untuk mengurangi kebocoran udara seminimal mungkin. 

Selain pintu, weatherstrip juga dapat digunakan pada jendela untuk menyegelnya di semua sisi agar saat hujan tiba, rumah tiba kebasahan. 

Tak hanya di area rumah, Pins juga dapat menemukan weatherstrip di bodi atau sekeliling pintu mobil. Fungsinya sama yaitu mencegah air dan debu masuk melalui celah antara kaca dan frame pintu mobil. Fungsi lainnya adalah meredam getaran kaca saat mobil berjalan dan menahan bagian atas kaca saat posisi tertutup.

Bahan-bahan Weatherstip dan Cara Menggunakannya

Saat ini, ada banyak jenis weatherstip yang bisa Pins temukan di pasaran, toko perkakas, maupun toko online. Untuk itulah, Pins harus mengenal bahan-bahan tersebut agar bisa memilih yang tepat sesuai kebutuhan rumahmu. 

Berikut ini beberapa bahan yang umum digunakan sebagai weatherstip rumah:

1. Strip V  

(Bobvila.com)

Strip V, juga dikenal sebagai V-Seals, adalah strip plastik atau logam tahan lama yang dilipat menjadi bentuk ‘V’ yang terbuka untuk menjembatani celah.

Pins dapat memasang ini di sepanjang sisi jendela gantung ganda atau geser; di bagian atas dan samping pintu.

Penggunaan strip V sebagai weatherstip sangatlah mudah digunakan. Pins hanya perlu memotongnya sesuai panjang yang diinginkan menggunakan gunting. Lalu, pasang dengan paku di area yang diinginkan. 

2. Tape

(Feldco)

Tape untuk weatherstip terbuat dari busa sel terbuka atau tertutup atau karet dengan bagian belakang yang lengket. Jenis weatherstip ini dijual dalam berbagai lebar dan ketebalan, yang membuatnya paling baik untuk retakan berukuran tidak beraturan.

Pins dapat menggunakannya pada bagian atas dan bawah jendela dan kusen pintu bagian dalam.

Cara menginstalnya juga sama-sama mudah yaitu dengan cara memotong memanjang, dan tempelkan di bagian yang diperlukan.

3. Sweeps

(Amazon)

Sweeps door terbuat dari vinil atau karet, atau bulu dengan alas, dipasang melalui perekat atau sekrup ke bagian bawah pintu luar. Bahan ini biasanya tersedia di toko perkakas dan toko bangunan. 

Pins bisa memasangnya di sepanjang bagian bawah sisi interior pintu. Potong sesuai lebar pintu kemudian pasang dengan sekrup.  

4. Karet, Vinyl, atau Silicone

(Wallside Windows)

Bahan terakhir yang umum dipakai sebagai weatherstip adalah karet berbentuk tabung, vinyl, atau silikon. Ketiga bahan ini efektif sebagai penghalang udara. Jenis silikon biasanya dimasukkan ke dalam alur yang digiling.

Bahan ini digunakan di dasar pintu dan jendel, atas atau bawah selempang jendela, bagian bawah pintu, maupun dipasang di antara pintu dan kusennya.

Cara menginstalnya dengan cara mengupas dan menempelkannya saja. Kemudian  kencangkan dengan sekrup melalui lubang slot, segel silikon ditekan ke saluran yang Pins buat dengan router.

Kapan Weatherstip Harus Diganti?

Sebuah weatherstip tidak bisa dipakai selamanya. Pins harus menggantinya saat weatherstip mulai aus.  

Weatherstrip akan memburuk dan kehilangan fungsinya karena usia, gesekan, dan paparan elemen lain. Bisa juga karena telah dirusak oleh manusia, hewan peliharaan, dan hama.

Untuk itu, setidaknya sekali setiap tahun, periksa jendela dan pintu Pins untuk memeriksa kebocoran udara yang menunjukkan weatherstrip tidak lagi berfungsi dengan baik.

Berikut ini tanda-tanda weatherstrip harus diganti: 

  • Tape berperekat kehilangan cengkeramannya seiring waktu, menyebabkannya terlepas dari kusen pintu atau jendela, atau malah terlepas sepenuhnya. Busa juga bisa kehilangan ketahanannya, tidak lagi bermunculan untuk mengisi celah.
  • Weatherstrip berbahan karet dan vinyl menjadi kering, rapuh, dan pecah-pecah. Seiring waktu, hal ini juga membuatnya kehilangan bentuk dan efektivitasnya.
  • Stripping cuaca berbentuk V pegas logam melengkung tidak berbentuk, retak di beberapa titik, dan lepas karena paku yang hilang.

Jika hal ini Pins temukan, maka segeralah lepas dan ganti weatherstrip dengan yang baru. Sebelum memasang weatherstrip yang baru, mulailah dengan permukaan yang halus, bersih, dan kering. 

Hapus semua weatherstrip lama menggunakan pembersih perekat. Terkadang Pins juga membutuhkan pengamplasan ringan. Isi dan amplas lubang paku tua. Jika lubang sekrup lama tidak dapat digunakan kembali, isi dan amplas juga, ya!

Semoga informasi ini bermanfaat, Pins! 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Iko