BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Desain Studio Musik Kecil di Rumah dan Cara Membuatnya
0
0

5 Desain Studio Musik Kecil di Rumah dan Cara Membuatnya

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
desain studio musik keciltop-right-banner

Memiliki desain studio musik kecil di rumah menjadi impian bagi para musisi maupun pecinta musik. Studio musik yang dimiliki tidak harus mewah, yang penting cukup menunjang ketika mendapat inspirasi karya di rumah.

Jika Pins juga ingin membuat desain studio musik kecil di rumah, berikut adalah artikel yang tepat! Ini dia 5 desain studio musik kecil di rumah dan cara membuatnya yang bisa menjadi inspirasi kamu.

Baca juga: 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Studio Musik dengan Lampu LED

Studio Musik dengan Lampu LED
Source : Pinterest

(Pinterest)

Desain studio musik kecil yang pertama adalah studio musik dengan lampu LED. Pins bisa menambahkan lampu LED ini pada lisplang plafon studio.

Jadi, ketika lampu utama dimatikan bisa memberikan cahaya warna-warni sesuai dengan lampu LED yang kamu pilih. Lampu ini bisa membuat tampilan studio musik lebih cantik dan modern. 

Studio Musik dengan Mini Panggung

Studio Musik dengan Mini Panggung

(Pinterest)

Desain kedua yang bisa menjadi inspirasi kamu adalah studio musik dengan mini panggung. Mini panggung ini bisa kamu buat mulai dari bagian belakang studio hingga bagian tengah

Dengan demikian, alat musik dan para pemainnya bisa berdiri di mini panggung saat latihan. Dengan adanya mini panggung ini juga dapat membuat kamu berlatih dengan stage sungguhan, sehingga Pins akan lebih terbiasa untuk memainkan musik di panggung.

Baca juga: Jelaskan Kegunaan Peredam Bunyi, Ini Dia Detailnya!

Studio Musik dengan Lantai Kayu

Studio Musik dengan Lantai Kayu

(Pinterest)

Kayu memang sudah biasa digunakan sebagai material lantai. Tampilannya yang sangat natural dan membuat ruangan terasa lebih cozy membuat lantai kayu ini sering digunakan pada kamar tidur.

Namun, lantai kayu juga bisa kamu gunakan pada studio musik milik kamu.  Alhasil tampilan desain studio musik kecil kamu akan lebih warm dan fresh dengan lantai kayu.

Pins bisa memadukannya dengan cat dinding berwarna netral seperti coklat, krem, putih atau abu-abu. Namun hal ini disesuaikan kembali dengan selera kamu ya!

Studio Musik dengan Kaca Besar

Studio Musik dengan Kaca Besar

(Pinterest)

Desain studio musik kecil yang satu ini dapat sangat membantu kamu saat berlatih lho! Ya, pemasangan kaca berukuran besar ini akan membantu kamu dalam melihat bagaimana penampilan Pins saat memainkan musik. 

Jadi Pins bisa mengevaluasi setiap latihan dengan lebih detail supaya performance sesungguhnya bisa jauh lebih baik saat latihan. Pemasangan kaca besar ini sebaiknya kamu lakukan pada bagian depan alat-alat musik.

Jadi ketika Pins berlatih, kamu bisa langsung menghadap kaca dan memperhatikan bagaimana latihan musik Pins berjalan.

Baca juga: Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Studio Musik dengan Unfinished Look

Studio Musik dengan Unfinished Look

(Pinterest)

Tema unfinished look memang sangat populer akhir-akhir ini. Hal ini karena tampilannya yang sangat unik dan prosesnya yang jauh lebih mudah.

Pins bisa membuat dinding dengan tampilan tanpa cat sehingga studio musik akan jauh lebih unik dan menarik. Jangan lupa untuk menambahkan lampu-lampu yang cukup terang ya supaya studio musik kamu tetap cerah!

Baca juga: Ini Dia, 11 Cara Membuat Peredam Suara Ruangan Sendiri

Cara Membuat Studio Musik Kecil di Rumah

(Pinterest)

Dalam membuat studio musik sendiri di rumah, tentu banyak sekali hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan untuk mendapatkan studio musik yang baik dan kedap suara. Mengapa harus kedap suara? Hal ini untuk mencegah kebisingan yang terjadi saat proses latihan musik berlangsung. 

Mungkin banyak dari Pins yang belum mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan dalam membangun studio musik di rumah. Nah, berikut penjelasannya.

Gunakan Peredam Suara

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam membuat studio musik sendiri di rumah adalah dengan melapisi ruangan dengan peredam suara. 

Umumnya peredam suara ini dibuat dari banyak hal seperti karet, busa, kayu dan masih banyak lagi. Peredam-peredam suara ini juga bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko bangunan.

Supaya suara dari studio tidak mudah bocor, Pins bisa menggunakan karpet supaya peredam suara semakin efektif. Tidak hanya itu, Pins juga bisa memasang kaca atau plastik supaya meminimalisir dentuman alat musik.

Cek Sirkulasi Udara

Sebelum memasang alat peredam, pastikan bahwa terdapat ventilasi supaya sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. Kamu juga bisa memasang AC (Air Conditioner) supaya suhu di dalam studio tetap sejuk saat digunakan untuk berlatih musik.

Perhatikan Tata Letak Sumber Listrik

Pastikan studio juga memiliki sumber-sumber listrik yang aman. Mengingat akan banyak kabel-kabel yang terpasang dari alat musik ke stop kontak, jadi pastikan penataannya dilakukan dengan rapi dan aman. 

Gunakan Pencahayaan yang Baik

Penting juga untuk memasang lampu yang terang dan redup supaya kamu dapat berlatih dengan lebih nyaman. Kedua pencahayaan ini dapat kamu terapkan pada desain studio musik kecil milikmu.

Lampu yang terang bisa kamu gunakan saat kamu butuh mengulik instrumen musik yang butuh sumber cahaya terang saat membaca. Sedangkan lampu redup bisa kamu gunakan saat berlatih supaya suasana bisa lebih rileks.

Itulah 5 desain studio musik kecil yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam membangun studio musik sendiri di rumah. Jangan lupa untuk memastikan ventilasi udara yang cukup pada studio kamu agar kualitas udara dalam studio tetap baik.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Pins dan bisa menjadi inspirasi studio musik mini idamanmu!

Source feature image: The Architecture Design

Baca juga: Korelasi Pencahayaan Rumah Beserta Emosi Penghuninya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download