BlogPemilik PropertiDesain HunianKegunaan Peredam Bunyi Di 6 Tempat Berbeda, Ini Detailnya!
0
0

Kegunaan Peredam Bunyi Di 6 Tempat Berbeda, Ini Detailnya!

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 24, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
kegunaan peredam bunyitop-right-banner

Peredam bunyi adalah bahan atau sistem yang dirancang untuk mengurangi tingkat kebisingan di suatu ruangan atau area. Penggunaan peredam bunyi sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang tenang. Hal ini berlaku terutama ketika Pins membeli suatu rumah yang ramai. Jika ingin tahu lebih lanjut, Pinhome akan jelaskan kegunaan peredam bunyi di masing-masing tempat. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan sistem ini sesuai dengan kebutuhan. Simak deretan kegunaannya di sini!

Kamu dapat memiliki rumah yang berdesain menarik dan cantik di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Manfaatkan Kalkulator KPR untuk mengetahui berapa kisaran biaya yang akan kamu keluarkan ketika memutuskan untuk membeli rumah dengan cara KPR.

Baca juga: Suara Bising Sangat Mengganggu? Ini Dia 8 Cara Membuat Rumah Kedap Suara

Jelaskan Kegunaan Peredam Bunyi di Beberapa Tempat

Apakah Pins pernah menonton film di bioskop atau masuk sebuah studio musik? Di tempat-tempat itu biasanya dijumpai kayu atau karpet busa yang menempel pada sisi dinding. Benda-benda ini yang biasa disebut sebagai peredam bunyi dan apa kegunaan peredam bunyi tersebut?

Perlu Pins diketahui, ada beberapa tempat yang memerlukan peredam bunyi atau suara. Hal ini bertujuan mencegah kebocoran suara atau mengurangi kebisingan. Ini tentu bisa Pins terapkan ketika membeli rumah di daerah yang ramai dan menginginkan ketenangan.

Lebih jelasnya Pins bisa simak ulasan berikut mengenai kegunaan peredam bunyi beserta contoh penggunaannya di beberapa lokasi:

1. Ruang Musik

kegunaan peredam suara
Source : Pexels

Pemasangan peredam bunyi pastinya sangat berkaitan dengan masalah audio. Salah satu ruangan yang membutuhkan peralatan ini adalah studio musik. Pins yang sudah pernah masuk ke sebuah studio musik pastinya melihat dinding-dinding di dalam studio yang dilapisi bahan empuk seperti karpet.

Karpet busa yang menempel di dinding sebuah studio merupakan alat peredam bunyi. Fungsi utamanya untuk mencegah suara bocor ke luar ruangan yang ada di dekatnya. Peredam ini akan membatasi kebisingan yang tidak diinginkan.

Selain itu, peredam bunyi di dalam studio musik dipasang agar bunyi-bunyi di dalam ruangan tidak menimbulkan gema. Hal ini diperlukan untuk menciptakan audio yang bagus di dalam studio musik.

Menghalangi gema dengan peredam bunyi juga dibutuhkan agar saat bernyanyi atau bermain musik dapat lebih fokus tanpa gangguan dari bunyi-bunyi yang tidak diinginkan.

Baca juga: 18 Desain Apartemen Studio Minimalis Bikin Nyaman

2. Ruang Rapat

Source : Pexels

Tidak hanya studio musik dan bioskop saja yang menggunakan peredam bunyi. Beberapa kantor dengan ruang rapat ternyata juga memasang peredam suara loh Pins. Apakah Pins tahu apa fungsi dari pemasangan alat tersebut di ruang rapat?

Pada intinya, pemasangan alat peredam bunyi untuk menghalangi pantulan suara agar tidak menimbulkan kebisingan yang tidak diinginkan. Pemasangan di ruangan rapat sendiri digunakan agar ruangan tidak menghasilkan bunyi pantul sehingga saat ada yang berbicara di dalam rapat suaranya terdengar lebih jelas dan bersih.

Ketika Pins memasang peredam bunyi di ruang rapat, maka ini dapat mencegah terjadinya gema. Apabila bunyi pantul atau gema ini terdengarnya setelah beberapa detik dari bunyi aslinya, maka bisa mengganggu audiens karena suaranya menjadi terlalu bising. Oleh sebab itu, dipasang peredam bunyi dengan material yang lunak di dalam ruang rapat.

Pins tahu material apa yang bagus untuk peredam bunyi? Sebenarnya ada banyak pilihan material untuk peredam bunyi seperti rockwool, soft board, glasswool, busa telur, dan lain sebagainya. Namun yang paling banyak digunakan adalah material PET.

3. Ruang Kelas

kegunaan peredam suara
Source : Pexels

Ruang lain yang membutuhkan peredam suara adalah ruangan kelas. Pasalnya, siswa-siswi perlu meningkatkan konsentrasi siswa dengan mengurangi gangguan suara. Hal ini tentu membantu mereka dalam proses belajar-mengajar menjadi lebih efektif.

Hal ini juga membantu menciptakan lingkungan yang tenang dan kondusif sehingga memungkinkan guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran.

Baca juga: 13 Cara Membuat Peredam Kamar Tidur Sendiri

4. Bioskop

Source : Pexels

Berbicara di dalam ruangan tertutup dapat menghasilkan suara yang lebih keras dibandingkan berbicara di ruang terbuka. Apakah Pins tahu mengapa bisa demikian? Hal ini terjadi sesuai dengan hukum bunyi pantul.

Dinding di dalam ruangan adalah media pantul yang dapat memantulkan suara. Dekatnya jarak media pantul inilah yang membuat suara pantulan dihasilkan lebih cepat sehingga bisa terdengar bersamaan dengan bunyi aslinya. Hasilnya suara akan terdengar lebih keras dengan tambahan suara pantulan tersebut.

Tanpa menggunakan peredam bunyi, suara keras di dalam ruangan akan terdengar juga di luar ruangan yang jaraknya berdekatan. Jika suaranya terlalu keras tentu bisa mengganggu orang lain dan menyebabkan polusi suara. Oleh sebab itu, beberapa ruangan membutuhkan peredam bunyi seperti di bioskop.

Pins pernah kan ke bioskop? Tempat ini memiliki audio yang begitu kuat agar semua penonton dapat mendengar percakapan dan musik saat film diputar. Bioskop-bioskop pun memasang alat peredam bunyi di semua sisi dinding bioskop sehingga ruangan menjadi kedap suara.

Selain untuk mencegah kebisingan terdengar hingga ke luar ruangan, peredam bunyi di dalam bioskop juga dibutuhkan agar penonton dapat lebih nyaman dan jelas untuk mendengarkan audio dari film. Jadi suara-suara dari luar tidak akan terdengar dan mengganggu penonton menikmati film.

5. Klinik atau Rumah Sakit

kegunaan peredam suara
Source : Pexels

Kegunaan peredam suara di klinik atau rumah sakit adalah untuk mengurangi tingkat kebisingan yang dapat mengganggu proses penyembuhan dan mengganggu kenyamanan pasien. Ini bertujuan membuat suasana dan desain rumah sakit menjadi lebih tenang, membantu pasien beristirahat, dan mengurangi stres.

Pins bisa menjumpai peredam suara di dinding dan langit-langit ruang perawatan, atau ruang operasi. Dengan begitu, ruangan akan lebih senyap dan terhindar dari suara bising maupun suara mesin di dalam ruangan.

Baca juga: 10 Ragam Desain Apartemen Studio Type 21

6. Tempat Olahraga

Kegunaan peredam suara di tempat olahraga adalah untuk mengurangi tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh aktivitas olahraga, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih nyaman. Cara ini juga membantu mengurangi gangguan suara bagi peserta dan penonton.

Contohnya, peredam suara bisa dipasang di lantai gedung olahraga untuk mengurangi gema atau bunyi yang dihasilkan oleh beberapa hal. Misalnya, bola, sepatu yang meluncur, atau langkah kaki.

Itulah beberapa kegunaan peredam bunyi yang penting untuk diketahui agar dapat diaplikasikan pada hunian kamu. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: Amazon


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Puri Tenjo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download