BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Cara Mengatasi Udara Panas di Dalam Rumah Agar Hunian Tetap Sejuk
0
0

7 Cara Mengatasi Udara Panas di Dalam Rumah Agar Hunian Tetap Sejuk

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
menggunakan kipas angintop-right-banner

Terik matahari di luar rumah memang mampu membuat seisi rumah terasa panas dan gerah. Itulah mengapa penting memilih jenis atap rumah yang tepat agar panasnya sinar matahari tidak menyerap masuk ke dalam rumah. Namun, bila sudah terlanjur ada beberapa cara mengatasi udara panas di dalam rumah nih, Pins!

Udara yang berputar di dalam rumah memang sepenuhnya berasal dari luar. Untuk itu, kamu perlu cara jitu mengatasinya agar udara di dalam rumah tetap nyaman dan adem. Apalagi bila cuaca di luar memang sedang panas dan jarang turun hujan. Beberapa tips yang Pinhome sajikan ini semoga dapat membantu ya!

Simak langsung yuk beberapa tips dari Pinhome berikut. Dijamin hunian akan tetap sejuk dan kamu serta keluarga akan tetap nyaman berada di dalamnya. Selamat tinggal udara panas!

Baca juga: 5 Jenis Peredam Panas Atap Rumah Agar Rumah Adem

1. Gunakan Pendingin Ruangan

Source : Istock

Untuk penggunaan pendingin ruang pasti Pins sudah mengetahuinya, nih! Ruang akan jauh terasa sejuk dan adem bila pendingin ruang dinyalakan. Namun, apa jadinya bila kamu selalu memakai AC dalam keseharian? Tentu tidak baik bukan. Kamu bisa menyiasatinya dengan penggunaan kipas angin yang ditempatkan di sisi atas ruang. Kipas angin gantung yang ditempatkan di langit-langit rumah dapat membuat hunian terasa sejuk.

Namun, kamu juga harus memperhatikan arah gerak dari kipas angin, Pins! Arah yang dianjurkan saat kipas angin berputar adalah berlawanan dari arah jarum jam. Kamu dapat mengeceknya dengan berdiri tepat di bawah kipas angin berputar. Hal tersebut dikarenakan kipas angin bekerja dengan cara menarik udara dari tanah dan meniupnya kembali ke arah kamu. 

2. Penggunaan Tirai Cantik Penghias Jendela

Source : Pexels

Tips selanjutnya adalah penggunaan tirai pada bagian jendela rumah. Bila dirasa terik sinar matahari sangat menyengat dan mengarah ke rumah, kamu dpat menggunakan tirai untuk memantulkannya. Tirai pada jendela juga sekaligus meredupkan cahaya yang datang dari luar, itulah mengapa fungsinya dapat membuat ruang terasa jauh lebih sejuk.

Bila ingin lebih maksimal, kamu pun dapat melapisi kaca jendela pada rumah dengan lapisan anti UV. Dengan begitu, kaca tidak akan menyerap panasnya terik sinar matahari yang berasal dari luar jendela. Bagaimana, apa di rumah kamu juga sudah menggunakan tirai?

Baca juga: 8 Model Gorden Jendela Kecil Minimalis Untuk Percantik Ruangan

3. Biarkan Udara Masuk Saat Malam Hari

Source : Shutterstock

Trik selanjutnya dalam mengatasi udara panas di dalam rumah adalah kamu bisa membuka jendela saat malam hari menjelang Pins! Hal tersebut dikarenakan, saat malam hari suhu udara akan turun sehingga membuat udara yang berhembus menjadi lebih dingin. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mendinginkan ruang dalam rumah kamu.

Tidak perlu semua jendela dalam hunian terbuka lebar, cukup beberapa saja dan angin dingin akan masuk dalam ruang seketika. Hal tersebut dapat menjadi obat pendingin ruang secara alami.

4. Perhatikan Tinggi Plafon dalam Hunian

Source : Freepik

Alasan lainnya yang menyebabkan udara di dalam rumah terasa panas adalah tinggi plafon yang tidak sesuai standar. Bila mengikuti standar, rumah harus memiliki plafon dengan tinggi 3 meter ke atas, kurang dari angka tersebut akan menyebabkan udara di dalam rumah tidak berputar dengan maksimal. Itulah mengapa kamu tidak akan merasakan perbedaan signifikan saat berada di luar rumah maupun di dalam rumah.

Untuk cara satu ini memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun, bila kamu sedang dalam pembangunan rumah, ada baiknya untuk melakukan pengecekan mengenai tinggi plafon yang baik. Hal ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi udara panas di dalam rumah dan pastinya membuat hunian terasa jauh lebih sejuk.

Baca juga: 30 Model Plafon Rumah Minimalis dan Tips Membuatnya

5. Pemasangan Turbin Ventilator Atap

Source : Anotherorion

Pernah mendengar mengenai alat satu ini? Untuk bangunan komersial, pemasangan alat satu ini memang sudah tidak asing lagi. Turbin ventilator atap berfungsi untuk menghisap udara panas yang berada di daerah atap sekaligus memperlancar sirkulasi di dalamnya.

Inilah mengapa, beberapa bangunan tetap terasa sejuk walau udara di luar sedang panas. Selain itu, turbin ini juga bekerja menghisap debu sehingga membuat udara di dalamnya jauh lebih sehat.

6. Perbanyak Ventilasi Udara

Source : Freepik

Selain turbin yang ditempatkan di atap, maupun membuat plafon lebih tinggi, kamu pun juga harus mempunyai banyak ventilasi udara di dalam rumah.

Rumah yang minim akan ventilasi justru membuat lembab dan sesak. Inilah mengapa pentingnya ventilasi dalam rumah agar kamu dan keluarga dapat bernafas dengan sehat. Hal tersebut juga menjadi salah satu cara mengatasi udara panas di dalam rumah.

Dengan memanfaatkan jenis jendela besar misalnya yang ditempatkan pada beberapa sudut rumah, akan membuat aliran udara di dalamnya bergerak dengan baik. Pertukaran udaranya pun sehat dan mampu meminimalisir udara menyengat masuk ke dalam rumah. Selain itu juga pasti akan menambah estetika tersendiri pada interior rumah lho!

7. Gunakan Lampu Jenis LED

Source : Pexels

Ternyata Pins, penggunaan jenis lampu dalam hunian juga mempengaruhi panas tidaknya ruangan. Kamu yang ingin membuat udara dalam hunian terasa sejuk bisa mengganti jenis lampu di rumah menjadi LED.

Light Emitting Diode atau sering disebut sebagai lampu LED juga terkenal pula sebagai lampu yang hemat listrik. Itulah mengapa panas yang dipancarkan oleh jenis lampu ini tidak sebanyak lampu pijar pada umumnya.

Cara mengatasi udara panas di dalam rumah dengan menggunakan lampu ini, menjadi salah satu cara terbaik dalam pendinginan di dalam rumah. Selain itu, bila tidak sedang digunakan, usahakan untuk selalu mematikan lampu ya! Gunakan saat ruang gelap dan matikan bila sedang tidak digunakan.

Baca juga: Cara Menghitung Watt Lampu LED Agar Hemat Listrik

Beberapa cara di atas terbukti mampu mengatasi udara panas di dalam rumah, Pins! Dengan begitu, kamu tidak akan lagi menemukan ketidaknyamanan saat berada di rumah karena udara yang menyengat. Kamu pun akan betah berlama-lama di rumah. Selamat mencoba ya!

Editor: Sekar Ningtyas

Source feature image: Pexels


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download