Pinhome

Tips Properti

Mau Bangun Rumah 50 Juta? Bisa Dong!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Ketika mendengar kalimat “bangun rumah” hal pertama yang terbesit di pikiran adalah budget atau biaya yang mahal. Harga tanah dan rumah yang semakin melegit setiap tahunnya, seringkali membuat orang putus asa dan menguburkan impiannya dalam-dalam untuk membangun rumah.

Namun, siapa sangka jika faktanya kita bisa bangun rumah dengan modal hanya 50 juta. Di sini, kami akan menguraikan bagaimana cara bangun rumah 50 juta, dan hunian seperti apa yang akan didapatkan dari budget 50 juta tersebut.Tanpa harus berlama-lama lagi, langsung saja simak uraian berikut.

Cara Bangun Rumah 50 Juta

bangun rumah 50 juta

Luas Bangunan

Jika harga per m2 rumah batu bata sudah finishing lantai keramik dan plafond gypsum itu Rp.2.000.000,- maka dengan dana Rp.50.000.000,- kita dapatkan tempat tinggal seluas 50jt/2jt = 25m2. Jadi kita bisa membangun rumah dengan ukuran 5m x 5m, atau ukuran lainya yang luasanya kurang lebih dua puluh lima meter persegi.

Tapi kamu tak perlu khawatir dengan luas bangunan saat ini, karena nantinya bisa dibangun secara bertahap untuk memperluas bangunan rumah, yang penting bisa dihuni dulu. Temboknya cukup batu bata tanpa plester aci, lantainya di plester screed saja, dan tidak perlu pasang plafond. Intinya bisa ditempati dulu, masalah perapihan bisa sambil jalan jika uangnya sudah tersedia.

Baca juga: 7 Keramik Lantai Kamar Mandi Terbaik Anti Licin

Pondasi

Tidak perlu pakai batu kali, cukup pondasi batu bata saja, atau jika kondisi tanahnya bagus bisa langsung dipasang sloff beton bertulang, karena ini hanyalah rumah 1 lantai dengan atap baja ringan yang bebanya tidaklah berat.

Dinding

Dinding bagian luar bisa dipasang batu bata plester aci finish cat agar aman tidak mudah dijebol, sedangkan sisi dalam cukup memakai penyekat ruangan rangka kayu atau baja ringan, biayanya lebih murah serta tidak perlu diplester dan diaci.

Atap

Rangkanya bisa dari baja ringan yang lebih murah dan awet dibanding kayu, penutup atapnya bisa pakai galvalum tapi perlu diberi peredam agar tidak berisik saat hujan, bisa juga memakai asbes, atau atap multiroof.

Baca juga: Beragam Jenis Atap Rumah Berdasarkan Fungsinya

Lantai

Bisa dipasang keramik yang harganya murah saja, atau cukup dipasang karpet lantai.

Plafond

Jika rangka atapnya bagus maka tidak perlu dipasang plafond, tapi bisa juga ditutup dengan gypsum rangka besi hollow.

Merencanakan Bangun Rumah 50 Juta

bangun rumah 50 juta

  • Buat gambar rumah terlebih dahulu, dari situ bisa memperkirakan budget yang diperlukan.
  • Menggunakan material bangunan kualitas standar, misalnya pasang keramik tidak perlu yang mahal.
  • Menggunakan tukang bangunan ahli yang produktifitasnya bagus, hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi pembengkakan biaya pembayaran upah tenaga.

Begitulah gambaran mengenai cara bangun rumah dengan modal biaya 50 juta, berbagai macam inovasi dan kreatifitas bisa dilakukan sebagai upaya untuk mendapatkan hunian terbaik dengan biaya semurah mungkin, semoga harapan untuk membangun rumah bisa segera terwujud.

Artikel terkait:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel