Pinhome

Tips Properti

Tips Membuat Rumah Hemat Energi Sebelum Membangun Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 21 September 2021 ∙ 2 menit membaca

Dalam berumah tangga, tentunya kamu harus mengatur perencanaan keuangan dengan baik. Oleh karenanya, berbagai upaya melakukan penghematan bisa kamu lakukan agar tidak boros. Salah satunya adalah dengan menghemat energi.

Saat ini, biaya listrik untuk sebuah rumah terbilang cukup mahal. Namun, jika kamu memiliki rumah hemat energi tentu akan sangat membantu dalam menghemat biaya listrik.

Lalu, bagaimana cara mewujudkannya? Berikut ini tips membuat rumah hemat energi yang harus kamu lakukan sebelum membangun rumah.

Rumah Hemat Energi

rumah hemat energi
(Shutterstock)

Perhatikan Posisi Rumah

Posisi rumah bisa menentukan intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Walaupun cahaya matahari itu penting, cahaya matahari yang berlebihan di rumah juga kurang baik.

Oleh karena itu, usahakan rumahmu tidak menghadap timur, atau kamu juga bisa menyiatinya dengan menggunakan window blind pada luar jendela. Sehingga, ruangan tidak terlalu terekspos ke cahaya matahari.

Atur Penempatan Ruang

Untuk penempatan ruang, kamu bisa memaksimalkan sisi utara dan selatan, sehingga cahaya matahari tidak akan secara langsung masuk ke dalam rumah yang bisa mengakibatkan rumah terasa panas.

Gunakan Ventilasi

Ventilasi rumah atau jendela sangat penting bagi rumah untuk mengatur pertukaran udara di rumah anda. Maka dari itu, dalam membuat desain atau denah rumah.

Kamu harus yakin bahwa rumah anda mempunyai ventilasi yang cukup sehingga udara di rumah anda tidak terlalu lembab atau panas. Udara yang terjebak di rumah anda bisa mengakibatkan udara yang kurang sehat.

Pilih Peralatan Elektronik Hemat Energi

Membuat rumah yang hemat energi berarti kamu juga harus menggunakan alat-alat elektronik yang hemat energi, mulai dari lampu sampai alat elektronik berat. Hal ini bisa membantumu menghemat tagihan listrik dan juga menyelamatkan lingkungan.

Nah, kira-kira itu dia tips membuat rumah hemat energi yang bisa kamu lakukan. Gampang banget kan, Pins? Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel