Pinhome

Properti

Ciri Pondasi Rumah yang Kuat dan Aman

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 24 November 2021 ∙ 2 menit membaca

Pinhome – Rumah yang kokoh harus didukung oleh pondasi yang kuat dan tahan lama. Terdapat beberapa ciri pondasi rumah yang kuat sehingga bisa disiapkan sebelum proses pembangunan berlangsung. Tentunya sangat tidak bagus jika rumah yang telah kita bangun dengan seni arsitektur terindah ternyata ambruk begitu saja.

(Artsitek Rumah)

Meskpiun letaknya seringkali tersembunyi namun fungsinya tergolong sangat fital. Oleh karena itu, perlu dilakukan perencanaan dengan matang untuk mengetahui ukuran dan jenis material pondasi yang aman namun tetap ekonomis. Untuk dapat menghemat biaya ketika akan membangun rumah. Termasuk untuk mengetahui macam-macam syarat pondasi bangunan yang kuat.

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Pondasi Rumah yang Kuat

Ciri-ciri pondasi rumah yang kuat

Ciri Pondasi Rumah yang Kuat
(Rumahlia.com)
  1. Dapat menahan beban-beban yang ada diatasnya, yaitu beban konstruksi, beban hidup, beban angin,beban gempa dll. Sehingga bangunan tidak mengalami penurunan, keretakan atau bahkan roboh.
  2. Terbuat dari bahan bangunan yang kuat,bagus dan awet sehingga tetap dapat berfungsi dalam kurun waktu rencana pemakaian rumah.
  3. Tahan terhadap macam-macam organisme serta bahan kimia berbahaya yang bisa merusak konstruksi bangunan.
  4. Jenis pondasi disesuaikan dengan kondisi tanah dan bangunan, misalnya tanah lembek bisa menggunakan jenis pondasi cakar ayam, rumah 1 lantai cukup menggunakan pondasi batu kali sedangkan rumah 2 lantai perlu ditambahkan pondasi foot plat pada titik-titik kolom utama.
  5. Ada penambahan faktor keamanan beban yang dapat ditanggung pondasi, hal ini untuk mengantisipasi apabila dimasa depan ada penambahan konstruksi bangunan dengan beban diluar perencanaan sebelumnya sehingga bisa terancam bahaya keruntuhan.
  6. Jika menggunakan besi tulangan maka harus menggunakan selimut beton yang cukup tebal agar tidak mengalami karat sehingga bisa menimbulkan perlemahan struktur pondasi.

Mengingat pentingnya pondasi rumah maka, perlu diperhatikan baik-baik saat perencanaan agar bisa ditentukan jenis konstruksi paling kuat dan murah. Pada saat proses pembangunan juga perlu dilakukan pengawasan ekstra, agar apa yang dibangun bisa benar-benar sesuai dengan rencana. Entah itu dari sisi bentuk pondasi, ukuran pondasi maupun metode pelaksanaan yang benar.

Baca Juga: Tips Menghitung Anggaran Pembangunan Rumah


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel