BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Ruangan Terbuka di Dalam Rumah yang Oke untuk Sirkulasi Udara
0
0

10 Desain Ruangan Terbuka di Dalam Rumah yang Oke untuk Sirkulasi Udara

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Sep 10, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Contoh ruang terbuka.top-right-banner

Rumah adalah tempat di mana seseorang menghabiskan sebagian besar waktu sehingga pentingnya menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman di dalamnya. Untuk hal yang satu ini, salah satunya adalah dengan desain ruangan terbuka.

Hal tersebut akan menciptakan sirkulasi udara yang baik sehingga berdampak positif pada kesehatan. Selain itu, ruangan terbuka dapat menambah nilai estetika dan fungsionalitas ruangan.

Sebagai informasi tambahan, salah satu hunian terbaik yang memiliki ruangan terbuka adalah Intan Residence yang termasuk Rumah Ekslusif. Jika Kamu ingin mencari info lengkapnya, cukup mengunjungi PinValue agar mengetahui harga estimasi sebuah rumah tanpa harus bertanya ke developer atau pemilik rumah secara langsung.

Atau alternatif lainnya, Kamu bisa mencari tahu informasi terkait rumah second di Tangerang Selatan atau perumahan di Jakarta Timur.

Baca juga: Tips dan Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis Agar Rumah Terlihat Lebih Luas

Keunggulan Rumah yang Memiliki Ruang Terbuka

Berikut adalah penjelasan terkait keunggulan rumah yang memiliki ruang terbuka:

1. Sirkulasi Udara yang Lebih Baik

Salah satu keunggulan utama memiliki ruang terbuka dalam rumah adalah sirkulasi udara yang lebih baik. Ruang terbuka memungkinkan udara segar dari luar untuk masuk dengan lebih mudah ke dalam rumah.

Hal yang satu ini membantu mengurangi kelembaban, menghilangkan bau yang tidak diinginkan, dan menjaga udara dalam ruangan tetap segar.

2. Pencahayaan Alami

Ruang terbuka seperti halaman belakang atau taman dalam rumah membawa lebih banyak cahaya alami ke dalam ruangan. Ini tidak hanya mengurangi ketergantungan pada pencahayaan buatan tetapi juga menciptakan suasana yang lebih cerah dan menyenangkan di dalam rumah.

3. Koneksi dengan Alam

Rumah yang memiliki ruang terbuka memungkinkan penghuni merasa lebih terhubung dengan alam. Ini dapat menciptakan rasa ketenangan dan kesejahteraan yang penting untuk kesehatan mental dan fisik.

4. Fungsionalitas yang Lebih Besar

Ruang terbuka dapat diubah menjadi area multifungsi. Kamu dapat menggunakan ruang ini untuk bersantai, berkumpul bersama keluarga dan teman, atau bahkan sebagai tempat untuk berkebun.

Hal yang satu ini meningkatkan fungsionalitas rumah dan memberikan lebih banyak tempat untuk beraktivitas.

5. Kualitas Hidup yang Lebih Baik

Kehadiran ruang terbuka dalam rumah dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya. Ini menciptakan tempat yang nyaman untuk bersosialisasi, merenung, atau sekadar menikmati waktu bersama keluarga.

Hal tersebut juga dapat memberikan fleksibilitas dalam merancang rumah sesuai dengan preferensi pribadi.

6. Nilai Properti yang Lebih Tinggi

Rumah dengan ruang terbuka yang dirancang dengan baik cenderung memiliki nilai properti yang lebih tinggi. Ini dapat menjadi investasi yang baik karena banyak calon pembeli yang menghargai keunggulan ini.

7. Mengurangi Isolasi

Ruang terbuka memungkinkan penghuni untuk tetap terhubung dengan dunia luar, bahkan ketika mereka berada di dalam rumah. Ini membantu mengurangi perasaan isolasi atau terkurung di dalam rumah.

Baca juga: 15 Desain Ruangan Kantor Minimalis Hingga Modern yang Menarik Hati

10 Desain Ruangan Terbuka di Dalam Rumah

Berikut adalah 10 desain ruangan terbuka di dalam rumah yang bisa Kamu terapkan:

1. Taman di Dalam Rumah

Taman dalam rumah sebagai desain ruangan terbuka.
Source : Freepik

Taman dalam rumah adalah konsep desain yang menggabungkan unsur alam ke dalam interior rumah. Ini biasanya mencakup penggunaan tanaman, pohon, dan elemen alam lainnya di dalam ruangan, menciptakan suasana yang segar dan alami.

2. Ruang Keluarga Terbuka

Ruang keluarga dalam desain ruangan terbuka.
Source : Freepik

Ruang keluarga terbuka menghilangkan sekat antara ruang keluarga, dapur, dan mungkin juga ruang makan. Ini menciptakan ruang yang lebih besar dan terbuka untuk interaksi sosial antara anggota keluarga dan teman-teman.

3. Kolam Ikan di Ruang Terbuka

Kolam ikan dalam desain ruangan terbuka.
Source : Freepik

Kolam ikan dalam rumah adalah elemen dekorasi yang menenangkan dan unik. Ini bisa menjadi pusat perhatian dalam ruangan terbuka, memberikan nuansa alam dan ketenangan.

4. Courtyard Penghubung yang Modern

Courtyard dalam desain ruangan terbuka.
Source : Freepik

Courtyard modern adalah halaman dalam rumah yang dirancang secara kontemporer dan berfungsi sebagai jembatan visual antara ruang dalam dan luar. Ini adalah desain yang penuh gaya dan sering menggunakan material modern seperti beton, kaca, dan logam.

5. Courtyard Serbaguna

Courtyard serbaguna dalam desain ruangan terbuka.
Source : Freepik

Courtyard serbaguna adalah halaman dalam rumah yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Ini bisa menjadi tempat bersantai, berkebun, atau bahkan digunakan sebagai ruang terbuka untuk hiburan.

6. Ala Maroko

Ala Maroko dalam desain ruangan terbuka.
Source : Freepik

Desain rumah ala Maroko cenderung memiliki dua halaman yang berseberangan dengan elemen-elemen seperti ubin dan keramik yang khas Maroko. Ini menciptakan suasana eksotis dan berwarna di dalam rumah.

7. Alam Liar di Tengah Rumah

Alam liar dalam desain ruangan terbuka.
Source : Freepik

Konsep alam liar dalam rumah mencakup penggunaan vegetasi yang tumbuh secara alami di dalam rumah, seperti tanaman tropis besar atau bahkan dinding taman vertikal. Ini menciptakan suasana alam yang kuat dalam interior rumah.

8. Area Tamu dengan Atap Skylight

Atap Skylight dalam desain ruangan terbuka.
Source : Freepik

Area tamu dengan atap skylight memiliki atap transparan atau cermin yang memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam ruangan. Ini menciptakan atmosfer yang terang dan terbuka, memaksimalkan pemanfaatan cahaya matahari.

9. Ruang Tamu Estetik dengan Atap Kaca

Ruang tamu atap kaca dalam desain ruangan terbuka.
Source : Freepik

Ruang tamu dengan atap kaca adalah desain yang menghadirkan elemen modern dengan pemandangan langit yang spektakuler. Ini menciptakan ruang tamu yang indah dan terang.

10. Desain Ruang Tamu Terbuka di Teras Rumah

Teras rumah dalam desain ruangan terbuka.
Source : Freepik

Desain ini menghubungkan ruang tamu dengan teras, menciptakan aliran antara interior dan eksterior. Ini memungkinkan Kamu untuk menikmati pemandangan luar sambil tetap dalam kenyamanan rumah.

Itulah berbagai desain ruangan terbuka yang bisa Kamu terapkan. Semua desain tersebut memberikan beragam nuansa dan pengalaman yang berbeda di dalam rumah, sesuai dengan selera dan kebutuhan pribadi.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download