BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Bentuk Perumahan yang Dikenal di Korea Selatan
0
0

7 Bentuk Perumahan yang Dikenal di Korea Selatan

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 27, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
bentuk perumahan di Koreatop-right-banner

Korea Selatan merupakan negara yang punya banyak variasi bentuk perumahan yang unik di masing-masing wilayah. Mulai dari apartemen modern yang megah, perumahan mewah seperti Britania Green Resort, hingga rumah tradisional Korea yang khas. 

Dari variasi tersebut Pins sudah bisa melihat bagaimana Korea Selatan menawarkan pilihan perumahan yang bervariasi bagi penduduknya. Bahkan, beberapa bentuk perumahan di Korea Selatan memiliki ciri khas yang menggambarkan sejarah dan budaya Korea.

Ini sama seperti rumah bekas di Bekasi maupun sekitar Stasiun Bogor. Setiap perumahan memang memiliki ciri khasnya masing-masing, seperti perumahan Cimanggis Golf Estate yang memiliki banyak rumah yang indah. Penasaran apa saja jenis perumahan di Korea Selatan? Simak informasi selengkapnya di bawah ini, yuk!

Bentuk perumahan di Korea Selatan

Bentuk perumahan di Korea Selatan memang lebih bervariasi karena berbagai faktor. Contohnya, sejarah dan budaya yang kaya serta populasi yang padat dan terus bertambah. 

Keterbatasan lahan juga memaksa pengembang perumahan untuk mencari solusi kreatif dengan munculnya banyak bentuk perumahan yang berbeda. Hal ini juga terlihat jelas di Indonesia melalui laman Rumah Eksklusif pilihan Pinhome

Selain itu, kemajuan teknologi dan infrastruktur memungkinkan pengembang perumahan menciptakan bentuk-bentuk perumahan yang inovatif dan modern. Semua faktor ini menciptakan beragam pilihan perumahan bagi penduduk Korea Selatan. 

Baca juga: 15 Desain Rumah Ala Amerika Klasik

1. Apartemen

bentuk perumahan di Korea
Source : Max Pixel

Salah satu jenis tempat tinggal yang paling banyak dicari dan dihuni masyarakat Korea Selatan adalah apartemen. Pada dasarnya apartemen di negara ginseng ini tidak jauh dengan Indonesia. 

Apartemen di Korea Selatan juga bervariasi dan berkembang pesat, serta bertingkat tinggi dengan fasilitas apartemen yang lengkap. Mulai dari tempat parkir, kolam renang, gym, taman, sampai ruang komunitas. 

Bahkan, apartemen di Korea Selatan lebih canggih karena sudah dibekali dengan teknologi yang maju. Contohnya, kunci pintu dan lampu otomatis, sistem pendingin dan pemanas udara, hingga kontrol suara untuk peralatan rumah tangga. 

Pengembang apartemen di Korea Selatan juga menciptakan konsep apartemen yang unik. Misalnya, apartemen studio atau apartemen loft yang cocok untuk orang yang hidup sendiri atau pasangan muda. Ada juga apartemen keluarga yang lebih besar dengan beberapa kamar tidur dan ruang tamu yang luas.

2. Rumah Baris (townhouse)

Source : The Korea Herald

Selain apartemen, bentuk perumahan di Korea Selatan yang tergolong mewah adalah rumah baris atau townhouse. Desain townhouse di Korea Selatan juga sangat modern dan minimalis dengan penekanan pada fungsionalitas dan efisiensi ruang. 

Jenis perumahan di Korea Selatan ini biasanya terdiri dari beberapa lantai dengan desain yang simpel namun elegan. Salah satu ciri khasnya adalah pemakaian material kaca, beton polos, dan kayu alami. Material ini menunjukkan desain yang inovatif. 

Terlebih lagi, banyak townhouse di Korea Selatan yang sudah didukung dengan taman kecil atau rooftop garden

Pengembang townhouse di Korea Selatan juga menciptakan konsep townhouse yang berbeda-beda. Misalnya, townhouse yang terhubung dengan jaringan taman, atau townhouse dengan akses langsung ke jalur sepeda. 

Townhouse di Korea Selatan biasanya cocok untuk keluarga kecil atau pasangan muda yang ingin tinggal di lingkungan yang tenang dan modern. Walau begitu, mereka tetap ingin dekat dengan fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, sekolah, dan pusat kesehatan.

Baca juga: 8 Desain Rumah Minimalis Khas Berbagai Negara

3. Rumah Tradisional Korea

bentuk perumahan di Korea
Source : Pexels

Siapa bilang bentuk perumahan mewah di Korea Selatan hanya dalam desain yang minimalis dan modern? Faktanya, masih ada penduduk Korea Selatan yang tinggal di rumah tradisional Korea, atau biasa disebut hanok. 

Banyak dari mereka yang tinggal di rumah tradisional untuk merasakan pengalaman yang terhubung dengan sejarah dan budaya Korea Selatan. Hanok juga punya desain yang unik dan indah dengan pemakaian kayu dan batu. Ini tentu menciptakan suasana yang alami dan nyaman di dalam rumah. 

Terlebih lagi, beberapa hanok yang diubah menjadi homestay atau guesthouse. Hal ini bertujuan memberikan pengalaman yang berbeda bagi wisatawan yang berkunjung ke Korea Selatan. Dengan begitu, kamu bisa merasakan kehidupan tradisional Korea dan mempelajari budaya yang berbeda dari negara asal mereka.

Meski masih ada beberapa orang yang tinggal di hanok, jumlahnya semakin berkurang seiring berkembangnya perkotaan dan populasi. Banyak rumah tradisional Korea yang dihancurkan untuk memberi ruang bagi bangunan modern. Maka dari itu, sisanya dibiarkan untuk melestarikan warisan budaya dan sejarah Korea Selatan.

4. Rumah Kecil (officetel)

Source : SilverDoor Apartments

Lantas, bagaimana dengan rumah-rumah kecil yang sering Pins lihat di drama Korea? Rumah kecil yang sering kamu lihat merupakan bentuk perumahan Korea Selatan yang dirancang untuk satu atau dua orang. 

Tempat tinggal yang disebut officetel ini biasanya terdiri dari satu kamar tidur, dapur kecil, dan kamar mandi. Mengingat ukurannya yang kecil, rumah ini menjadi pilihan untuk masyarakat Korea yang ingin tinggal di dekat pusat kota atau fasilitas umum. 

Rumah kecil ini umumnya berlokasi di gedung bertingkat yang menyediakan berbagai fasilitas. Misalnya, lift, keamanan 24 jam, dan parkir. Beberapa rumah kecil juga dilengkapi dengan balkon atau teras kecil untuk menambahkan sedikit ruang terbuka dan udara segar.

Meskipun ukurannya kecil, rumah kecil di Korea Selatan umumnya didesain dengan efisien dan fungsional. Beberapa di antaranya juga dilengkapi dengan teknologi modern, seperti pintu otomatis, sistem keamanan, dan peralatan elektronik lainnya. Harga rumah ini bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran, dan fasilitas yang tersedia.

Baca juga:

5. Mansion atau Villa

Bagi masyarakat Korea Selatan yang punya uang banyak atau masuk dalam kategori pejabat biasanya tinggal di mansion mewah atau villa. Bentuk perumahan di Korea Selatan ini umumnya dibangun di daerah pegunungan atau pantai. Ini karena lokasi tersebut punya pemandangan yang indah dan alami. 

Villa yang dibangun di daerah pegunungan biasanya memiliki desain yang menggabungkan elemen alami dengan modern. Alhasil, ini menciptakan suasana yang tenang dan damai.

Sementara itu, mansion biasanya memiliki desain yang sangat mewah dan besar, dengan interior yang elegan dan fasilitas yang lengkap. Mansion ini sering dihuni oleh orang-orang kaya dan terkenal, serta pejabat pemerintahan atau CEO perusahaan besar.

Baca juga:

6. Goshiwon

Source : Berita 99

Bentuk perumahan di Korea selanjutnya adalah Goshiwon, sering disebut sebagai kamar kos di Korea Selatan, biasanya terletak dalam gedung khusus. Kamar kos ini dirancang untuk satu penghuni dengan fasilitas yang mencakup kamar mandi, tempat masak, dan dapur kecil. Populer di kalangan mahasiswa dan pekerja yang tinggal sendirian, goshiwon menawarkan solusi perumahan yang efisien dan terjangkau. 

Ruang terbatas dalam kamar kos menekankan privasi, menciptakan lingkungan ideal bagi individu yang menghargai kenyamanan sendiri. Keberadaan goshiwon juga mencerminkan tren perumahan yang mendukung gaya hidup mandiri di tengah kehidupan perkotaan yang sibuk. 

Dengan fasilitas yang disesuaikan untuk kebutuhan harian. Goshiwon menjadi pilihan populer bagi mereka yang mencari tempat tinggal yang nyaman dan praktis di tengah hiruk-pikuk kehidupan modern.

Baca juga: 14 Jenis Tipe Rumah di Perumahan yang Harus Kamu Perhatikan

7. Jutaek

Source : BLKP

Di Korea Selatan, bentuk perumahan yang mirip dengan rumah di Indonesia dikenal sebagai “jutaek.” Seperti halnya di Tanah Air, jutaek merupakan bentuk perumahan yang umum dimiliki oleh warga Korea Selatan. Salah satu tipe rumah yang sangat umum di Korea Selatan adalah rumah vertikal. Disebut demikian karena rumah ini didesain secara vertikal untuk menyediakan lebih banyak ruang dalam satu lantai.

Rumah vertikal di Korea Selatan dirancang dengan 2-3 kamar tidur, ruang keluarga. Ruang makan, dan dapur yang terpisah namun tetap berada dalam satu lantai. Keunggulan utama dari rumah vertikal adalah kemampuannya untuk menyediakan lebih banyak ruang dalam satu lantai. 

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa semakin besar ruangannya, semakin tinggi pula harga sewa rumah yang dikenakan. Oleh karena itu, meskipun menawarkan kenyamanan ekstra, pemilihan rumah vertikal perlu dipertimbangkan dengan bijak mengingat implikasi finansialnya.

Namun, perlu diingat bahwa rumah mewah seperti mansion atau villa hanya terbatas pada segelintir orang yang memiliki kekayaan yang cukup. Sebagian besar penduduk Korea Selatan tinggal di apartemen, rumah baris, atau rumah kecil yang lebih terjangkau.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download