Makin Cerdas Memilih Harga Rumah dengan Pinvalue

Pinhome

Makin Cerdas Memilih Harga Rumah dengan Pinvalue

Dipublikasikan oleh Bekti ∙ 29 December 2021 ∙ 4 menit membaca

Harga rumah di suatu daerah atau wilayah pastinya dipengaruhi oleh berbagai macam hal. Biasanya, nilai sebuah rumah ditentukan dari luas bangunan, luas tanah, dan lokasinya yang strategis. Semakin strategis lokasi rumah, semakin tinggi pula nila propertinya. Di Pinhome, kini ada Pinvalue yang akan membantu dalam memilih dan mempertimbangkan harga properti.

Pinhome – Sesuai dengan customer core values yang bertekad memberikan kemudahan akses bagi para customer dalam rangka berinvestasi, menyewa, dan memiliki properti, Pinhome kembali membuat fitur Pinvalue dengan versi terkini. Sekarang, Pinvalue sudah tidak hanya ada di beberapa wilayah saja, tetapi telah tersedia di seluruh wilayah di Indonesia.

Pinvalue memungkinkan para pengunjung website dan aplikasi Pinhome untuk menilik rentang harga properti yang ada di seluruh Indonesia yang dijual oleh Pinhome. Apa saja faedah dari Pinvalue dan seberapa tepat estimasinya? Ini dia beberapa hal patut kamu ketahui.

Apa yang Dimaksud dengan Pinvalue?

(Pinhome)

Pinvalue merupakan perkiraan dari harga listing yang tepat untuk sebuah properti. Perkiraan ini didasarkan pada perbandingan dengan properti lainnya yang memiliki kemiripan dengan algoritma yang telah disusun oleh Pinhome. Namun, estimasi harga properti yang diberikan Pinvalue bukan merupakan penilaian resmi. Hal ini karena belum dilakukan pertimbangan data lainnya, seperti nilai estetika desain, aspek lokasi yang strategis mendetail, seperti risiko banjir ataupun pengembang yang terpercaya.

Apa Saja Manfaat Pinvalue?

(Development Hub)

Tentunya, Pinvalue memiliki beberapa manfaat yang nyata. Salah satunya adalah bisa menjadi panduan pemula pada saat menilai seberapa layak harga jual properti jika dibandingkan dengan harga yang ada di pasaran. Jika nilai Pinvalue-nya lebih besar dibandingkan dengan harga asli dari properti, maka kemungkinan properti tersebut memiliki harga di bawah harga pasar. Dengan Pinvalue ini, pengguna nantinya dapat memakainya sebagai alat pertimbangan ketika memilih properti, baik untuk tempat tinggal maupun sebagai alat investasi.

Keakuratan Nilai Pinvalue

(The Balance)

Keakuratan dari Pinvalue bergantung dari banyaknya data yang diproses oleh Pinhome pada kota atau kabupaten dari lokasi properti tersebut berasal. Semakin banyak data yang masuk dan diolah oleh Pinhome, maka dapat membuat penaksiran Pinvalue semakin tepat. Hasil hitungan Pinvalue akan berubah dan dapat meleset bila tipikal data yang ada tidak lengkap.

Properti dengan Pinvalue yang masih belum akurat dapat dilihat oleh pengguna dengan tanda “Akurasi Rendah” yang berada pada samping nilai properti. Tanda tersebut kurang lebih menjelaskan jika Pinvalue dari properti yang ditampilkan belum terlalu baik untuk memberikan perkiraan harga pasar.

Ini juga disebabkan karena Pinhome belum memiliki cukup data properti yang terdapat pada wilayah tersebut sehingga perhitungannya belum terlalu tepat, bisa juga karena adanya karakteristik properti yang berbeda.

Melihat Pinvalue Sebuah Properti

(Pinhome)

Jika kamu ingin melihat Pinvalue dari sebuah properti, bisa masuk terlebih dahulu ke dalam website Pinhome dengan akun yang telah terdaftar. Bila belum terdaftar, kamu wajib untuk membuat akun lebih dulu atau mendaftar. Setelah berhasil masuk dengan akun yang ada, kamu hanya perlu mencari properti yang diinginkan lalu lihat Pinvalue-nya yang berada persis di bawah harga properti.

Algoritma Perhitungan Pinvalue

(Fox News)

Penghitungan Pinvalue di Pinhome telah melewati serangkaian algoritma khusus. Perhitungan nilai Pinvalue dilakukan dengan cara membandingkan harga listing masing-masing properti yang ada dengan karakteristik yang mirip pada lokasi atau wilayah yang saling berdekatan.

Karakteristik properti yang masuk ke dalam hitungan adalah luas bangunan, tanah, lahan parkir, jumlah kamar tidur, kamar mandi, tipe tempat tinggal (rumah/apartemen), lokasi Kota/Kabupaten, dan fasilitas yang tersedia. Sedangkan untuk fasilitas, yang menjadi pertimbangan penilaian, antara lain layanan keamanan 24 jam, kolam renang, balkon, atau taman.

Bagaimana? Dengan adanya Pinvalue, kita jadi semakin mudah mempertimbangkan harga properti sebelum memutuskan untuk membelinya, bukan? Nah, tunggu apa lagi? Segera cek properti impianmu di website atau aplikasi Pinhome.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel