BlogPemilik PropertiDesain Hunian14 Jenis Tipe Rumah di Perumahan yang Harus Kamu Perhatikan
0
0

14 Jenis Tipe Rumah di Perumahan yang Harus Kamu Perhatikan

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Agu 23, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Penjualan rumah di perumahan umumnya dibagi berdasarkan beberapa tipe. Bisa dikelompokan berdasarkan luas bangunan atau pemberian nama-nama lain sebagai nama tipe diperumahan seperti penggunaan nama bunga, nama benda, nama tumbuhan dan lain-lain.

Hal ini tentunya harus diketahui oleh kamu sebagai calon pemiliki rumah. Jadi, simak infomrasi mengenai tipe hunian yang akan kamu beli di bawah ini,

Tipe Rumah Berdasarkan Luas Bangunan

Source : Pexels

Ada cukup banyak tipe hunian berdasarkan luas bangunannya. Berikut ini Pinhome rengkum beberapa tipe yang umum di Indonesia:

Tipe 21

Tipe ini adalah hunian dengan luas bangunan 21 meter persegi misalnya rumah dengan ukuran 6 m x 3,5 m = 21 m2. Ukuran tanah pada unit tipe 21 ini dapat dipadukan dengan ukuran luas tanah 6 m x 10 m = 60m2 dan 6m x 12 m = 72 m2 sehingga disebut rumah tipe 21/60 atau 21/72,

Tipe rumah ini banyak digunakan untuk pemasaran rumah dengan model sederhana yang mengutamakan biaya rumah terjangkau. Rumah ini bisa mempunyai 1 kamar tidur, 1 ruang tamu dan 1 kamar mandi sehingga cocok digunakan oleh pasangan muda.

Tipe 36

Tipe ini adalah hunian yang mempunyai luas lantai sebesar 36 meter persegi contohnya sebuah rumah dengan ukuran 6 meter x 6 meter = 36 m2. Pengunaan lahan pada tipe 36 ini dapat dipadukan dengan beberapa ukuran luas tanah seperti 60 m2 sehingga disebut unit tipe 36/60 diperumahan atau ukuran luas tanah 72 m2 dengan nama tipe rumah 36/72.

Unit tipe 36 di perumahan ini umumnya mempunyai 2 kamar tidur, ruang tamu dan ruang keluarga serta 1 kamar mandi.

Tipe 45

Tipe ini merupakan hunian yang mempunyai luas bangunan 45 meter persegi. Misalnya dengan ukuran rumah 6m x 7,5 m = 45m2 sehingga disebut hunian tipe 45 di perumahan.

Tipe 54

Unit dengan tipe ini adalah hunian dengan ukuran bangunan 6m x 9m = 54m2 sehingga disebut rumah tipe 54 di perumahan. Tipe unit ini digunakan pada rumah kelas menengah yang mengutamakan keluasan bangunan namun dengan harga rumah yang masih dapat dijangkau konsumen calon pemilik rumah di perumahan.

Tipe 60

Mempunyai ukuran bangunan 6 m x 10 m = 60 m2 sehingga disebut dengan tipe 60. Rumah ini sudah cukup luas sehingga dapat digunakan pada rumah dengan kelas mewah diperumahan namun masih dengan harga yang terjangkau karena masih terdapat rumah mewah dengan luas bangunan yang lebih besar lagi dari nilai 60 meter persegi.

Tipe 70

Rumah yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki banyak anggota keluarga. Pasalnya, hunian dengan tipe 70 mampu menampung empat kamar dan dibuat menjadi rumah dua lantai.

Unit dengan tipe ini cocok dengan luas tanah 120m2 dan 150m2.

Tipe 90

Hunian dengan tipe ini tergolong rumah dengan ukuran yang luas. Oleh karena itu, penggunaan luas tanahnya bisa lebih dari 120m2.

Tipe ini pun bisa kamu bangun dengan beberapa konsep desain yang cocok. Misalnya seperti rumah modern minimalis, kontemporer, gaya Jepang dan sebagainya.

Tipe 120

Rumah ini memiliki ukuran yang sangat luas. Kamu bahkan bisa menampung hingga 5 kamar tidur dengan cukup banyak kamar mandi.

Tipe hunian yang satu ini biasanya berada di kawasan perumahan yang eksklusif.

Tipe 140

Luasnya hunian ini tentunya membuat tipe yang satu ini tergolong ke kelompok yang mewah. Kamu bisa menambahkan berbagai ruang beserta fasilitas yang lengkap di rumah tanpa perlu khawatir akan banyak memakan ruang.

Baca juga:

Tipe atau Jenis Rumah di Perumahan berdasarkan Nama

tipe rumah
Source : Pexels

Sedangkan nama perumahan bisa juga berdasarkan nama-nama benda, bunga atau tumbuhan sesuai selera pengembang perumahan dalam memberikan nama tipe rumah yang dipasarkan. beriku ini adalah contohnya:

  • Unit tipe mawar
  • Unit tipe anggrek
  • Unit tipe minimalis
  • Unit tipe Kutilang
  • Unit tipe Matahari
  • Dan lain sebagainya

Demikian beberapa jenis tipe hunian di perumahan dan masih terdapat tipe –tipe lain menyesuaikan dengan ukuran luas lantai rumah dan luas tanah yang dipasarkan oleh pengembang perumahan. Semoga bermanfaat, Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Ndalem Ageng Banguntapan dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download