BlogPemilik PropertiDesain HunianCatat! 7 Fasilitas Apartemen Yang Wajib Ada Untuk Penghuninya
0
0

Catat! 7 Fasilitas Apartemen Yang Wajib Ada Untuk Penghuninya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Fasilitas apartemen disediakan pengembang agar mendukung kenyamanan penghuni apartemen. Hal ini juga menjadi pertimbangan seseorang dalam memilih tempat tinggal.

Fasilitas yang lengkap juga menjadi daya tarik apartemen tersebut. Dalam memenuhi kebutuhan penghuni apartemen tak perlu jauh-jauh hingga ke luar area bangunan. Berikut fasilitas yang seharusnya ada pada apartemen : 

Lahan Parkir

fasilitas apartemen berupa lahan parkir untuk penghuni unit apartemen
Shutterstock

Apartemen harus memiliki lahan parkir yang luas untuk motor maupun mobil. Selain untuk pemilik apartemen juga bagi tamu penghuni yang datang berkunjung. Urusan parkir ini merupakan perkara yang krusial apalagi hunian di tengah kota.

Berdasarkan peraturan Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan, ideal luas parkir yang baik adalah memiliki rasio 1 : 1. Walaupun begitu aturan rasio ini dapat disesuaikan dengan luas bangunan.

  • Apabila apartemen mempunyai luas bangunan > 150 meter persegi maka satu unitnya minimal memiliki spot parkir untuk satu mobil
  • Apartemen dengan luas bangunan 50-150 meter persegi akan mendapatkan jatah parkir satu spot untuk dua unit hunian
  • Bila luas bangunan < 50 meter persegi maka satu spot parkir untuk lima unit hunian sekaligus

Luas spot parkir untuk mobil biasanya 2.25 x 4.5 meter jika posisinya tegak lurus. Apabila spot parkir posisi sejajar maka sekitar 2.25 x 6 meter. Pihak developer wajib memberikan 1 lot parkir mobil dan 5 lot parkir motor bagi 10 hunian.

Baca juga :

Ruang Terbuka Hijau

penampakan taman sebagai salah satu fasilitas apartemen untuk publik
Shutterstock

Ruang terbuka juga penting keberadaannya sebagai landskap cantik dan area santai. Taman dengan jejeran pepohonan memberikan kesegaran udara serta area yang mampu menurunkan stres.

Tinggal di lingkungan penduduk rentan akan polusi udara dan suara. Hal ini tentu meningkatkan stres penduduk perkotaan. Adanya taman sebagai ruang terbuka menjadi tempat untuk meningkatkan kualitas lingkungan.

Taman dapat berisi tanaman yang mampu membersihkan udara atau menghasilkan oksigen. Selain itu sebagai lahan rekreasi bagi penghuni apartemen dan interaksi sosial.

Taman bisa terletak di lantai tertentu, area depan gedung apartemen hingga rooftop

Kolam Renang

keluarga yang sedang menikmati fasilitas apartemen berupa kolam renang
Shutterstock

Ada pula fasilitas apartemen berupa kolam renang yang disediakan baik tipe infinity pool maupun jenis kolam renang lainnya. Kolam renang tersedia untuk khusus dewasa dan anak-anak. Lebih bagus lagi bila kolam renang dilengkapi dengan jacuzzi.

Kolam renang ada yang berbentuk persegi panjang, oval, hingga true L. kolam renang jenis sauna biasanya berbentuk lingkaran dengan diameter 2 meter. Ukurannya sekitar 1.8 x 2 meter yang mampu memuat 4-6 orang sekaligus.

Ukuran kolam renang publik umumnya sekitar 5 x 25 meter. Kedalamannya bervariasi mulai dari 1-4 meter. Biasanya bangunan apartemen menyediakan lebih dari 1 kolam renang.

Posisinya ada yang di dalam bangunan maupun outdoor. Sementara untuk anak-anak idealnya kedalaman mencapai 60-80 cm. Jika untuk bagi maka sekitar 30 cm sementara luas paling kecil 80 x 120 cm dan sedang 1.5 x 2 meter.

Fasilitas Olahraga

fitness center merupakan fasilitas apartemen yang biasa disediakan untuk pemilik unitnya
Pexels

Fasilitas olahraga pada apartemen ada beragam seperti pusat kebugaran, area jogging, lapangan teknis dan lainnya. Fasilitas apartemen premium umumnya menyediakan pusat kebugaran yang dapat digunakan oleh semua penghuni apartemen.

Fitness center terdiri atas static bicycle, treadmill, weighted bar, barbell, dumbbell, weight plates dan alat gym lainnya. Tak jarang apartemen tersebut menyediakan lapangan basket.

Baca juga :

Sistem Keamanan 24 Jam

CCTV menjadi bagian fasilitas apartemen untuk meningkatkan keamanan
Shutterstock

Gedung apartemen memiliki sistem keamanan tinggi seperti adanya CCTV di beberapa spot. Jaringan CCTV terstruktur dan didukung dengan security yang berjaga 24 jam penuh.

CCTV mempunyai fitur motion recognition atau face recognition . Manfaatnya adalah mampu mendeteksi dan mengenali wajah atau gerakan sehingga tindak kejahatan di area apartemen mudah dilacak.

Unit keamanan akan membantu penghuni dalam evakuasi saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran. Setiap unit apartemen sebaiknya memiliki smart lock sehingga tidak mudah diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Area Komersil

pusat perbelanjaan yang menjadi bagian fasilitas apartemen
Shutterstock

Bangunan apartemen harus dilengkapi area komersil agar mudah bagi penghuninya memenuhi kebutuhan sehari-hari. Area komersial ini dapat berupa area food court, laundry, mini market dan lainnya.

Pusat perbelanjaan menjadi pendapatan tambahan bagi developer selain penjualan unit apartemen. Penghuni tak perlu jauh-jauh ke luar area tempat tinggal untuk mendapatkan barang yang dibutuhkannya.

Pusat perbelanjaan apartemen biasanya memiliki sistem keamanan terpadu dan bersih. Belanja disini akan lebih nyaman serta hemat biaya transportasi. Ada pula ruang meeting hingga co-working space sebagai lahan untuk bekerja.

Baca juga :

Taman Bermain

Pexels

Penghuni apartemen tidak hanya individu saja namun juga keluarga. Tentunya anak-anak membutuhkan taman bermain untuk melatih bersosialisasi dan mengurangi ketergantungan akan gadget.

Anak-anak mampu mengasah kreativitas karena taman bermain memiliki banyak permainan anak. Misalnya saja seperti jungkat-jungkit, perosotan, taman pasir dan lainnya.

Bermain di ruang terbuka seperti ini mampu meningkatkan kesehatan anak. Anak lebih banyak bergerak sehingga menjaga berat badannya. Anak-anak bisa bebas bermain dengan riang dan mendorong perkembangan psikisnya.

Dengan fasilitas apartemen di atas tidak hanya mampu mendukung aktivitas penghuninya saja melainkan nilai jual tempat tinggal tersebut. Inilah alasan kenapa Pins wajib mengecek fasilitas umum yang ada di bangunan apartemen sebelum membeli.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image : Pexels

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download