Pinhome

Uncategorized

Cara menentukan harga sewa rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Salah satu kunci keberhasilan dalam mengelola bisnis rumah kontrkakan atau kos adalah harga sewa yang tepat, ada macam-macam tips dan trik yang bisa kita terapkan berkaitan dengan hal ini, disini kita uraikan tentang cara menentukan harga sewa rumah yang bisa kita coba terapkan dalam pngelolaan property, intinya yaitu kita cari tahu berapa standar harga pasaran dan seberapa bagus rumah kita, sehingga kita bisa menilai apakah harga sewanya dibawah atau diatas standar,  o.k beginilah beberapa metode yang bisa dilakukan 🙂

Melihat rumah disewakan yang mirip

Kita lihat rumah-rumah yang dikontrakan di sekitar, mana yang mirip dan berapa harga sewanya, dari situ maka kita bisa membuat perbandingan dan menentukan harga yang pantas.

Pertimbangan biaya pengadaan rumah

Berapa total biaya yang sudah dihabiskan untuk perencanaan, pembangunan maupun renovasi rumah, biaya-biaya tersebut perlu dipertimbangkan dalam penentuan harga sewa, jadi kita bisa tahu kapan akan balik modal dan kapan waktunya meraih keuntungan.

Menyesuaikan dengan fasilitas pada rumah

Kita buat daftar seluruh fasilitas rumah yang ditawarkan kepada penyewa, misalnya mesin cuci, kulkas, ac, mandi air panas dingin, furniture dan hal-hal lain yang bisa mempengaruhi biaya sewa.

Menyesuaikan dengan masa sewa

Contohnya kita bisa memberikan harga yang lebih murah jika disewa secara tahunan karena pertimbangan resiko minimalnya kemungkinan tidak dibayar saat menagih, sebaliknya memberikan harga yang lebih mahal untuk sewa bulanan karena memerlukan energi ekstra untuk menagih.

Penilaian terhadap lingkungan disekitar rumah

Banyak yang bilang bahwa menyewa rumah itu sama dengan menyewa lingkungan, bagaimana sikap penduduk sekitar, bagaimana penghijauan lingkunganya, apa saja fasilitas publik yang ada didekat rumah, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan lingkungan.

Analisa harga dari agen properti

Kita bisa menggunakan jasa agen properti untuk menilai berapa biaya sewa yang pas untuk rumah kita, agen properti akan menghitung nilai bangunan dan membandingkanya dengan harga pasaran. kita bisa menggunakan lebih dari satu jasa agen properti untuk memutuskan nilai yang pas.

Setelah berhasil menentukan harga sewa rumah yang pas maka trik selanjutnya yang perlu dicoba sampai berhasil yaitu menemukan penyewa rumah yang tepat 🙂

Tags :

Bagikan Artikel