Bagaimana Cara Merawat Taman Bunga Dengan Benar? Ini Cara Mudahnya!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti ∙ 16 April 2021 ∙ 9 menit membaca

Merawat taman bunga bisa menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Pins bisa sekalian berkebun dan menyalurkan hobi. Merawat tanaman bisa menjadi stress release yang tepat untuk Pins yang merasa penat setelah bekerja setiap hari. Lalu, bagaimana cara merawat taman bunga yang mudah dan menyenangkan?

Di hari kerja mungkin Pins akan sedikit kesulitan untuk merawat tanaman, pasalnya Pins hanya akan mempunyai waktu sedikit untuk berkebun. Hal sederhana yang bisa dilakukan di hari kerja mungkin hanya menyiram tanaman atau menggeser tanaman ke area yang terkena paparan matahari.

Baca juga: 

Bagaimana Cara Merawat Taman Bunga Dengan Benar?

Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai bagaimana cara merawat taman bunga yang praktis. Yuk disimak bersama-sama!

Pastikan Terdapat Keran Air di Taman

(Pikist)

Mempunyai keran air di taman ternyata ada manfaatnya. Pins bisa dengan mudah menyiram tanaman menggunakan selang air. Daripada repot-report membawa ember dan gayung, menyiram tanaman dengan selang air akan lebih mudah. Maka dari itu, memasang keran di taman sangat efektif untuk hal satu ini.

Bagaimana cara merawat taman bunga selain penyiraman yang tepat? Pastikan volume air saat menyiram taman bunga dengan keran tidak terlalu kuat ya. Hal ini untuk mencegah kerusakan air karena semburan air yang terlalu kencang. Gunakan mode sedang atau rendah untuk menyiram tanaman bunga.

Lakukan Penjadwalan Untuk Pemberian Pupuk

(Kompas)

Bagaimana cara merawat taman bunga jika tidak punya banyak waktu? Bagi Pins yang bekerja namun tetap ingin mempunyai taman dan mengetahui cara merawat bunga, maka melakukan penjadwalan untuk pemberian pupuk adalah langkah tepat.

Tanaman bisa dipupuk 1 sampai 2 kali seminggu menggunakan pupuk kompos atau kandang. Jadi, kamu tidak perlu melakukan pemupukan di hari kerja. Dengan begini waktu kerja tidak akan terganggu.

Baca juga: 

Pisahkan Tanaman yang Membutuhkan Sinar Matahari Lebih

(Kompas)

Pins bisa melakukan tips berikut ini. Pisahkan tanaman yang membutuhkan sinar matahari lebih dan yang tidak. Cara ini akan memudahkan kamu dalam mengatur posisi tanaman. Jadi tidak harus selalu menggeser posisi tanaman dan cara merawat bunga bisa dilakukan dengan mudah.

Bagaimana cara merawat taman bunga bagi yang tidak membutuhkan sinar berlebih? Untuk tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari bisa disiasati dengan memasang penghalang seperti jaring atau letakkan di bawah tanaman lebih tinggi yang rindang.

Baca juga: 7 Desain Taman Toga Kreatif

Pilih Tanaman Bunga yang Tidak Memerlukan Penyiraman Setiap Hari

(Kompas)

Langkah selanjutnya selain cara merawat bunga adalah memilih tanaman bunga yang tidak memerlukan penyiraman. Ada beberapa tanaman yang tidak memerlukan penyiraman setiap hari seperti bunga amarilis, bunga impatiens, dan bougenville.

Langkah ini bisa dilakukan untuk menghemat waktu, karena tidak perlu menyiram tanaman bunga tersebut setiap hari. Cara merawat bunga seperti ini menjadi opsi terbaik untuk Pins. Tiga tanaman bunga tersebut memang mempunyai kekuatan untuk bertahan di kondisi yang terik dan kering, maka dari itu mereka masih dapat hidup dan berkembang dalam cuaca panas.

Pilih Tanaman Bunga yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari Setiap Hari

(Bukalapak)

Bagaimana cara merawat taman bunga dengan bunga yang simpel? Sebelumnya ada tanaman yang tidak memerlukan penyiraman, maka ada juga tanaman yang tidak perlu sinar matahari secara intens. Tanaman yang tidak memerlukan sinar matahari adalah bunga Anthurium, Peace Lily, anggrek bulan,  Bunga cyclamens, dan bunga clivia.

Tanaman-tanaman bunga tersebut bisa menjadi referensi bagi yang mencari tanaman yang kuat hidup di indoor. Cara merawat bunga diatas juga sangat mudah untuk dilakukan bagi pemula. Dengan kata lain tanaman bunga di atas bisa tumbuh dan berkembang tanpa sinar matahari.

Baca juga:

Perbaiki Kesalahan Umum Dalam Menanam Tanaman di Taman

(Creo House)

Selain tips di atas, bisa juga memanfaatkan tips berikut untuk merawat taman bunga, yaitu memperbaiki kesalahan umum dalam menanam tanaman.

Bagaimana cara merawat taman bunga? Pertama, apabila menanam tanaman bunga di tanah, usahakan memberi jarak setiap tanaman. Hal ini agar setiap tanaman mempunyai ruang untuk tumbuh dan berkembang sehingga mereka tidak berebut nutrisi tanah.

Kedua, cara merawat bunga selanjutnya adalah, pangkas tanaman bunga yang mempunyai penyakit. Hal ini dilakukan demi mencegah menularnya atau menyebarnya penyakit tersebut ke tanaman lain yang masih sehat.

Ketiga, jangan menggunakan mulsa terlalu banyak. Penggunaan mulsa bertujuan untuk menjaga kelembaban tanah dan menekan pertumbuhan gulma. Walaupun ini langkah yang baik tapi ada aturannya dalam menggunakan mulsa. Jangan sampai tumpukan mulsa terlalu tebal, hal ini akan mencegah sinar matahari menembus tanah untuk memberikan cahaya pada akar. Apabila mulsa terlalu tebal maka berpotensi akan membuat tanaman layu.

Baca juga:

Nama-Nama Bunga yang Cocok Ditanam di Taman Rumah

Ingin hasil taman bunga Pins tumbuh dengan baik dan indah? Lalu, Bagaimana cara merawat taman bunga yang tepat? Ini beberapa tanaman bunga yang cocok untuk ditanam di rumah selengkapnya:

Bunga Bougenville

(Kompas)

Bunga bougenville atau yang sering disebut dengan bunga kertas mempunyai bentuk bergerombol saat berbunga. Nama latin bunga bougenville adalah bougainvillea. Bunga ini memiliki beragam jenis warna seperti orange, putih, merah mudah, pink pastel hingga ungu. Diantara warna-warna tersebut, warna merah muda lah yang menjadi best pick bagi sebagian orang. Termasuk ke dalam tanaman tropis, sehingga sangat mudah untuk dirawat di Indonesia yang juga mempunyai iklim tropis di seluruh wilayah daerahnya.

Baca juga:

Bunga Kemuning

(Pertanianku)

Ingin punya bunga yang sangat wangi saat berbunga? Pilihlah bunga kemuning sebagai tanaman bunga untuk taman rumah! Bunga kemuning berukuran kecil dengan warna putih memancarkan wangi semerbak saat mekar. Jika dilihat sekilas punya mirip dengan melati, namun kelopak bunga kemuning cenderung lebih melengkung. Nama latin bunga kemuning adalah murraya paniculata.

Bunga Sepatu

(Rupa Rupa)

Bagaimana cara merawat taman bunga agar tumbuh dan berkembang? Pilihannya adalah bunga cantik yang satu ini. Bunga ini memiliki sistem reproduksi sempurna yaitu terdapat benang sari dan juga putih. Ya benar, kembang sepatu atau bunga sepatu namanya. Bunga sepatu punya kelopak yang besar buat ia tampak cantik saat berkembang di taman rumah. Warna yang dimiliki oleh bunga sepatu pun beragam. Bunga dengan nama latin hibiscus ini biasa terlihat di daerah tropis seperti Indonesia.

Baca juga:

Bunga Melati

(Kompas)

Siapa yang tidak kenal dengan bunga melati? Bunga melati dengan nama lain jasminum aromanya semerbak membuatnya dijadikan salah satu bunga untuk acara-acara penting seperti pernikahan. Bunga melati dapat Pins tanam dengan mudah di rumah. Hanya perlu disiram rutin pagi dan sore kemudian jangan lupa untuk meletakkannya di tempat yang terpapar sinar matahari.

Bunga Mawar

(Liputan6)

Mawar dengan nama latin bunga rosa ini dikenal sebagai simbol kasih sayang. Bunga mawar punya beragam warna menarik yang bisa Pins pilih. Bentuknya yang cantik dengan duri-duri di tangkainya menjadi ciri khas utama. Bunga mawar merupakan tipe bunga potongan yang umumnya mekar seorang diri bukan tipe yang bergerombol. Walaupun bunga mawar saat mekar tidak banyak tapi tetap memikat dengan aromanya yang semerbak.

Baca juga:

Bunga Alamanda

(Pikiran Rakyat)

Populer sebagai tanaman hias khususnya tanaman rambat gantung. Alamanda dengan nama latin bunga allamanda cathartica punya bentuk yang besar. Bunga alamanda punya beberapa pilihan warna, namun yang paling banyak dipilih adalah alamanda kuning. Warna kuning dengan bentuk besar membawa aura cerah ceria untuk taman rumah Pins.

Bunga Kenanga

(Alodokter)

Bunga kenanga adalah bunga berwarna kuning dengan kelopak panjang dan melengkung. Wangi yang memikat membuatnya hingga dijadikan bahan utama dalam essential oil ylang-ylang. Untuk yang bingung bagaimana cara merawat taman bunga? Bunga kenanga mudah untuk dirawat lho Pins, cukup disiram rutin dan sesekali dikasih pupuk agar tumbuh subur.

Bunga Anggrek

(Kompas)

Tak perlu perawatan yang susah untuk merawat bunga anggrek. Bunga anggrek punya beragam warna cantik. Bentuknya yang indah pun membuat siapapun terkesima. Bunga anggrek atau orchids biasanya ditanam dengan cara digantung pada pohon besar. Namun, Pins juga bisa menanamnya di pot kok.

Baca juga:

Bunga Pukul Empat

(Okezone)

Bunga yang cukup unik, karena sesuai namanya bunga pukul hanya mekar sekitar pukul empat. Bunga pukul empat bisa dikatakan sebagai tanaman bunga liar. Walaupun liar, bunga pukul empat punya bentuk indah dan warna cantik lho Pins!

Bunga Asoka

(Pikiran Rakyat)

Jika melihat bentuknya pasti banyak dari Pins yang familiar. Ya, bunga asoka atau saroca asoca ini sering kali dijadikan mainan dan dihisap untuk mencicipi rasa manis yang ada di dalamnya. Bunga asoka tumbuh bergerombol membuat bentuknya menjadi semakin indah jika ditanam pada taman rumah mu Pins.

Bunga Rain Lily

(Urban Garden)

Bunga rain lily  ini banyak ditemukan di lahan kosong. Termasuk ke dalam salah satu tanaman liar yang cantik dipandang. Bunga rain lily atau bunga dengan nama ilmiah zephyranthes ini punya tiga warna populer yaitu putih, pink dan kuning.

Nah itu saja Pins tips tentang bagaimana cara merawat taman bunga yang praktis dan berbagai tanaman bunga yang cocok ditanam di rumah. Yuk mulai diaplikasikan untuk membantu berkebun!

Baca juga:

Featured Image Source: Pinterest


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Lifestyle
Lifestyle 7 Cara Menyalakan Lampu pada Keyboard Laptop Sesuai Brand

Series laptop keluaran baru sudah banyak yang mengusung fitur yang canggih. Salah satunya adalah ba

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Inspirasi Keramik Abu-Abu Muda Cocok untuk Segala Ruangan

Keramik abu-abu sering dianggap terlalu biasa, suram dan pucat. Padahal warna keramik tersebut bisa

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Ini Dia Standar Jarak Tinggi Kran Shower dari Lantai

Tidak hanya ukuran jendela kamar mandi, tapi ternyata banyak aspek yang wajib diperhatikan untuk pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia