Kamus Istilah Properti

Ventilator Turbin

istilah properti

Ventilator Turbin

Ventilator turbin atau turbin ventilator merupakan ventilasi (roof fan) yang berfungsi sebagai celah untuk sirkulasi udara pada rumah. Ventilator ini berfungsi sebagai penghisap debu dari dalam rumah dan mengeluarkannya ke luar. 

Apa itu Turbin Ventilator?

(Asdar)

Turbin ventilator atau ventilator turbin merupakan penghisap debu sejenis exhaust fan atau roof fan. Selain penghisap debu, alat ini juga digunakan untuk mengeluarkan asap dari dalam rumah dengan cara menghisap asap lalu menghembuskan ke luar. Umumnya ventilator ini digunakan pada pabrik dengan tujuan untuk mengurangi debu dan asap yang ada di dalam bangunan. Alhasil, para karyawan pabrik bisa lebih lega saat bernapas. Namun, penggunaan turbin ventilator saat ini tidak hanya untuk pabrik, banyak juga masyarakat yang memasang di rumah mereka.

Fungsi dan keunggulan Ventilator pada rumah

Secara prinsipnya sebagai ventilator, turbin ventilator mempunyai fungsi untuk menyerap debu, kotoran dan asap di dalam rumah. Dengan begitu rumah kamu akan lebih bersih. Berikut ini fungsi lengkap dari turbin ventilator yang bisa kamu cek. Yuk disimak!

Menghisap debu agar udara lebih sehat

Pins, tak bisa dihindari bahwa area di dalam rumah pun bisa terpapar debu dan kotoran. Biasanya debu akan menempel pada furnitur rumah seperti lemari, meja dan lain-lain. Jika dibiarkan terus-terusan menempel, debu akan mengganggu proses pernapasan sehingga dengan bantuan turbin akan menghisap debu dan asap. Kamu dan keluarga pun bisa bernapas dengan lebih nyaman dan aman.

Memastikan terjadi pertukaran udara di dalam rumah

Pertukaran udara di dalam rumah menjadi hal penting. Pasalnya manusia membutuhkan udara segar untuk bernapas. Apabila area dalam rumah tertutup dan tidak mempunyai aliran udara, maka kamu akan merasa gerah dan sumpek. Penggunaan ventilator turbin bisa membantu pergantian udara sehingga kamu pun akan bisa bernapas dengan lebih lega.

Ventilator yang ramah lingkungan 

Alat elektronik lain menghasilkan residu atau sisa dari aktivitas selama beroperasi. Misalnya AC yang mengeluarkan freon Cloro Fluoro Carbon (CFC) sehingga berpotensi merusak lapisan ozon. Namun ventilator tidak akan memproduksi apapun saat beroperasi. Prinsipnya, turbin hanya akan menghisap debu, asap serta kotoran dari dalam lalu mengeluarkannya ke luar. Pergerakan turbin pun akan dibantu oleh hembusan angin.

Exhaust Fan yang hemat listrik

Turbin ini tidak menggunakan listrik sehingga kamu akan jadi lebih hemat. Sistem kerja turbin 24 jam, di mana alat tersebut akan terus bekerja menghisap debu dan kotoran dengan bantuan angin. Turbin bergerak menggunakan dorongan angin yang berhembus di atas. Saat hujan pun alat ini akan tetap bekerja dan menghisap kotoran yang ada di dalam ruangan. 

Tips pemasangan

(Sunrise Steel)

Pemasangan turbin memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Kamu memerlukan pihak penyedia jasa pemasangan turbin ventilator. Namun, kamu bisa memastikan pemasangan turbin benar dan sesuai kebutuhan dengan memperhatikan beberapa hal berikut,

Pastikan kamu memasang di atas area yang sering terpapar asap

Sebelum kamu memasang turbin di genteng, pastikan kamu menentukan di area mana turbin tersebut akan terpasang. Misalnya saja kamu memasang turbin persis di atas dapur, dengan pertimbangan agar asap bekas memasak bisa langsung terhisap ke atas. Selain itu kamu juga bisa memasang ini di atas ruang tamu agar memastikan area di ruangan tersebut bersih.

Pastikan kamu memeriksa keadaan atap dan genteng sebelum memasang turbin

Pins, kamu juga bisa memeriksa keadaan atap dan genteng dulu sebelum memasang turbin. Tujuannya agar tidak ada kebocoran saat hujan yang menimpa rumahmu. Selain itu pemeriksaan genteng ini juga bisa menjadi upaya kamu agar mencegah kebocoran. Hindari memasang turbin di saat mendung atau sedang gerimis. Pastikan pemasangan turbin kamu lakukan di saat cuaca sedang panas di siang hari.

Pastikan kamu menentukan ukuran turbin sebelum membeli 

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli turbin, pastikan kamu mengecek ukuran turbin. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Pilih turbin yang sedang atau kecil. Untuk ukuran pabrik, biasanya diperlukan turbin ventilator dengan ukuran yang lebih besar. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan pihak penjual terkait ukuran yang tersedia. Alangkah baik jika kamu membeli secara langsung agar bisa melihat ukurannya secara dekat.

Cara kerja turbin

Pada dasarnya, turbin akan bekerja dengan menggunakan kekuatan angin yang berhembus. Seperti yang sudah disinggung, turbin tidak menggunakan energi listrik. Jadi aman saat digunakan saat cuaca panas dan hujan. Kamu tidak perlu khawatir akan terjadi korsleting. 

Turbin masih akan terus bekerja selama 24 jam selama ada angin berhembus yang menggerakan turbin. Kamu hanya perlu melakukan pengecekkan setiap 2-3 bulan sekali untuk memastikan turbin masih bekerja dengan baik.

Memasang turbin memang bisa menjadi pilihan dan keputusan yang tepat Pins. Apalagi jika struktur ventilasi di rumah kamu belum optimal dan kamu sedang tidak ingin merenovasi rumah. Hal ini bisa kamu jadikan opsi yang pas. Kamu tidak perlu merombak susunan dan bangunan di interior rumah untuk menambah ventilasi. Hanya dengan memasang ventilator turbin, maka kamu akan mendapatkan ventilasi yang mendukung aliran udara.

Itu saja informasi mengenai ventilator turbin. Semoga berguna ya, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.