Kamus Istilah Properti

Nako

istilah properti

Nako

Nako adalah kaca yang digunakan untuk melengkapi jendela bertingkap atau bertumpuk. Kaca nako ini umumnya digunakan pada jendela rumah atau kos-kosan.

Mengenal Nako sebagai Kaca 

(HouseLogic)

Sebagai salah satu jenis kaca yang sering digunakan pada rumah, kaca nako memiliki keungikan tersendiri. Jika umumnya kaca pada jendela dipasang vertikal dan membentuk satu ukuran kaca yang besar, hal ini tidak berlaku pada nako. Kaca nako dibuat dengan ukuran kecil yang terpisang sehingga dapat dipasang satu per satu. Selain berfungsi sebagai jendela, kaca nako juga bisa menjadi ventilasi yang baik pada rumah atau bangunan lain. Namun, kamu harus hati-hati karena pemasangan kaca nako yang tidak tepat akan membuatnya cepat rusak, terjatuh atau malah patah.  

Keunggulan Nako 

Kaca nako mempunyai berbagai keunggulan yang bisa kamu dapatkan. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu nikmati dengan memasang kaca nako di jendela rumah.

Mudah dibersihkan

Ventilasi udara kerap kali susah dibersihkan. Hal ini karena kondisi ventilasi yang berada di atas dan sulit dijamah. Nah, dengan menggunakan kaca nako kamu bisa lebih mudah membersihkannya menggunakan kemoceng, sponge atau lap basah.

Tidak mudah pecah

Ketika terjadi getaran, kaca dengan ukuran besar bisa lebih mudah goyang. Ketika ini terjadi, akan ada potensi kaca akan retak atau malah pecah. Apalagi saat terjadi gempa. Namun, dengan menggunakan kaca nako hal tersebut bisa dicegah. Paling tidak hal tersebut bisa diminimalisir dengan baik. Menggunakan kaca nako akan membuat jendela lebih aman digunakan di rumah. 

Bisa menjadi ventilasi udara

Seperti yang sudah dibahas di atas, penggunaan jendela dengan nako bisa menjadi ventilasi. Fungsi ventilasi di rumah sangat krusial, karena berguna sebagai aliran udara agar masuk ke dalam rumah. Selain itu ventilasi juga digunakan untuk menjadi akses aroma tidak sedap dan bau keluar meninggalkan area indoor. Ventilasi juga berguna sebagai akses cahaya. Nah, hal itu bisa digantikan dengan jendela nako. 

Bisa menjadi sekat ruangan

Jendela dengan kaca seperti ini pun bisa digunakan sebagai penyekat. Sekat ruangan tersebut bisa membantu kamu memisahkan dua area berbeda. Dengan begini, kamu bisa tetap menjaga privasi sebuah area namun juga dapat memiliki akses ventilasi udara yang baik. 

Tips Memasang Nako 

(Jasa Arsitek Malang)

Memasang jendela nako umumnya mudah dilakukan. Kamu hanya perlu menentukan berapa jumlah kaca yang diperlukan. Pihak kontraktor atau tukang bangunan pun paham cara memasang jendela model ini, karena jendela jenis ini sudah lama  eksis di Indonesia. Berikut ini tips memasang kaca nako.

Pastikan jendela tidak terlalu panjang

Pins, walaupun jendela nako aman dan lebih mudah dirawat, namun kamu harus tetap memperhatikan pemasangan jendela ya. Hindari untuk memasang daun jendela dengan kaca nako hingga bawah. Artinya jangan terlalu panjang membangun jendela hingga mendekati lantai. Kamu cukup membuat jendela sekitar seperempat atau setengah dari dinding saja. Hal ini untuk menghindari hewan liar masuk ke rumah ketika jendela dibuka pada siang hari.

Ukur panjang daun jendela

Sebelum membeli dan memasang kaca nako, ada baiknya kamu menyesuaikan dengan ukuran jendela dengan ukuran nako yang tersedia di pasar. Hal ini untuk mengantisipasi salah ukuran saat membeli nako. 

Berikan sedikit ruang pada jendela kaca

Pins seperti yang kita tahu kaca akan mengalami pemuaian di siang hari ketika terkena panas matahari. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya kamu memberikan sedikit ruang muai pada daun jendela. Hal ini dilakukan agar kaca nako bisa mendapatkan area memuai yang cukup.

Tips Merawat Jendela Nako

(Sakti Desain)

Merawat jendela nako bisa sangat mudah dilakukan. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan lakukan dengan benar. Tujuannya agar jendela bisa tetap awet dan tidak mudah rusak. Berikut ini tips merawat jendela nako yang bisa kamu lakukan.

Pastikan kamu membersihkan setiap hari

Pins, debu sering kali menempel pada kaca. Ketika sudah menumpuk hal ini akan membuat kaca buram dan terlihat kotor. Kaca nako pun cenderung menjadi sarang debu. Untuk mengantisipasi kaca menjadi terlihat buram, pastikan kamu membersihkannya dengan menggunakan kemoceng. Gunakan kemoceng dari bulu ayam atau kain untuk menjangkau bagian yang sulit dicapai.

Bersihkan dengan lap basah

Setelah selesai membersihkan jendela dengan kemoceng, pastikan juga kamu mengelap seluruh bagian jendela. Gunakan lap basah yang bersih untuk membersihkan kaca. Hindari menggunakan koran karena ini akan membuat kaca kotor dan bisa menggores kaca. Penggunaan koran juga boros dan tidak efisien Pins.

Cat ulang bagian daun jendela agar tidak berkarat

Selanjutnya, kamu perlu mengecat ulang bagian daun jendela. Lakukan hal ini secara berkala ya Pins. Mengecat daun jendela akan mencegah karat pada sisi-sisi besi jendela, dengan begitu kaca nako di rumah kamu pun akan lebih terjaga.

Pins, jendela apa saja yang kamu pilih untuk melengkapi konstruksi rumah sebenarnya hal tersebut kembali lagi pada kamu. Pemilihan jendela harus disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pemilik rumah. Jika pada akhirnya kamu tertarik dan memilih menggunakan kaca nako, maka semoga informasi di atas berguna ya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.