Kamus Istilah Properti

Coastal

istilah properti

Coastal

Coastal adalah gaya dekorasi ruangan yang identik dengan suasana pantai. 

Apa Itu Coastal?

coastal
(White Sands Design)

Rumah yang mengadaptasi coastal design atau disebut juga nautical selalu tampak menarik. Coastal adalah gaya dekorasi ruangan yang identik dengan suasana pantai yang penuh kenyamanan dan santai. Desain ala pesisir dihadirkan melalui berbagai elemen alami tepi laut, surfing, pasir, dan langit di dalam rumah melalui warna dan tekstur.

Pins bisa membawa suasana outdoor pantai yang indah dan menyenangkan, ke dalam rumah berkat gaya coastal. Interior dalam gaya ini didukung dengan berbagai material dan furnitur yang saling mendukung. 

Desain ini, tidak kalah menarik dengan gaya lain karena bisa menghadirkan nuansa berbeda yang cocok dengan rumah-rumah tropis di Tanah Air. 

Tinggal di rumah bergaya coastal serasa jadi cara tersendiri untuk menghilangkan penat tanpa harus berlibur ke pantai. 

Karakteristik dan Ciri Coastal Design

(Maine Home)

Gaya desain nautical memang unik dengan suasana pantai yang menyenangkan. Ada beberapa karakteristik dari coastal design, berikut ini diantaranya: 

Simple dan Tertata

Kesan sederhana dan rapi. Untuk memberi kesan santai layaknya liburan di pantai. Jika ingin mengadopsi gaya ini, Pins perlu memastikan interior rumah terlihat menenangkan dan rapi. Pins bisa memakan warna yang terlihat bersih ditambah dengan tirai tipis yang bisa memasukkan cahaya alami lebih bebas.

Pastikan barang-barang yang tercecer ditata dengan rapi di tempat penyimpanan. Kalau ingin memberikan sentuhan yang lebih ceria, Pins bisa menambahkan pola stripes bertema pantai pada pada ruangan tertentu seperti ruang santai atau kamar anak. 

Warna Putih dan Unsur Pantai yang Mendominasi

Ciri berikutnya terletak pada warna bangunannya. Hunian yang mengusung coastal design bisa dilihat dengan warna putih yang mendominasi pada dinding-dindingnya. Warna putih ini membuat suasana terlihat lebih alami dan sederhana. 

Selain putih, warna lain yang erat dengan pantai juga menjadi karakteristiknya. Warna-warna tambahan yang dihadirkan yaitu biru seperti laut dan coklat layaknya pasir. Gabungan warna putih dan warna pantai ini ini menciptakan suasana cerah dengan tone lembut.  

Warna pantai ini bisa dihadirkan melalui elemen dekorasi, furnitur, gorden, maupun plafon. Yang paling penting, perpaduan warnanya harus terlihat seimbang supaya kesan pantainya tetap terlihat. 

Jendela Berukuran Lebar  

Pencahayaan menjadi elemen penting pada rumah-rumah coastal. Hal ini dihadirkan dengan jendela berukuran lebar dan besar. Keberadaan jendela ini tidak hanya mendatangkan cahaya, tetapi bisa membawa udara dari luar serupa angin sepoi-sepoi ketika berada di pantai.

Pemilik rumah bisa membuka jendela pada pagi sampai sore hari sehingga sinar matahari bisa masuk dengan bebas. Ruangan pun menjadi lebih terang sekalipun Pins tidak menyalakan lampu di dalam ruangan.  

Pintu dengan Bukaan yang Besar 

Selain jendela, rumah dengan konsep ini juga memiliki pintu dengan bukaan yang lebar. Fungsi pintu ini bisa dibuka dengan maksimal sehingga akan menyamarkan batas yang berada di antara bagian luar dan dalam rumah.  

Pins bisa membuka pintu ketika ingin menikmati udara dengan bebas sehingga suasana luar rumah bisa dinikmati dengan bebas.  

Identik dengan Furnitur Natural

Dari sisi furniturnya, rumah dengan coastal design membawa perabot yang natural. Beberapa material furnitur yang bisa Pins gunakan untuk gaya coastal adalah kayu, kain, dan kulit. 

Hindari furnitur yang berkilau (glossy) karena akan mengurangi karakter rumah ini. Aksen glossy pada perabot juga hanya akan membuat sinar matahari terpantul berlebihan. Alhasil, rumah yang sudah memiliki banyak bukaan ini akan terasa lebih silau.  

Elemen Dekoratif Nuansa Laut

Sesuai dengan konsepnya, elemen dekoratif bernuansa laut akan membuat rumah ini terlihat lebih menawan. Hiasan yang dihadirkan di rumah nautical seperti ornamen dari kerang, dan bantal-bantal kecil dengan motif bintang laut. 

Selain itu, Pins juga bisa menambah papan surfing di dinding untuk membuat ruangan lebih menyenangkan. 

Jenis Gaya Coastal

Rumah dengan tipe nautical sesuai dengan karakteristik di atas. Tetapi lebih dalam ada tiga jenis gaya ini yang bisa diadopsi di dalam rumah. Apa saja? 

Beachy Minimalism

(HGTV)

Gaya pantai yang sejuk ini mengurangi kebisingan demi kesederhanaan dan perasaan seolah masih berada di pantai. Jenis ini memiliki karakteristik denah lantai terbuka dengan warna netral berlapis pada dinding putih, serta sofa berlapis putih. 

Rumah berjenis beachy minimalism harus memiliki banyak cahaya alami, perawatan jendela linen lembut, dan lampu gantung yang cantik.

Mediterranean Bliss

(Best Design Ideas)

Desain rumah coastal bergaya Mediterania terinspirasi dari rumah ala Santorini di Yunani, Italia, dan Spanyol. Rumah-rumah jenis ini membawa kehangatan dengan mengusung warna cerah seperti lukisan dinding dan medan Mediterania.

Pins bisa memilih warna biru muda, lavender, dan kuning. Pertimbangkan warna terakota pada dinding dan ubin untuk menambah gaya pedesaan. 

Island Living

coastal
(Minted Interiors)

Jenis ini membawa kehidupan pulau ke dalam hunian. Dekorasi yang terinspirasi pulau lebih bersifat bohemian dengan membawa kain tenun dalam elemen desain. Bagian dinding dibiarkan putih bersih.

Hadirkan kursi rotan besar yang indah dan permadani sebagai titik fokus untuk area umum. Perpaduan warna-warna hangat dan terang terasa santai seperti pulau. 

Cara Dekorasi Ruangan dengan Coastal Design

(Flooring America)

Tertarik mengusung coastal design, Pins? Yuk, simak cara dekorasi ruangan ala pantai supaya serasa liburan sepanjang waktu. 

Tentukan Denah 

Apapun konsepnya, pastikan Pins sudah menentukan denah terlebih dahulu. Untuk rumah yang mengusung gaya ini, Pins dengan denah berkonsep terbuka secara alami cocok untuk tampilan ini.

Denah ini sesuai dengan tampilan yang ringan dan lapang. Tetapi jika Pins tidak memiliki denah lantai berkonsep terbuka, bisa bermain warna dan dekorasi pantai sesuai dengan karakteristiknya. 

Pola yang Kuat dan Sederhana

Rumah pesisir yang pernah Pins lihat mungkin dipenuhi dengan motif tropis dan pola berjajar ikan. Tetapi jika ingin menjaga ruang Anda tetap modern, pertimbangkan untuk mengambil sesuatu yang sedikit lebih ramping. 

Tampilkan dengan pola kuat yang sederhana bisa berarti bertahan dengan klasik, seperti garis-garis dan kotak-kotak.  

Hadirkan Seni Abstrak

Saat mendekorasi interior pantai, mungkin tergoda untuk menyimpan foto-foto pantai dan seni yang tampak realistis. Kalau mau cara yang lebih praktis, Pins dapat memilih lukisan abstrak yang mengacu pada lautan. 

Tambahkan juga aksen klasik, seperti karpet, cermin kerang dari laut, dan potongan anyaman mengacu pada beberapa tanaman yang akan membuatmu terasa berada di pantai.

Balkon Outdoor

Jika rumah terdiri dari lebih dari satu lantai, maka menambahkan balkon terbuka merupakan ide yang menarik. Pins bisa menambah balkon outdoor untuk menambah keunikan di dalam hunian. Buat ukuran balcony cukup besar sehingga bisa difungsikan sebagai tempat bersantai untuk seluruh keluarga.

Pins mesti menyiapkan furniture outdoor berkualitas untuk mendukung fungsi balkon rumah. Sebaiknya hindari tidak meletakkan barang-barang secara berlebihan di balkon supaya suasana nyamannya tetap terjaga.

Jangan Lupakan Hiasan dengan Aksen Pantai 

Terakhir, dan tak kalah penting yaitu memberikan sentuhan pantai yang dapat membawa suasana pantai pada ruangan. Tak perlu berlebihan, cukup gantung pelampung di dinding kamar, atau letakkan beberapa cabang karang laut di dalam vas 

Kursi rotan tradisional pun bisa terlihat modern saat dipasangkan dengan meja marmer yang elegan dan beberapa pencahayaan industri yang ramping. 

Itulah informasi seputar coastal design yang bisa Pinhome sampaikan. Pins bisa mengadopsi gaya untuk hunian maupun sebagai konsep di penginapan dan kafe. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.