Kamus Istilah Properti

Curtain Wall

istilah properti

Curtain Wall

Curtain wall adalah dinding non struktur yang gunanya melindungi bangunan dari angin, hujan deras, cuaca atau gangguan-gangguan sejenis.

Apa itu curtain wall?

(World Architecture)

Ketika bicara bagian konstruksi bangunan, kita akan mendapati dua macam bagian utama. Yang pertama adalah konstruksi struktur bangunan. Dan yang kedua adalah konstruksi non struktur bangunan. Salah satu bagian yang termasuk dalam kategori konstruksi non struktur adalah curtain wall.

Curtain wall (dinding tirai) adalah dinding non struktur yang gunanya melindungi bangunan dari angin, hujan deras, cuaca atau gangguan-gangguan sejenis. Umumnya, dinding ini diaplikasikan pada gedung-gedung bertingkat. Karena dinding ini bukan bagian struktur bangunan, maka material yang biasa digunakan adalah material berbahan ringan, seperti kaca misalnya.

Dengan adanya dinding tirai, intensitas terpaan angin, air hujan deras atau gangguan cuaca lainnya yang mengenai bangunan dapat ditahan. Guncangan dari angin ataupun gangguan cuaca jenis lain dapat merusak bagian gedung secara perlahan jika tidak ditahan oleh dinding ini.

Ketika diaplikasikan, dinding tirai ini akan dipasangkan dengan bingkai atau frame yang biasanya terbuat dari bahan aluminium. Selain memang dapat kuat menahan beban material kaca, aluminium juga merupakan logam yang tahan akan berbagai jenis cuaca. Bahkan, material ini tidak dapat berkarat ketika terpapar hujan dan panas.

Selain material kaca, dinding tirai dapat menggunakan material berupa panel logam, stone veneer, atau kisi-kisi. Material-material tersebut biasanya dipilih karena bisa menghalau sinar dan panas matahari yang dianggap mengganggu pada suatu bagian bangunan.

Material-material curtain wall

(Wikipedia)

Di bab sebelumnya, sempat disinggung beberapa material yang difungsikan menjadi isian dari bingkai dinding tirai. Pada bagian ini, kami akan memaparkan karakter dari beberapa material yang dapat digunakan sebagai dinding tirai.

Kaca

Kaca merupakan material yang paling umum diinstal sebagai isian dari frame dinding tirai. Spesifikasi dari material kaca yang akan dipasang juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dari warna kaca, ketebalan, sampai tingkat opasitasnya (kemampuan untuk tidak tembus cahaya).

Karakter yang mengikuti material ini adalah dapat ditembus cahaya dan bisa memberikan estetika yang menarik dari dalam gedung. Namun, untuk kaca yang tergolong buram atau berwarna gelap, dapat menahan sedikit cahaya untuk masuk ke dalam bagian gedung. Selain itu, kaca buram dapat menutupi bagian kolom atau balok yang ada di balik dinding tirai.

Stone veneer (veneer batu)

Stone veneer merupakan blok batu tipis yang juga bisa dipakai sebagai dinding tirai. Sayangnya, material ini cenderung cukup berat. Maka dari itu, beberapa pihak melakukan pengurangan berat material ini dan meningkatkan kekuatan bagian bingkai penahannya.

Fabric veneer (veneer kain)

Kain merupakan bahan yang juga dapat digunakan sebagai dinding tirai. Harganya tergolong lebih murah dibanding material-material lainnya. Selain itu, pemasangannya terbilang lebih mudah dan cepat. Sayangnya, material ini sifatnya temporer ketika digunakan sebagai dinding tirai. Hal ini dikarenakan kekuatannya yang cukup ringkih sebagai penahan.

Panel logam

Beberapa logam yang biasa digunakan sebagai dinding tirai antara lain aluminium, tembaga, dan baja anti karat. Selain mampu menahan angin, bahan ini akan menghalau cahaya masuk gedung dan memantulkannya.

Kisi-kisi

Dinding tirai yang satu ini tidak sepenuhnya melakukan penahanan angin, hujan, ataupun sinar matahari. Kisi-kisi akan membiarkan sebagian dari paparan tersebut menyentuh tubuh gedung. Penerapan material ini sebagai dinding tirai mampu menyediakan pemandangan yang apik bagi orang-orang yang ada di dalam gedung.

Jenis curtain wall berdasarkan bentuk framenya

Ada beberapa jenis curtain wall jika dilihat dari bentuk framenya. Jenis-jenis yang dimaksud antara lain adalah stick system, unitized system, dan ladder system.

Stick system

(Archiexpo)

Stick system merupakan cara instalasi yang menggunakan balok-balok panjang sebagai rangka atau frame dari dinding tirai. Bahan yang sering digunakan sebagai bingkai atau frame ini adalah aluminium atau jenis logam lainnya. Bingkai atau frame tersebut kemudian dibebankan pada beberapa bagian struktur bangunan seperti struktur kolom, balok, atau lantai bangunan.

Bingkai-bingkai tersebut merupakan material yang diproduksi oleh pabrik. Nantinya, pekerja konstruksi perlu untuk melakukan finishing usai pemasangan dilakukan. Apabila sudah terpasang dengan baik, baru bagian dinding tirai yang diinstal.

Unitized system

(Archiexpo)

Unitized system memberikan kemudahan yang menarik. Hal ini dikarenakan bagian dinding tirai menjadi satu dengan bingkai penahannya. Jadi, pekerja konstruksi hanya perlu langsung memasangnya saja sesuai dengan modul.

Ladder system

(Archiexpo)

Ladder system memiliki bingkai atau frame yang bentuknya mirip susunan tangga. Setiap bingai dapat disambung satu dengan yang lain. Jika tertarik untuk memasang jenis ini, perlu dilakukan pemesanan kepada pabrik yang melayani pembuatan produk ini.

Langkah perawatan

(Montanstahl)

Umur dari dinding tirai dapat ditaksir sesuai dengan bahan yang digunakan. Namun, jika memilih material yang dapat berusia panjang, masa pakainya kira-kira mencapai 10 sampai 15 tahun.

Perawatan pun tergantung dari material apa yang dipakai. Namun, pada dasarnya dinding tirai tersebut harus dibersihkan secara periodik. Selagi melakukan pembersihan, perlu dicek juga bingai-bingkai dan isian yang terpasang sebagai kesatuan dinding tirai.

Khusus untuk yang menggunakan material aluminium, maka panel tersebut harus dicat. Lakukan pula pelapisan ulang pada lapisan panelnya dengan bahan coating anode.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.