Kamus Istilah Properti

Exhaust Fan

istilah properti

Exhaust Fan

Exhaust fan adalah jenis kipas angin yang dapat menghisap udara dari dalam ruangan dan membuangnya ke luar ruangan. 

Apa Itu Exhaust Fan? 

Banyak cara dilakukan pemilik rumah untuk menjaga agar rumahnya tidak pengap, salah satunya dengan menghadirkan exhaust fan. Jenis kipas elektronik ini memiliki fungsi yang penting untuk menghisap udara dari dalam ruangan dan membuangnya ke luar ruangan.

Alat yang sering disebut blower ruangan ini juga akan membantu mendorong udara yang terkontaminasi dan lembab melalui ventilasi pembuangan keluar dari rumah. 

Selain itu, bau yang tidak diinginkan juga ikut dialirkan keluar atau ke area tertentu.  

Ukuran exhaust fan bervariasi, mulai dari 8 hingga 12 inci. Pins perlu menyesuaikannya dengan ukuran ruangan. 

Pins bisa menempatkan kipas angin ini  di dapur, kamar mandi, atau ruangan yang mudah lembap dan pengap.  

Fungsi Exhaust Fan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fungsi utama exhaust fan adalah untuk membuat penghuni rumah bisa menghirup udara yang segar setiap harinya. Lebih dari itu, ada beberapa manfaat lainnya menghadirkan kipas penghisap udara ini, antara lain: 

Kualitas Udara Meningkat 

Sebagaimana definisinya, jenis kipas angin ini dapat membantu mendorong udara yang terkontaminasi dan lembab sehingga udara di dalam ruangan menjadi lebih bersih. 

Pada area tertentu, blower ruangan ini juga bisa menjadi ventilasi yang memadai. Udara yang kotor dapat diisap dan dibuang keluar. Hal ini pun membuat udara yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas. 

Menjaga Kelembaban Ruangan 

Ketika Pins menggunakan water heater misalnya, maka akan menghasilkan uap air yang bisa mengembun. Embun ini akan menumpuk di langit-langit maupun dinding yang dapat memicu jamur.

Nah, penggunaan blower ruangan di area ini dapat membantu mengurangi kelembapan udara sehingga dapat mencegah pembentukan jamur tersebut.  

Membantu Udara Lebih Dingin 

Menurunkan suhu ruangan dengan cara mengeluarkan uap penyebab panas dari dalam ruangan. Jadi saat dinyalakan, alat ini akan membantu membuat area yang panas karena aktivitas tertentu seperti memasak, dapat lebih dingin.  

Sehingga, penggunaan blower ruangan ini uga akan turut mengurangi konsumsi penggunaan air conditioner (AC).

Rumah dan Penghuninya Jadi Lebih Sehat

Kurangnya aliran udara biasanya menyebabkan masalah seperti jamur, alergi, sakit kepala, dan gangguan pernafasan. Masalah udara kotor juga akan menyebabkan kerusakan pada dinding di furnitur di rumahmu. 

Oleh karena itu, memiliki exhaust fan akan sangat membantu dalam mengatasi masalah tersebut, karena alat ini dapat mendaur ulang udara yang dihirup setiap harinya. Alhasil, penghuni tidak merasa pengap dan dapat menghirup udara segar. 

Cara Kerja Exhaust Fan

Exhaust fan bekerja dengan menyedot udara panas atau lembab dari area kecil yang terlokalisir, memungkinkan udara segar masuk dari tempat lain, seperti dari pintu atau ventilasi untuk menggantikannya. 

Udara hangat yang dikeluarkan menggunakan blower ruangan ini kemudian ditarik melalui sistem ducting dan dikeluarkan ke luar. 

Beberapa kipas elektronik ini dipasangkan sensor yang memungkinkan alat ini dapat bekerja secara otomatis saat merasakan ada uap di dalam ruangan.

Ukuran exhaust fan biasa, mampu bergerak sekitar 2 meter kubik per detik biasanya menyediakan ventilasi yang cukup.  

Efektivitas blower ruangan ini akan sangat bergantung pada ukuran ruangan, dan kecepatan aliran udara yang diperlukan untuk area tersebut. Namun, alat ini hanya benar-benar efektif di ruangan yang lebih kecil.  

Jenis-jenis Exhaust Fan

Penggunaan blower ruangan ini dapat membantu sistem sirkulasi udara melalui jendela. Saat ini tersedia berbagai jenis exhaust fan, masing-masing dengan karakteristiknya sendiri. Berikut beberapa jenisnya: 

Tipe Dinding

Pemasangan jenis blower ruangan ini di dinding ideal untuk Pins yang tak punya banyak waktu untuk merancang dan memasang sendiri kipas ini. Kipas yang dipasang di dinding dipasang ke dinding luar rumah, dan memungkinkan udara di dalam keluar langsung melalui kipas itu sendiri.

Jenis ini bisa dipasang pada ruang makan dan area dapur sehingga Pins tak perlu merasa pengap dan kepanasan meskipun kompor menyala. 

Blower Ruangan yang Dipasang di Plafon 

Jenis ini cocok kalau ruang atas yang membutuhkan aliran udara yang lebih baik. Kipas ini dipasang ke langit-langit ruangan, dan mereka mengeluarkan udara di dalam melalui lubang di langit-langit. 

Namun, agar udara dapat tersalur dengan baik, kipas ini dipasang di langit-langit menggunakan lubang di loteng bangunan.

Exhaust Fan Jendela

Jenis ini bisa dipasangkan pada jendela kaca yang mempunyai ketebalan mulai dari 3-7 mm. Arahkan kipas ini pada area terbuka sehingga udara kotor dapat langsung dibuang ke luar rumah. 

Pins bisa menempatkannya di berbagai area rumah mulai dari kamar, ruang tamu, dan ruang keluarga. Sebelum memasangnya, pastikan untuk meletakkannya berhadapan dengan ruangan yang berukuran lebih besar, ya, Pins! 

Exhaust Fan Eksterior 

Jika Pins enggan mendengar kebisingan dalam ruangan, maka bisa menempatkan jenis blower ruangan eksterior di luar rumah.

Cara kerjanuya mirip dengan kipas yang dipasang di dinding, kipas jenis ini benar-benar mengeluarkan udara di dalam gedung dan mengeluarkannya di luar. 

Cooker Hood

Seperti definisinya, cooker hood ini dipasangkan di atas alat memasak seperti kompor. Alat ini berguna untuk membuang uap, bau, dan asap dari proses memasak. Selain itu, kipas buang ini juga dapat memaksimalkan kinerja exhaust fan pada plafon atau dinding supaya asap kotor lebih cepat disingkirkan.

Mengingat fungsinya itu, tak heran kalau jenis ini memiliki harga yang terbilang mahal merk dan ukurannya.

Inline Exhaust Fan 

Jenis yang terakhir bisa dipasang pada ruangan yang sulit berventilasi seperti kamar mandi atau ruangan yang terisolasi dari luar. Kipas buang ini dipasang di antara saluran, sehingga udara buruk dikeluarkan melalui saluran.

Inline Exhaust Fan memiliki beberapa komponen, yaitu saringan dalam, saringan luar, kipas penyedot, dan pipa. Tujuannya adalah untuk menghisap uap air dan udara kotor dari ruangan yang tidak mempunyai akses ke ruangan terbuka di luar bangunan. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.