Kamus Istilah Properti

Task Lighting

istilah properti

Task Lighting

Task lighting adalah tipe pencahayaan yang terkonsentrasi untuk menerangi area yang kurang mendapatkan cahaya serta biasa dipakai untuk melakukan aktivitas tertentu seperti belajar dan bekerja. 

Apa Itu Task Lighting?

task lighting
(Pinterest)

Task lighting atau lampu tugas dimanfaatkan untuk menerangi area yang kurang mendapatkan cahaya. Seperti yang diketahui pencahayaan yang kurang baik akan membuat mata bekerja terlalu berat sehingga membuat lebih cepat lelah, bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada mata. 

Area yang di mana task lighting ditempatkan akan lebih terang daripada pencahayaan sekitarnya. Jenis lampu tugas ini menjadi solusi agar Pins bisa mendapatkan sumber cahaya yang sesuai dengan area yang paling dibutuhkan. 

Pins menggunakan task lighting untuk membantu aktivitas yang membutuhkan fokus seperti membaca, belajar, bekerja di depan komputer, memasak, maupun merias wajah.  

Banyak orang menempatkan lampu tugas ini di samping tempat tidur untuk bisa memberikan cahaya tambahan. Jika Pins senang membaca sebelum tidur, maka bisa menempatkan lampu meja di sisi tempat tidur. 

Umumnya, task lighting dibuat menggunakan bohlam LED (light-emitting diodes) yang kurang agresif terhadap retina. Pada beberapa produk task lighting yang ada di pasaran, kontrasnya dapat disesuaikan. Kontras berkaitan dengan berbagai faktor termasuk posisi lampu, kekuatan lampu, dan interaksi antara pencahayaan tugas dan pencahayaan sekitar.  

Lampu ini juga bisa diatur posisinya  sesuai dengan kebutuhan dan preferensi seseorang dan bisa dipilih pada beberapa tipe. 

Fungsi Task Lighting

(The Mercury News)

Jika dilihat dari definisinya, lampu tugas ini berfungsi untuk memberikan penerangan di area tertentu yang kurang mendapatkan pencahayaan. Namun untuk lebih jelasnya, fungsi task lighting adalah sebagai berikut: 

  • Memudahkan ketika melakukan aktivitas tertentu yang membutuhkan fokus seperti membaca, bekerja, memasak, dan lain-lain. 
  • Membantu mata tidak cepat lelah sekalipun harus fokus pada satu kegiatan saja.
  • Menciptakan kesan atau suasana pada sebuah ruangan.  
  • Terdapat berbagai model yang bisa dimanfaatkan sebagai elemen estetika untuk membuat ruangan terlihat menarik.   

Jenis Task Lighting Berdasarkan Penempatannya

Jika Pins ingin menempatkan task lighting  dalam rumah, berikut ini beberapa jenis yang bisa dipilih: 

Downlight atau Lampu Sorot di Langit-langit 

task lighting
(Improve Net)

Jenis yang pertama yaitu lampu tugas yang menyorot dari langit-langit ruangan. Biasanya lampu jenis ini ditempatkan di area dapur untuk membantu menerangi kegiatan memasak.  

Untuk mendapatkan sebagian besar cahaya, Pins menginginkan lampu sorot tepat di atas meja dapur. Hal ini akan mengurangi bayangan yang mungkin akan mengganggu kegiatan saat memasak, memotong, dan mencuci.  

Under Cabinet Lighting

task lighting
(Wessel LED Lighting System)

Seperti namanya, jenis task lighting ditempatkan di bawah kabinet. Tipe yang populer dari jenis ini berupa lampu strip yang ditempatkan tepat bawah kabinet. 

Pada dasarnya, lampu di bawah kabinet biasanya memiliki watt yang lebih rendah. Beberapa tipe lampu ini juga memiliki keredupan yang bisa disesuaikan. Pins dapat menurunkan kecerahan di malam hari. 

Home Office Task Lighting 

(Unsplash)

Jenis ini termasuk yang paling populer untuk digunakan di meja kerja baik di kantor maupun di rumah. Lampu tugas jenis ini biasanya berupa lampu meja atau desk light. Selain memberikan cahaya langsung ke ruang kerja, ini juga mengurangi kemungkinan bayangan yang mengganggu dari lampu langit-langit. 

Hal lain yang berguna tentang pencahayaan jenis ini adalah memberikan fokus yang lebih lembut di meja kerja sehingga dapat membantu memberikan fokus ketika bekerja.

Living Room Task Lighting

(Home Stratosphere)

Terkadang lampu utama di ruang tamu terlalu terang untuk seluruh keluarga, sehingga lampu tugas dapat memproyeksikan cahaya ke area yang tepat. Di area ruang tamu, tipe lampu tugas yang biasanya digunakan yaitu bertipe night owl

Namun, lampu ini juga bisa dalam bentuk lampu dinding dan lampu lantai yang sering mengeluarkan cahaya sekitar yang lembut ke dalam ruangan. 

Bedroom Task Lighting

(Homes to Love)

Kegiatan yang berada di area kamar tidur seperti membaca buku sebelum tidur, berpakaian, dan sebagainya bisa memanfaatkan lampu tugas ini. Pins bisa meletakkannya di kedua sisi tempat tidur, dan di atas garis mata saat duduk dalam posisi membaca. 

Selain itu, jika lemari berada di kamar, Pins juga bisa meletakan lampu ini di sana untuk memudahkan ketika berganti pakaian.  

Bathroom Task Lighting 

(Foyr)

Di kamar mandi, Pins juga menempatkan lampu tugas untuk berbagai keperluan, seperti dijadikan sebagai lampu pada cermin atau di atas ruang mandi di dekat shower.

Penempatan lampu ini di kamar mandi dapat membuat mencukur dan merias wajah di pagi hari, atau memudahkan saat mandi. 

Recreation Task Lighting

(Pate’s Pool Service and Supply )

Tipe ini banyak ditemukan untuk menerangi kegiatan yang bersifat rekreasi dan permainan. Jenis ini bisa dipakai untuk kegiatan permainan di area indoor, outdoor, maupun semi outdoor.

Misalnya, lampu di atas meja biliar, lampu di lapangan basket di malam hari, hingga lampu tugas untuk olahraga fitness. 

Berbagai Model Task Lighting yang Bisa Mempercantik Rumah 

Pemilihan lampu ini harus dilakukan secara cermat dan disesuaikan untuk berbagai kebutuhan dan juga letak agar fungsinya bisa maksimal. Yuk, simak model lampu tugas yang bisa digunakan di rumahmu berikut ini:

Model Industrial yang Cocok untuk Para Seniman  

(Pinterest)

Model lampu industrial ini ciri khas desainnya yang nyentrik tetapi estetik. Lampu industrial cocok dipakai pada meja bergaya maskulin atau meja antik. Lampu meja industrial ini juga dapat berfungsi sebagai aksen di studio seniman yang membantu memberikan fokus dalam berkarya. 

Model Antik untuk Ruangan Bergaya Vintage

(GKJ Wonosari)

Dirancang untuk keserbagunaan, lampu dinding antik ini menawarkan cahaya yang cukup yang dapat dengan mudah mencerahkan suasana. Pins bisa menempatkannya di sebelah area duduk atau membaca. 

Selain itu, lampu dinding yang dapat disesuaikan ini terlihat bagus untuk kedua sisi tempat tidur, di atas meja, atau di ruang tamu mana pun yang membutuhkan pencahayaan multi-arah.  

Task Lighting Kairo Ala Abad Pertengahan

(Pinterest)

Terinspirasi oleh desain abad pertengahan, lampu lantai Kairo dapat menerangi ruang apapun seperti di samping sofa atau kursi, bisa juga ditempatkan di lobi kantor untuk solusi pencahayaan yang unik.

Dengan profil ramping, lampu lantai kontemporer ini memberikan detail kuningan untuk daya tarik abad pertengahan. 

Lampu Model Gunting yang Unik

(Pinterest)

Model satu ini sangat cocok untuk diletakkan di kedua sisi tempat tidur atau di samping kursi untuk lampu baca. Lampu ini akan membuatmu terhindar dari silau dan bayangan yang mengganggu. 

Misalnya, sumber cahaya terang di belakang yang hampir pasti akan menciptakan silau yang mengganggu pada layar komputer sehingga menyebabkan mata menjadi tidak nyaman. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.