Kamus Istilah Properti

Superimpose

istilah properti

Superimpose

Superimpose adalah upaya pengecekan desain dengan mengkombinasikan gambar-gambar rancangan yang sudah dibuat.

Apa itu superimpose?

(Pinterest)

Sebelum mengerjakan sebuah proyek, kita perlu untuk melakukan review desain. Terlebih lagi untuk proyek yang struktur bangunannya serta elemen-elemen pendukungnya cenderung kompleks dan memerlukan koordinasi antar disiplin. Maka dari itu, proses superimpose perlu dilakukan.

Superimpose adalah upaya pengecekan desain dengan mengkombinasikan gambar-gambar rancangan yang sudah dibuat. Misalkan, menggabungkan gambar Architecture Civil Structure (ACS) dengan Mechanical Electrical & Plumbing (MEP). Dari gambar kombinasi yang didapat, kita melihat apakah sudah ada kesesuaian antara kedua rancangan tersebut. Jika belum, maka kita perlu melakukan revisi terlebih dahulu.

Tujuan dilakukannya upaya superimpose

(Australian Steel Institute)

Upaya pengkombinasian desain ini dilakukan agar perencana agar mengetahui lebih dini ketidaksesuaian antara rancangan yang satu dengan yang lain. Terlebih lagi jika gambar desain Architecture Civil Structure (ACS) dan Mechanical Electrical & Plumbing (MEP) dibuat oleh pihak yang berbeda.

Agar superimpose lebih mudah untuk dilakukan, biasanya pengerjaan desain dibuat dalam beberapa sesi. Yang menjadi awalan adalah pembuatan gambar desain struktur dan arsitektur. Setelah layout sudah dibuat, maka pengerjaan desain MEP bisa dilaksanakan.

Kasus yang cukup sering terjadi di lapangan adalah ketika desain MEP mulai dibuat, layout dasar arsitektur dan struktur mengalami perubahan. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh permintaan owner yang menginginkan perubahan desain bangunan.

Perubahan pada layout yang belum sempat terkomunikasikan tersebutlah yang kerap kali membuat MEP tidak sesuai dengan ACS. Sebagai solusinya atau verifikasi, biasanya perencana akan melakukan upaya pengkombinasian gambar dengan prinsip superimpose. Dari hasil upaya inilah, kita dapat melihat mana hal-hal yang perlu diubah atau disesuaikan.

Alur sederhana upaya superimpose

(Drone Deploy)

Setelah mengetahui apa dan tujuan dari upaya kombinasi gambar ini, kita akan mempelajari alur dari upaya kombinasi desain gambar struktur yang satu ini. Selengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah.

Mempersiapkan materi-materi untuk dikombinasikan

Untuk melakukan upaya ini, kita perlu mempersiapkan terlebih dahulu materi-materi yang akan dikombinasikan. Gambar struktur dan arsitektur dari sisi vertikal dan horizontal harus kita sediakan. Begitu juga desain-desain pelengkap seperti instalasi listrik, air dan saluran udara pada bangunan. Setelah terkumpul, maka kita dapat mulai mengkombinasikannya

Mengkombinasikan desain-desain

Salah satu aplikasi yang kerap digunakan untuk mengkombinasikan materi-materi superimpose adalah AutoCAD. Secara teknis, materi yang sudah disiapkan dapat diunggah melalui tools external references atau xRef pada AutoCAD. Setelah gambar muncul, proses pengkombinasian dapat langsung dijalankan.

Evaluasi hasil

Setelah mendapatkan hasil dari upaya mengkombinasikan desain struktur dan lain sebagainya, kini saatnya melakukan fase evaluasi. Apabila ditemukan aspek-aspek yang tidak sesuai dari gambar yang dikombinasikan, maka perencana wajib untuk melakukan revisi pada desain yang salah atau memerlukan perbaikan.

Setelah desain sudah terverifikasi, dilakukan pembuatan shop drawing

Setelah desain direvisi dan telah terverifikasi oleh Konsultan Pengawas (MK), maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pembuatan shop drawing. Pembuatan desain shop drawing akan dilakukan oleh konsultan perencana lewat drafter yang mereka pekerjakan.

Apabila sudah selesai, maka hasil dari shop drawing yang dibuat akan didiskusikan oleh kontraktor, konsultan pengawas, dan pemilik bangunan. Jika disetujui, shop drawing tersebut akan diteruskan untuk dicek oleh project engineer, dan seterusnya.

Contoh-contoh permasalahan di lapangan

(Howard Finley)

Pada bagian ini, akan dipaparkan beberapa contoh terkait kasus desain proyek yang bermasalah. Selengkapnya, silakan cek poin-poin di bawah ini.

  • Gambar denah struktur jika dikombinasikan (superimpose) dengan gambar arsitektur memunculkan permasalahan, yakni wastafel yang tidak menempel di dinding.
  • Rasio ukuran tanah yang asli (di lapangan) berbeda dengan rasio ukuran tanah yang dipakai di gambar. Jadi, denah bangunan tidak dapat diaplikasikan di lapangan.
  • Ukuran panjang, lebar dan tinggi dari level tangga atau undak-undakan tidak sesuai antara versi struktur dan arsitekturnya.
  • Ketika digabungkan dengan desain struktur, saluran pipa air pada gambar Mechanical Electrical & Plumbing menabrak struktur utama bangunan.
  • Dan lain-lain.

Solusi agar desain yang dibuat dapat cepat dieksekusi

(YouTube)

Apabila tidak diproses dengan baik, maka desain-desain yang dibuat untuk proyek yang sedang dilakukan akan mengalami keterlambatan dalam pengerjaannya. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh faktor-faktor terkait pengambilan keputusan. Jadi, pihak drafter terkadang sulit mengambil keputusan.

Setelah melakukan kombinasi gambar-gambar desain yang sudah dibuat (superimpose), pihak kontraktor ada baiknya untuk melakukan pengecekan sebelum diserahkan pada konsultan perencana atau pemilik bangunan. Jika ditemukan hal yang tidak wajar dalam desain yang dibuat, ada baiknya pihak kontraktor atau konsultan perencana segera memberikan pertanyaan pada drafter atau pihak perencana.

Akan lebih baik lagi jika pertanyaan yang diajukan disertai dengan usulan terkait seperti apa sebaiknya desain arsitektur dan struktur digambar. Dengan usulan tersebut, maka desain yang dibuat punnya referensi konstruksi yang jelas. Dan dengan begitu, gambar tersebut hanya perlu direvisi dan kemudian melakukan proses pembuatan shop drawing.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.