Kamus Istilah Properti

Plumbing

istilah properti

Plumbing

Plumbing adalah suatu sistem yang dibuat guna membantu distribusi air bersih dan pembuangan air kotor baik untuk rumah maupun gedung.

Apa Itu Plumbing?

plumbing
(Popular Mechanics)

Plumbing berasal dari bahasa Inggris yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah pipa saluran air. Istilah ini juga sering disebut dengan plambing yang artinya yaitu berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan pemasangan, perawatan, dan juga pemeliharaan instalasi saluran air baik di rumah maupun di gedung.

Sistem pemasangan pipa ini merupakan salah satu sistem yang perlu diperhatikan ketika mendirikan bangunan. Plambing akan berpengaruh terhadap ketersediaan air bersih dan juga penyaluran air bekas dan kotor. Sistem ini perlu dipasang dengan baik karena terkait distribusi dan tekanan air serta pembuangan limbah sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar.

Secara singkat, sistem plumbing dibuat untuk memudahkan pengguna bangunan dalam mengakses air bersih sekaligus menciptakan lingkungan yang higienis dan nyaman.

Prinsip Dasar Pemasangan Sistem Plumbing

Instalasi pipa dalam sebuah bangunan tentu harus dipasang dengan cermat dan teliti. Pemasangan alat dan pembuatan saluran yang tidak optimal akan berakibat fatal dan merusak konstruksi bangunan. Berikut ini beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam pemasangan sistem plumbing.

Denah bangunan

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika membuat sistem perpipaan yaitu konsep denah dari sebuah konstruksi bangunan. Denah ini akan sangat berpengaruh terhadap peletakan saluran plumbing. Selain itu, hal ini juga akan membantu dalam pemilihan alat plambing sehingga tidak merusak konstruksi atau mengurangi estetika bangunan.

Perlindungan konstruksi

Pemasangan pipa di sebuah bangunan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pada sebuah konstruksi, peletakan pipa dan peralatan plambing akan menambah beban gedung. Oleh karena itu, pemasangan sistem ini harus direncanakan sedemikian rupa dengan memperhatikan prinsip perlindungan.

Perlindungan pipa

Pipa dan peralatan lain dalam sistem plumbing juga harus diperhatikan perlindungannya. Berbagai peralatan tersebut perlu untuk dilindungi sehingga kondisinya tetap aman dan terbebas dari berkarat atau korosi. Hal ini diperlukan supaya sistem pipa air dapat terus berjalan dengan lancar.

Perencanaan sistem plumbing

Prinsip lain yang harus diperhatikan yaitu perencanaan pemasangan alat-alat yang digunakan. Sistem perpipaan harus bisa mendistribusikan air dengan baik. Selain itu, perencanaan ini perlu untuk bisa memastikan bahwa sistem memiliki tempat pengeluaran yang baik sehingga terbebas dari pipa tersumbat. 

Kegunaan Penerapan Plumbing

(Insight DIY)

Plumbing diperlukan dalam sebuah bangunan karena memiliki berbagai kegunaan. Fungsi-fungsi dari sistem ini yaitu:

  • Memastikan ketersediaan air bersih pada bangunan.
  • Mendistribusikan air bersih ke bagian-bagian yang diinginkan.
  • Menyediakan sistem pembuangan yang aman sehingga tidak muncul pencemaran di dalam bangunan.
  • Memastikan adanya sistem ventilasi untuk menjaga sirkulasi udara di dalam gedung terutama pada area pembuangan.
  • Menyediakan sistem distribusi air hujan.
  • Memiliki fungsi dalam sistem pencegah kebakaran.
  • Meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna gedung atau rumah.

Pembagian Sistem Perpipaan

Plumbing terdiri dari berbagai instalasi sistem. Setiap bangunan tentunya akan memiliki kombinasi instalasi yang berbeda. Secara umum, terdapat 5 sistem instalasi plambing yaitu sebagai berikut.

Instalasi untuk air bersih

Sistem instalasi yang pertama dalam plambing yaitu dibuat untuk air bersih. Instalasi ini memiliki fungsi untuk menyediakan dan menyalurkan air yang bersih atau layak pakai seperti untuk mandi, mencuci, atau memasak.

Instalasi untuk air bekas

Instalasi berikutnya yaitu sistem untuk pengelolaan air bekas pakai. Air yang masuk ke jenis ini yaitu air bekas pemakaian seperti dari wastafel, air mandi, dan lain-lain. Pengaliran air bekas ini akan berbeda tergantung perencanaannya seperti diproses dulu atau langsung dibuang.

Instalasi untuk air kotor

Bagi air kotor seperti dari urinoir, closet, atau minyak bekas, akan menggunakan penanganan khusus dalam sistem instalasi yang berbeda. Air kotor ini harus dibuang sesuai dengan peraturan mengikuti kapasitas. Misalnya yaitu untuk skala rumah, saluran ini bisa diarahkan ke septic tank.

Instalasi untuk ventilasi

Sirkulasi udara dalam bangunan juga penting untuk dibuat ketika membangun sistem plumbing. Sistem ventilasi yang baik akan membantu kelancaran dalam pembuangan air kotor atau air bekas. Tanpa adanya instalasi udara yang baik, sistem plambing akan mengalami masalah seperti keluarnya gelembung pada closet.

Instalasi untuk air hujan

Instalasi khusus untuk penyaluran air hujan juga diperlukan ketika membuat sistem perpipaan. Instalasi ini akan membantu air hujan untuk bisa disalurkan dengan baik sehingga tidak membebani bangunan atau membuat genangan.

Sistem Plambing untuk Gedung Bertingkat

plumbing
(Residence Style)

Pemasangan sistem pipa air untuk gedung bertingkat tentunya lebih rumit. Berdasarkan cara kerjanya, ada beberapa jenis sistem yang biasa digunakan dalam penyaluran air di gedung bertingkat yaitu:

  • Penyambungan secara langsung yaitu menyambungkan saluran pipa utama atau pusar dengan saluran pipa distribusi yang terletak di dalam rumah atau gedung.
  • Menggunakan tangki yaitu penyaluran air dengan menggunakan tangki air yang ada di bagian atas. Air kemudian akan dialirkan ke seluruh gedung dengan memanfaatkan gravitasi.
  • Menggunakan tangki tekan merupakan sistem penyaluran air dengan menggunakan tangki bawah. Air yang telah tertampung akan ditekan dengan pompa ke saluran dalam gedung.
  • Memasang sistem booster pump adalah sistem penyaluran dengan cara menyambungkan langsung pipa utama dengan pompa sehingga air dapat mengalir langsung ke gedung.

Saat mendirikan bangunan, merencanakan sistem plumbing yang baik perlu untuk dilakukan. Sistem ini akan membantu dalam penyaluran air sekaligus pembuangannya. Adanya plambing akan menjaga distribusi air serta lingkungan sekitar. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memastikan sistem pipa air ini ya, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.