Kamus Istilah Properti

Instalasi Listrik

istilah properti

Instalasi Listrik

Instalasi listrik merupakan sistem kelistrikan atau sambungan listrik pada sebuah rumah, gedung atau properti lain. Instalasi ini bertujuan agar listrik di dalam rumah bisa berfungsi dengan baik untuk mendukung aktivitas penghuni rumah.

Mengenal Instalasi Listrik

(Shutterstock)

Instalasi listrik memegang perang yang sangat penting bagi penghuni rumah. Hal ini karena instalasi tersebut akan mendukung aktivitas sehari-hari kita semua. Hampir semua peralatan rumah tangga menggunakan listrik mulai dari lemari pendingin, kompor, rice cooker, pemanas air, televisi dan mesin cuci. Bahkan kamu memerlukan listrik untuk mengisi ulang daya baterai ponsel dan laptop. Instalasi listrik bisa digambarkan sebagai rangkaian atau desain kelistrikan di rumah. Instalasi yang baik akan berfungsi dengan baik dan aman untuk melindungi dari korsleting. 

Keuntungan dari instalasi listrik yang terpasang dengan benar

Sebagai bagian penting dari sebuah rumah, instalasi listrik harus dipasang dengan benar. Hal ini dilakukan agar instalasi listrik bisa memenuhi keperluan dan kebutuhan para pemilik rumah. Berikut ini keuntungan jika instalasi terpasang dengan baik.

Menghindari korsleting 

Bahaya utama dari korsleting adalah terjadinya kebakaran. Hal ini sering kali terjadi pada rumah atau properti yang mempunyai instalasi listrik yang buruk. Kebakaran bisa sangat berbahaya karena dapat meluluhkan rumah hingga menjadi abu. Selain itu kamu pun akan kehilangan aset properti milikmu. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan dan berkonsultasi dengan pakar terpercaya terkait instalasi listrik rumah. 

Kamu akan hidup lebih nyaman

Memiliki instalasi listrik yang benar, akan membuat kamu lebih nyaman saat tinggal di dalam rumah. Kamu tidak perlu mengkhawatirkan apakah instalasi tersebut akan membahayakan rumah atau tidak. Kamu hanya perlu memastikan penggunaan listrik bisa dilakukan dengan baik. Misalnya selalu mencabut kabel peralatan elektronik setelah selesai digunakan dan masih banyak lainnya.

Kamu pun akan merasa aman menggunakan peralatan elektronik 

Jika instalasi di dalam rumah sudah terpasang dengan benar, kamu pun akan merasa aman menggunakan peralatan elektronik. Misalnya, saat kamu akan menyalakan lampu, mesin pompa air, atau alat elektronik lain yang mempunyai daya besar. Untuk memiliki rasa aman ini, pastikan instalasi listrik sudah terpasang dengan benar ya Pins.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat instalasi listrik

(Republika)

Untuk memastikan instalasi di rumah kamu aman dan nyaman pastikan kamu sudah mengetahui hal-hal berikut ini, ya Pins.

Luas rumah dan daya yang digunakan

Pins, untuk memastikan instalasi listrik rumah sudah sesuai dengan kebutuhan, cek daya dan luas rumah kamu ya. Semakin luas rumah, umumnya kebutuhan listrik akan semakin tinggi. Oleh karena itu diperlukan daya yang lebih besar. Daya pada rumah biasanya terdiri dari 900, 1800 atau 2200 Volt Ampere (VA). Nah, ini perlu kamu pahami agar kamu tahu rumah yang kamu tinggali memerlukan berapa besar daya. 

Kualitas kabel dan pipa yang digunakan

Pastikan semua kabel, pipa dan keperluan listrik di rumah telah memenuhi standar. Biasanya standar ini akan ditandai dengan SNI. Kamu bisa melakukan pengecekkan sendiri atau meminta pertolongan ahli kelistrikan. Teknisi listrik bisa membantu kamu untuk memastikan apakah pipa dan kabel yang digunakan telah memenuhi standar yang berlaku.

Peralatan listrik yang kamu gunakan sehari-hari

Selain itu, kamu pun harus mengetahui setiap daya yang dibutuhkan peralatan listrik di rumah. Ini harus kamu sesuaikan dengan kekuatan daya di rumah kamu. Hindari menggunakan peralatan elektornik yang menyerap energi besar. Jika rumah kamu tidak kuat menopang kebutuhan tersebut, hal yang terjadi adalah listrik rumah akan drop. 

Cara merawat instalasi agar tetap aman digunakan

Seperti peralatan elektronik di rumah, kamu pun harus tetap memastikan instalasi listrik di rumah aman. Berikut ini beberapa cara merawat instalasi listrik.

Gunakan peralatan listrik yang berkualitas

Selain memastikan bahwa peralatan listrik yang kamu gunakan mempunyai daya yang sesuai, kamu juga harus memastikan peralatan listrik berkualitas baik. Jangan asal membeli peralatan listrik karena ini bisa berakibat fatal bagi aliran listrik. Pilihlah peralatan dengan merek yang sudah diakui oleh banyak masyarakat dan juga memiliki kualitas terpercaya. 

Selalu matikan peralatan listrik yang selesai digunakan

Hal ini sebenarnya adalah cara umum yang seharusnya sudah diterapkan masyarakat. Mematikan aliran listrik setelah selesai digunakan akan memberikan kamu keuntungan. Pertama, kamu akan menghemat pengeluaran biaya tagihan listrik bulanan. Kedua, kamu pun bisa menjaga instalasi agar tetap aman. 

Jika terjadi korsleting segera laporkan ke pihak PLN

Apabila kamu menemukan korsleting di rumah, segeralah untuk melaporkan ke PLN. Hal ini untuk mengantisipasi agar aliran listrik tetap aman untuk digunakan. Jangan menunda hingga besok, agar pihak PLN pun dapat bergegas dan bersiap. 

Perbaiki atap yang bocor

Atap yang bocor bisa berbahaya bagi isi rumah. Selain bisa menyebabkan genangan, atap bocor bisa memberikan akses air untuk mendekati akses listrik. Hal ini akan sangat berbahaya jika kamu biarkan. Kamu harus segera memperbaiki atap bocor agar air hujan tidak bisa membuat instalasi listrik mengalami kerusakan. 

Pins, instalasi memegang peran penting pada rumah. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan hal ini ya. Jangan sampai mengabaikan instalasi listrik. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.