Kamus Istilah Properti

Altitude

istilah properti

Altitude

Altitude adalah ketinggian suatu objek atau titik dalam kaitannya dengan permukaan laut atau permukaan tanah.

Apa Itu Altitude?

Altitude
(Ridwan Junior96 Blogspot)

Altitude merupakan pengukuran yang paling umum di peta maupun GPS, selain lintang dan bujur. Altitude adalah ketinggian suatu objek atau titik dalam kaitannya dengan permukaan laut atau permukaan tanah yang dinyatakan sebagai ketinggian dari permukaan laut alias dpl.

Posisi altitude atau disebut juga altitudo dan elevasi ini adalah vertikal sehingga menunjukan ketinggian suatu objek dari suatu titik tertentu (datum). Umumnya, datum yang digunakan adalah permukaan laut dan permukaan geoid WGS-84 yang digunakan oleh GPS. Oleh karena itu.

Adapun jenis satuan yang digunakan di seluruh bagian dunia adalah satuan meter, kecuali di Amerika Serikat dan Britania Raya, yang biasa diukur dalam satuan kaki. 

Cara menghitungnya menggunakan alat bernama altimeter. Alat ini sering ditemukan pada kendaraan aeronautika dan olahraga. Saat ini altimeter umum ditemukan ke dalam ponsel maupun perangkat elektronik lainnya.

Altitude sangat penting dalam berbagai jenis ilmu, seperti geografi dan arsitektur. Sebab, tekanan atmosfer turun bersama dengan naiknya ketinggian. Prinsip inilah yang menjadi dasar operasi altimeter tekanan, yaitu barometer aneroid yang dikalibrasi untuk menunjukkan ketinggian dan bukan tekanan. 

Ketika terjadinya penurunan tekanan akibat berada di ketinggian, maka bisa membuat suplai oksigen pada manusia bisa berkurang (hipoksia).  

Perbedaan Altitude dan Latitude

Altitude dan Latitude
(MapScaping)

Sebagian orang menganggap bahwa altitude adalah latitude. Padahal, keduanya memiliki arti yang berbeda. Jika altitude berkaitan dengan ketinggian suatu tempat di atas permukaan laut, latitude mengacu pada garis imajiner ekuator yang membagi dunia menjadi dua belahan. 

Latitude, dikenal juga garis lintang digunakan untuk menentukan lokasi di Bumi terhadap garis khatulistiwa.  

Seperti yang diketahui, di dalam pemetaan, terdapat dua garis lintang, yaitu utara dan selatan yang keduanya diukur dalam derajat, garis khatulistiwa adalah garis lintang nol (0 °) dan kutub utara dan selatan + 90 ° dan -90. ° masing-masing. Nah, inilah latitude.

Manfaat Mengetahui Altitude

(Denver High-Rise Living)

Pengukuran altitudo sangatlah penting pada berbagai ilmu. Terutama geografi, meteorologi, aeronautika, dan arsitektur. Berikut ini beberapa manfaatnya: 

  • Ketinggian suatu tempat dapat menyebabkan kondisi tekanan atmosfer dan suhu bervariasi. Dengan mengetahui altitudo, maka bisa mengetahui konsentrasi oksigen di udara.  
  • Mengukur ketinggian di atas permukaan laut, bisa mengetahui cuaca buruk. Hal ini akan berguna bagi profesi yang memanfaatkan ketinggian, seperti pilot.  
  • Pada ilmu arsitektur, terdapat pembuatan gambar elevasi yang bertujuan untuk mengilustrasikan bangunan atau bagian dari bangunan dari bidang vertikal yang menghadap lurus ke fasad bangunan atau permukaan interior. Seolah-olah Pins berada tepat di depan sebuah bangunan dan memandang lurus ke arahnya.
  • Altitude memiliki pengaruh langsung pada suhu dan tekanan, dan iklim. Sehingga memungkinkan untuk membangun serangkaian lantai termal saat naik ke ketinggian beberapa relief tertentu seperti lantai lift yang mengikuti satu sama lain saat satu naik.

Cara Mengukur Ketinggian Suatu Tempat dengan Altitudo

(National Geographic Society)

Setelah mengetahui manfaatnya, Pins bisa mengetahui berapa DPL suatu tempat dengan perhitungan altitudo. Berikut ini caranya: 

Mengukur Altitude Secara Online 

Saat ini Pins bisa dengan mudah mengetahui ukuran DPL dengan menggunakan situs secara online. Meskipun tidak bisa dikatakan akurat, tetapi cara ini cenderung mudah. 

  • Buka situs http://www.mapcoordinates.net/en
  • Ketikkan nama lokasi yang ingin Pins ketahui berapa DPL-nya. 
  • Arah kursor menuju titik yang lebih pasti dengan cara zoom.
  • Selanjutnya akan tampil beberapa data seperti sea level (altitude), latitude dan longitude-nya. 

Dengan Alat Pengukur Ketinggian dari Permukaan (Altimeter)

Jika ingin mendapatkan ukuran yang lebih akurat, Pins bisa memanfaatkan alat bernama altimeter. Alat ini digunakan untuk mengukur ketinggian atau jarak suatu lokasi di atas permukaan tanah atau laut. 

Altimeter menjadi instrumen navigasi penting bagi pendaki gunung, penerjun payung, dan pilot pesawat, termasuk pesawat ruang angkasa. Melalui alat ini, pilot bisa dengan mudah memantau ketinggian di atas permukaan Bumi.  

Adapun jenis altimeter yang paling umum adalah barometrik yang bisa menentukan ketinggian dengan mengukur tekanan udara. Alat ini dapat dipasang pada panel instrumen pesawat atau dikenakan di pergelangan tangan seseorang.

Saat ketinggian meningkat, maka tekanan udara menurun. Penyebabnya karena densitas udara menjadi lebih rendah (lebih tipis) di ketinggian sehingga memberikan lebih sedikit tekanan pada Bumi di bagian bawah.

Pins bisa melihat pembacaan altimeter yang akan berubah saat ketinggian berubah. Ketinggian juga dapat berubah karena cuaca yang dapat menurunkan tekanan udara ketika terjadi badai.  

Jenis-jenis Altitude

Melansir dari Boldmethod, berikut ini 5 jenis altitude:

Indicated Altitude

Jenis ketinggian dari permukaan laut ini yang paling mudah diketahui. Sebab, indicated altitide hanya menunjukan ketinggian yang bisa dibaca langsung dari altimeter. 

Pressure Altitude

Pressure altitude memerlukan banyak perhitungan yang akan ditemukan di POH karena memerlukan pengetahuan tentang ketinggian tekanan apa yang akan dituju. 

Saat Pins menyetel altimeter ke 29,92, maka akan berada pada ketinggian tekanan standar. Ini adalah ketinggian pesawat di atas bidang datum standar, lokasi teoritis di mana pada 15 derajat Celcius pengaturan altimeter akan sama dengan 29,92 inci air raksa. 

Semua pesawat yang terbang di atas 18.000 kaki MSL diharuskan menyetel altimeternya ke 29,92 inci Hg (di AS), yang berarti bahwa semua pesawat terbang di tingkat penerbangan akan memiliki pengaturan altimeter yang sama.

Density Altitude

Ketinggian densitas adalah ketinggian tekanan yang dikoreksi untuk suhu non-standar. Saat suhu di luar panas, ketinggian kepadatan meningkat yang membuat seseorang terasa seperti terbang di ketinggian yang lebih tinggi.  

True Altitude

Ketinggian sebenarnya adalah jarak vertikal di atas permukaan laut. Banyak dari ketinggian wilayah udara, angka medan, saluran udara, dan rintangan yang akan Pins temukan pada grafik aeronautika dinyatakan dalam ketinggian sebenarnya (MSL) di atas permukaan laut.

Absolute Altitude

Ketinggian mutlak adalah pengukuran jarak di atas tanah. Dinyatakan dalam “feet AGL” (di atas permukaan tanah). Pins juga dapat menemukan banyak rintangan dan klasifikasi wilayah udara yang ada pada kaki di atas tanah. Altimeter radar umumnya memberikan pembacaan hingga 2.500 kaki AGL.

Demikian informasi seputar altitude yang bisa Pinhome sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Pins! 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.