Kamus Istilah Properti

Pipa PPR

istilah properti

Pipa PPR

Pipa PPR adalah produk pipa yang terbuat dari thermoplastik Polypropylene Random yang mampu mengalirkan air bersuhu tinggi dan bertekanan. 

Apa Itu Pipa PPR?

Pipa PPR
(Pipa Plastik)

Ada banyak jenis pipa yang biasa digunakan untuk instalasi bangunan maupun industri, pipa PPR adalah salah satunya. Produk pia yang terbuat dari thermoplastik Polypropylene Random type 3 ini didesain memakai sistem perpipaan lengkap untuk saluran air panas dan dingin bertekanan.

Thermoplastik sendiri merupakan salah satu jenis material plastik yang didaur ulang, dan kelebihan bahan ini adalah lebih tahan terhadap suhu tinggi.

Selain itu, materialnya ini memiliki keunggulan tidak mudah rusak dan ramah lingkungan sehingga sering digunakan untuk berbagai produk berstandar Food Grade, seperti peralatan bayi, tempat makan dan tempat minum yang .mampu menjaga suhu panas lebih lama. 

Sementara untuk produk perpipaan, materialnya sering digunakan sebagai alternatif pengganti pipa metal dengan usia penggunaan mencapai 50 tahun. 

Pipa PPR ditemukan dalam diameter yang bervariasi, mulai dari ½ – 6 inch dengan panjang maksimal 4 meter per batangnya. Di Indonesia, produk ini didominasi warna hijau, tetapi ada sejumlah merk menawarkannya dalam warna putih atau abu-abu.

Jika Pins menggunakan pipa ini sebagai kebutuhan saluran air dingin atau panas bertekanan, biasanya memerlukan serangkaian aksesoris dalam diameter dan bentuk yang bervariasi. 

Baca Juga: Pondasi Strauss Pile

Fungsi Pipa PPR

(Ragam Pipa)

Secara fungsi, pipa PPR bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Yuk, simak beberapa diantaranya:

  • Pipanisasi saluran air panas bertekanan untuk rumah tangga, bangunan gedung, industri, rumah sakit, hingga restoran.
  • Pipa untuk saluran Air Conditioner (AC)
  • Memenuhi kebutuhan irigasi atau agrikultur untuk pertanian.
  • Sebagai saluran udara bertekanan. 
  • Untuk saluran kimia bersifat asam maupun berbagai jenis cairan agresif lainnya.
  • Saluran air minum dan makanan cair.

Kelebihan Pipa PPR

Pipa PPR
(Asialing)

Jika dibandingkan dengan berbagai produk pipa besi maupun berbahan thermoplastik lainnya, pipa PPR cenderung lebih unggul. Hal ini karena kandungan Polypropylene Random yang membuatnya jadi berkualitas. 

Berikut ini beberapa kelebihan pipa Polypropylene Random yang bisa Pins jadikan pertimbangan:

Bobot Ringan

Selanjutnya, pipa satu ini memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan pipa lainnya seperti produk pipa besi. Alhasil, ketika proses pengangkutan, pengiriman, dan penyambungan menjadi lebih mudah tanpa memerlukan tanpa alat bantu angkat.

Menjaga Suhu Aliran Tetap Konstan

Kelebihan yang paling utama dari pipa PPR adalah kemampuannya dalam terhadap suhu tinggi. Pipa ini mampu mengalirkan fluida panas dan menjaga suhu agar tetap konstan.

Bahan bakunya juga aman dan lebih higienis. Jadi, walaupun digunakan sebagai saluran air bersih, maka airnya akan tetap aman.

Tahan Lama

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, masa pakai pipa PPR yaitu mencapai 50 tahun. Thermoplastik memiliki tingkat keretakan rendah sehingga tidak mudah rusak. Apalagi, didukung oleh kelenturan dan kekuatannya yang tidak kalah baik.

Tidak Mudah Korosi

Pipa thermoplastik, termasuk jenis PPR yang digunakan sebagai saluran air bersih adalah bebas korosi. Berbeda dengan pipa besi yang mudah korosi sehingga berdampak pada berkurangnya kualitas fluida (air bersih) sehingga memicu pencemaran lingkungan.  

Ramah Lingkungan

Material thermoplastik pada pipa PPR memiliki karakteristik yang tidak mudah rusak dan mencemari lingkungan. Uniknya, bahan ini juga dapat didaur ulang. 

Artinya, Pins bisa memanfaatkan potongan pipa yang sudah tidak terpakai. Lalu, pipa ini juga tidak memerlukan puluhan tahun untuk terurai. 

Metode Penyambungannya Sempurna

Kemudian dari sistem penyambungannya, pipa PPR juga terbilang sempurna. Pipa satu ini bisa disambung dengan metode pemanasan memakai alat khusus yaitu welding machine. 

Dengan metode ini, maka bagian sambungan akan terpasang dengan sempurna dan tanpa celah.

Tahan Gempa

Walaupun pipa ini terlihat elastis, tetapi kenyataannya pipa PPR tidak mudah patah. Jadi, ketika terjadi gempa maupun risiko benturan, pipa ini akan lebih bertahan.

Tak hanya itu, ketika digunakan sebagai saluran air sanitasi, pipa dengan bahan PPR juga tidak mudah bising.

Mengurangi Potensi Penumpukan Kotoran

Untuk diketahui, permukaan bagian dalam pipa PPR ternyata licin. Hal ini membuat potensi penumpukan kotoran menjadi sangat kecil. 

Artinya, saluran akan terbebas dari penyumbatan yang disebabkan oleh sampah dan kotoran lainnya. 

Jenis Pipa PPR

(Pengadaan Web)

Produk perpipaan di Indonesia, biasanya juga membuat pipa PPR yang mendukung fungsinya.

Untuk mengetahui produk mana yang cocok untukmu, maka Pins bisa harus tahu beberapa jenis pipa PPR sebagaimana melansir dari Pipa Air, berikut ini. 

Pipa PPR PN-10 

Jenis yang pertama berkode PN-10 digunakan untuk saluran air bersih bersuhu normal tanpa tekanan. Biasanya, variasi ini digunakan untuk saluran air di tingkat rumah tangga, mall, restoran, dan fasilitas umum maupun bangunan bertingkat.

Pipa PPR PN-16

Berikutnya jenis pipa yang berfungsi untuk saluran air bersih bersuhu normal dengan tekanan. Biasanya, produk ini juga dapat dipakai untuk saluran air panas tanpa tekanan. Pins bisa memakainya untuk kebutuhan rumah tangga dan perhotelan berskala menengah.

Pipa PPR PN-20 

Terakhir jenis pipa yang cocok untuk saluran air panas bertekanan. Penggunaannya untuk restoran berskala besar, perhotelan dan industri. Dibandingkan jenis pipa lainnya, produk ini memiliki tingkat ketebalan dinding lebih tinggi

Itulah informasi mengenai pipa PPR yang dapat disampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, ya, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.