Kamus Istilah Properti

Varnish

istilah properti

Varnish

Varnish, pernis atau resin adalah cairan yang digunakan untuk melapisi perabot berbahan kayu yang tujuannya memberikan perlindungan dan mempercantik tampilan kayu. 

Mengenal Apa Itu Varnish

(India Mart)

Kata varnish berasal dari bahasa latin yaitu “vernix” dan mempunyai arti resin atau berbau. Pernis sudah ada sejak dulu dan telah banyak digunakan di negara-negara lain seperti China, Korea, India, Mesir dan Jepang. Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan efek glowy pada furnitur berbahan dasar kayu. Di masa kini, varnish sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat dunia dan bahkan orang Indonesia. Semua perabot rumah berbahan dasar kayu dilapisi oleh pernis dengan tujuan untuk perlindungan. Apabila kamu pergi membeli meja, kursi, lemari atau pintu kayu maka kamu akan melihat benda-benda tersebut telah dilapisi pernis. Hal ini sudah umum dilakukan oleh para pebisnis furnitur. 

Fungsi dari Varnish

varnish
(Savoy Timber)

Mungkin fungsi utama dari varnish sudah kamu ketahui ya Pins, yaitu untuk proteksi. Namun proteksi seperti apa yang dimaksud? Mari kita pahami penjelasannya berikut ini.

Proteksi dari pelapukan

Hal pertama yang menjadi fungsi pernis adalah mencegah kualitas kayu tersebut. Kita tahu bahwa suhu di area sekitar kita sifatnya dinamis dan berubah-ubah. Hari ini bisa sangat panas sekali dan besok bisa jadi dingin. Perubahan suhu tersebut tentu akan memberikan dampak pada furnitur kayu yang kamu miliki. Respon dari perubahan suhu tersebut biasanya akan berupa pelapukan kayu. Ketika ini terjadi maka kualitas kayu akan menurun. Untuk memberikan perlindungan ekstra bagi kualitas kayu, biasanya penggunaan cat dan pernis adalah opsi terbaik. Jadi, furnitur berbahan kayu pun akan lebih awet.

Melindungi tangan anak kecil dan orang dewasa

Seperti yang kita ketahui bahwa permukaan pintu, lemari atau meja kayu bisa saja bersifat kasar. Sering kali kita menemukan serpihan kayu yang berukuran kecil dan tajam. Jika tidak berhati-hati ini bisa menusuk bagian jari dan melukai permukaan jari. Untuk memastikan pintu serta perabot kayu lain aman untuk dipegang, maka aktivitas pernis wajib dilakukan sebagai bagian dari perlindungan. Pastikan pengaplikasian pernis ini dilakukan secara merata, apalagi di bagian-bagian yang sering disentuh oleh penghuni rumah.

Memberikan efek keindahan

Selain untuk melindungi, pernis juga dilakukan sebagai aktivitas untuk mempercantik perabot berbahan dasar kayu. Jika kamu perhatikan, furnitur kayu yang belum melalui proses pengecatan dan pernis akan terlihat kusam. Namun, setelah dua proses tadi dilakukan maka semua furnitur kayu akan terlihat lebih cantik dan menarik. Kamu pun akan  merasa nyaman untuk melihat peralatan rumah berbahan dasar kayu tersebut secara berulang-ulang.

Jenis-jenis Varnish 

varnish
(Cipta Kreasi)

Varnish mempunyai dua jenis yang sering digunakan pada furnitur rumah tangga. Pertama ada varnish solvent based dan varnish water based. Mari kita simak apa perbedaan kedua jenis varnish tersebut.

Bahan baku

Pertama, ada perbedaan bahan baku antara kedua jenis varnish ini Pins. Untuk solvent based, bahan yang digunakan adalah perpaduan antara drying oil, resin, thinner atau solvent. Sementara untuk bahan water based menggunakan air sebagai bahan pelarut utama.

Kualitas kedua varnish 

Untuk kualitas, baik solvent based dan water based mempunyai keunggulan dan kualitas yang sama. Keduanya mampu melindungi bahan furnitur kayu agar tetap awet dan memberikan efek glossy atau glowy. Pada water based, tidak akan menimbulkan gelembung pada saat pernis telah kering. Hal ini karena bahan pelarut yang digunakan adalah air sehingga membuatnya lebih merata. 

Lama waktu untuk kering

Untuk pernis water based bisa lebih cepat kering yaitu hanya memerlukan 20-30 menit saja. Sementara untuk bahan solvent karena lebih banyak kandungan larutannya maka proses pengeringannya juga akan lebih lama. Kandungan pernis jenis solvent based mungkin akan lebih menyengat. Hal ini lantaran salah satu kandungannya adalah thinner. 

Tips Menggunakan Varnish

varnish
(Water Base Coating)

Seperti pada saat mengaplikasikan cat, proses mengaplikasikan pernish pun harus memahami tips penggunaannya. Pins, sebelum kamu mengaplikasikan pernis ke furnitur kayu milikmu, pastikan kamu memahami beberapa hal berikut. Berikut ini yang perlu kamu pahami Pins.

Pastikan perabot bersih dari debu

Sebelum kamu mengaplikasikan pernis ke furnitur pastikan perabot kayu sudah dicat ya Pins. Selain itu pastikan cat sudah kering. Nah, langkah selanjutnya adalah usap atau lap permukaan furnitur dengan lap basah. Tujuannya agar menghilangkan debu-debu yang menempel pada sisi-sisi meja, kursi atau lemari kayu. Apabila masih ada debu yang menempel di permukaan perabot, dan kamu langsung menimpanya dengan pernis, maka ini bisa memberikan hasil yang tidak optimal saat pernis kering. 

Aplikasikan di luar rumah

Pins, sebaiknya kamu mengaplikasikan pernis di luar rumah ya. Jangan sekali-kali mengaplikasikan varnish di dalam rumah. Tujuannya untuk menghindari semerbak bau menyengat pernis yang bisa sangat mengganggu isi rumah. Jika perabot mempunyai beban yang besar dan sulit untuk memindahkannya, mungkin kamu bisa menggunakan blower agar residu bau bisa langsung menghilang dari ruangan.

Biarkan kering sebelum digunakan

Sebelum akhirnya kamu menggunakan furnitur tersebut, pastikan pernis sudah kering dahulu ya Pins. Seperti yang kita tahu bahwa pernis ini mengandung zat kimia yang berbahaya. Ketika masih basah, khawatirnya akan menempel ke peralatan rumah seperti piring, sendok dan lain-lain. Untuk mengantisipasi hal ini, pastikan pernis kering dulu ya Pins, sehingga tidak bisa membahayakan kamu dan penghuni rumah lain. 

Itu saja informasi mengenai varnish. Semoga bermanfaat ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.