Kamus Istilah Properti

Kubah

istilah properti

Kubah

Kubah adalah elemen arsitektur berbentuk setengah lingkaran dan biasanya menjadi ornamen di bagian paling tinggi sebuah bangunan. Kubah bisa kamu temukan pada masjid, bangunan bersejarah, bahkan rumah.

Sejarah dan pengertian 

Kubah merupakan arsitektur yang tidak berasal dari budaya asli Islam. Arsitektur ini diadopsi dari kebudayaan Eropa Timur dan Roma pada 27 M. Awalnya kubah sering ditemukan di Eropa Timur yang digunakan sebagai corak arsitektur yang ditemukan di bangunan gereja dan di lapangan merah Rusia. Asimilasi kebudayaan ini terjadi sejak lama dan menjadikan kubah salah satu karakter bangunan masjid sampai saat ini.

Fungsi Kubah

Bentuk kubah yang seperti setengah lingkaran membuatnya tampak elegan jika diletakkan di atas sebuah bangunan. Ternyata bentuk kubah yang seperti itu mempunyai berbagai fungsi yang bermanfaat. Berikut ini fungsi kubah yang perlu kamu tahu,

Efektif memantulkan suara imam

Pins, tahu tidak ternyata salah satu fungsi kubah adalah membuat suara imam memantul. Dalam kondisi ini, saat seseorang menjadi imam salat maka ia tidak perlu lagi menggunakan microphone atau sound system. Hal ini bisa kamu rasakan saat sedang salat berjamaah dan tiba-tiba mati lampu, namun suara imam masih bisa terdengar. 

Sebagai penanda sebuah masjid

Setiap bangunan untuk ibadah mempunyai ciri khas masing-masing. Hal ini bisa kamu lihat pada gereja yang dilengkapi dengan lonceng, kuil atau vihara dengan ornamen khususnya, pura dengan cirinya sendiri, serta masjid yang dicirikan dengan adanya menara atau kubah. Hal ini akan sangat berguna apabila kamu sedang bepergian ke luar negeri, karena dengan adanya kubah kamu bisa langsung mengenali bangunan masjid.

Tempat untuk sirkulasi udara

Selain dua fungsi di atas, kubah pun mempunyai fungsi sebagai tempat sirkulasi udara. Area cekungan pada bagian dalam kubah memberikan ruang agar panas matahari tidak langsung merambat ke dalam masjid. Selain itu dengan adanya kubah akan memungkinkan aliran udara berjalan dengan lancar.

Jenis-jenis bahan material Kubah

(Trikpos)

Pins, tahukah kamu bahwa ternyata kubah mempunyai beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan material. Nah berikut ini beberapa jenis-jenis material kubah yang sering kita temukan di Indonesia.

Kubah stainless

Kubah stainless sering kita temui di musala atau masjid kecil. Kubah stainless bisa menjadi alternatif yang digunakan apabila budget yang tersedia minim. Pemasangan kubah stainless cukup mudah karena tidak memerlukan proses pembuatan. Selain itu keunggulan kubah ini anti karat dan bisa memudahkan orang saat mencari masjid. Alasannya karena bahan stainless akan memantulkan cahaya sehingga siapa saja akan langsung mengenali bangunan tersebut sebagai tempat ibadah.

Kubah galvalum

Kubah  galvalum mempunyai daya tahan yang kuat untuk menghalau panas. Selain itu kubah galvalum merupakan kubah antikarat yang bersifat ringan. Kubah ini bisa menjadi alternatif dari kubah beton. Kubah dengan bahan galvalum pun mempunyai daya rekat yang kuat sehingga tidak akan mudah rusak.

Kubah beton

Kubah beton mempunyai karakter yang kokoh dan kuat. Kubah dengan bahan beton akan sering kamu jumpai di masjid-masjid berukuran besar. Beton mempunyai sifat yang kuat sehingga awet dan tahan lama. Namun, sayangnya bahan ini cukup mahal dan proses pembuatan kubah dengan beton bisa memakan waktu yang lama. 

Kubah enamel

Kubah jenis enamel mempunyai keunggulan seperti bahan yang kokoh. Walau bahannya berat, namun sebenarnya kubah ini ringan. Kubah bahan enamel mempunyai kualitas ketajaman warna yang menarik sehingga akan membuat visualnya menjadi lebih apik saat dipasang di atas masjid.

Struktur Kubah

Setelah kamu memahami jenis-jenis material kubah, ini waktu yang pas untuk memahami bagian-bagian dari kubah. 

(Kubah Migunani)

Pada kubah masjid terdapat beberapa bagian. Setiap bagian mempunyai fungsi masing-masing yang mampu melindungi bagian atas masjid.

Di atas kubah biasanya terdapat Makara stainless steel dengan lambang Allah atau bulan dan bintang.

Selanjutnya terdapat panel kubah dengan bahan enamel atau galvalum.

Kemudian, terdapat rangka utama, rangka pipa dan rangka hollow yang berfungsi sebagai kerangka pembentuk kubah masjid.

Lalu ada membran aspal yang membentuk dinding-dinding pada bagian kubah.

Bangunan dengan Kubah selain Masjid

Walau masjid atau musala mempunyai kubah yang menjadi ciri sebagai tempat ibadah umat Islam, ternyata kubah juga banyak diadaptasi pada bangunan lain. Namun, yang membedakan adalah bentuk serta desain dari kubah tersebut. Berikut ini beberapa bangunan dengan kubah selain masjid yang bisa kamu temui,

Rumah anti gempa

(Suara.com)

Konsep rumah anti gempa ini bisa menjadi salah satu bangunan unik sekaligus aman. Mengadaptasi konsep kubah, rumah dome teletubbies yang bisa kamu jumpai di Sleman ini cukup aman dihuni. Pasalnya dengan bentuk atap yang menyerupai dome akan menjaga rumah stabil.

Taj mahal

Kubah
(CNN Indonesia)

Taj mahal merupakan bangunan megah yang ada di India. Bangunan ini sempat masuk ke 7 keajaiban dunia. Namun ini bukanlah perwujudan sebuah masjid, melainkan sebuah makam Mumtaz Mahal, isteri dari kaisar Mughal, Shah Janan.

Osaka Maritime Museum

Kubah
(Wikipedia)

Selain itu, ada juga Osaka Maritime Museum yang merupakan museum maritim di Osaka Jepang. Bentuknya yang bulat seperti kubah ini memberikan keunikan tersendiri saat kamu lewati.

360 Dome 

Kubah
(PiknikDong)

Ada juga 360 dome yang berada di Yogyakarta.  Bangunan ini menyerupai kubah besar yang mirip dengan dome. Bangunan ini pun mengadaptasi dari konsep struktur sebuah kubah masjid.

Nah itu saja informasi mengenai kubah. Semoga bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru untuk kamu!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.