Kamus Istilah Properti

Bay Window

istilah properti

Bay Window

Bay window adalah tipe jendela yang konstruksinya menjorok keluar sehingga pada bagian dalamnya membentuk area cekung menyerupai teluk.

Apa Itu Bay Window? 

bay window
(Green Match)

Sama seperti makna asli bay yaitu perairan yang menjorok ke daratan, bay window adalah tipe jendela yang konstruksinya menjorok keluar. Bentuknya yang tidak segaris dengan dinding utama bangunan, akan membentuk area cekung di bagian dalam jendela sehingga tampak menyerupai teluk.  

Jendela cekung ini terinspirasi dari desain gaya Victorian yang populer sejak tahun 1870-an terutama di Eropa dan Amerika. Penciptaan jendela ini dibuat karena kegemaran orang-orang yang senang duduk di dekat jendela menikmati pemandangan. Penerapan bay window lebih disukai karena penghuni rumah dapat lebih leluasa melihat pemandangan di luar rumah dari berbagai sudut. 

Bentuk jendela bervariasi, mulai dari setengah lingkaran, hexagon, dan persegi. Pilihan bentuk ini akan menciptakan kesan terbuka dan ruang pandang yang lebih luas dari dalam. 

Pembuatan jendela cekung ini menggunakan sistem struktur kantilever yang harus satu kesatuan dengan struktur ruang di dalamnya. Selain itu, ketika mengaplikasikan jendela ini memerlukan tambahan konstruksi sebagai penyangga jendela yang umumnya terbuat dari kayu maupun beton. 

Penghuni rumah bisa mengaplikasikannya di manapun di dalam rumah, seperti kamar, ruang tamu, area bersantai, hingga kamar mandi. Pins bisa membuat area yang menjorok di bagian dalam jendela menjadi sebuah tempat santai dengan menambahkan sofa, atau sekadar tempat menyimpan pajangan. 

Tipe-tipe Bay Window

Sejak awal kemunculan, jenis bay window tidak banyak mengalami perubahan. Ada empat tipe jendela teluk yang umum ditemukan di seluruh dunia, antara lain: 

Canted Bay Windows

Canted Bay Window
(Anglian Home Improvement)

Tipe satu ini memiliki ciri khas ceruk miring berbentuk klasik. Pada bagian depan jendela ini berbentuk datar dengan sisi miring. Selain itu, biasanya canted bay windows ditemukan di tingkat pertama rumah dan bangunan.

Box Bay Windows

Box Bay Windows
(House Plans)

Jendela box bay secara struktural sama dengan jendela miring. Perbedaannya adalah jendela mengapit di samping bertemu dengan jendela depan dengan sudut 90 derajat. Penciptaan sudut ini membuatnya memiliki bentuk kotak.

Oriel Windows

oriel windows
(Wikipedia)

Tipe ini memiliki merupakan jendela rongga tertua yang pertama kali dipopulerkan di rumah-rumah mewah selama Renaisans Inggris. Oriel windows dibangun di sisi rumah, tidak pernah menyentuh tanah, sehingga dapat ditemukan di setiap lantai rumah atau bangunan.

Untuk memberikan dukungan struktural ke jendela oriel, biasanya ada braket dekoratif atau corbel dari kayu, batu, atau pasangan bata di bawah jendela.

Circle Bay Windows

Circle Bay Windows
(Evolution Windoews)

Jendela berbentuk lingkaran ini kurang umum tetapi memiliki karakteristik unik. Tipe bay windows ini memiliki oleh panel kaca yang lebih besar di tiga sisi teluk dan panel tambahan di atas jendela. Jendela lingkaran ini biasanya menampilkan cetakan paling rumit dan detail ornamen dari semua jenis jendela rongga.

Kelebihan Bay Windows 

(Impresive Interior Design)

Bentuk bay windows yang menjorok ke luar, dapat difungsikan sebagai ruang tambahan seperti ruang bersantai atau tempat menyimpan koleksimu tersembunyi (hidden storage). Selain itu, ada beberapa keunggulan bay windows jika diaplikasikan di dalam rumah. Apa saja? 

Menampilkan Pemandangan Lebih Luas

Dilihat dari bentuknya, bay windows mampu memenuhi seluruh fungsi utama jendela, yaitu menjadi tempat masuknya cahaya, jalur sirkulasi udara, dan bisa menikmati pemandangan di luar rumah. 

Bahkan, sudut pandanganya yang lebih lebar, memungkinkan penghuni rumah dapat menikmati pemandangan yang lebih luas dan leluasa dibandingkan jenis jendela lainnya. 

Menciptakan Kesan Luas 

Jika Pins ingin memberikan kesan ruangan lebih lega, maka bay windows sangatlah cocok diaplikasikan di ruangan yang diinginkan. Sebab, jendela cekung ini memiliki akan memberikan kesan luas di dalam ruangan.

Tak hanya itu, area dalam jendela juga dapat diubah menjadi ruang sehingga secara tak langsung dapat memberikan efek ruangan menjadi lebih besar.

Ruangan Lebih Terang

Bentuknya yang lebih besar dan lebar, dapat membawa cahaya alami dari sinar matahari dapat lebih banyak masuk ke dalam rumah. Hal ini akan membuat ruangan lebih terang sekalipun tanpa lampu yang menyala. 

Jika Pins menggunakan jendela ini, secara tak langsung dapat lebih menghemat penggunaan listrik yang berasal dari lampu.

Elemen Dekorasi yang Menawan

Kelebihan terakhir dari bay window adalah dapat dijadikan sebagai ruang sudut yang estetik dan menawan. Tidak hanya diterapkan pada arsitektur Victorian, bay windows juga bisa diterapkan pada tema arsitektur. 

Agar semakin memenuhi fungsinya sebagai elemen dekorasi, Pins harus memperhatikan harmoni jendela, dari sisi bentuk dan warna agar selaras dengan seluruh desain bangunan.

Tips Mengaplikasikan Bay Window

bay window
(Pinterest)

Jenis jendela ini memang bisa menjadi solusi bagi Pins yang ingin menciptakan ruangan yang menawan, lebih terang, dan sirkulasi udara yang lebih baik. Meski begitu, bentuk bay window yang menjorok menjadikan debu dan kotoran lebih sering menempel. Hal ini membuat jendela jenis ini membutuhkan perawatan ekstra yang lebih cermat.

Maka dari itu, ada beberapa tips yang harus diperhatikan kalau ingin mengaplikasikan bay windows, yaitu:

  • Rencanakan desain bay windows sejak awal sebelum dibuat mengingat bentuknya yang lebih rumit.
  • Tak ada ketentuan khusus dari jenis kaca yang akan digunakan. Hanya saja, yang perlu diperhatikan dalam pembuatan struktur konstruksinya. 
  • Letakkan jendela di area yang memiliki pemandangan luar terlihat paling menarik dan luas. Pins juga bisa meletakkannya di bagian yang terlihat seimbang.  
  • Perhatikan posisi jendela terhadap ruang. Posisi sangat dipengaruhi oleh view keluar, arah masuknya matahari, dan layout rumah. 
  • Jika ingin meletakan barang di sudut dalam bay window, sebaiknya pilih bahan yang tidak mudah pudar karena akan terpapar sinar matahari sepanjang hari. 
  • Tambah tirai untuk menghindari sinar matahari langsung yang akan membuat silau seluruh ruangan.  
  • Hindari menempatkan jendela ini di bagian yang membutuhkan pribasi lebih banyak seperti kamar tidur dan kamar mandi. 
  • Untuk menjaga keamanannya, pasang teralis. 

Inspirasi Bay Window untuk Rumah Modern

Tertarik mengaplikasikan bay windows di dalam rumahmu, Pins? Tak perlu khawatir, sebab ada banyak cara yang untuk menerapkan jendela satu ini. Selain sebagai tempat memajang berbagai koleksimu, berikut ini inspirasi menerapkan bay window di dalam rumah:

Sudut Baca yang Tenang

(New Castle Design)

Kalau Pins memiliki koleksi buku yang banyak dan gemar membaca, maka tak ada salahnya menjadikan sudut jendela teluk sebagai ruang membaca. Manfaatkan ruang di sekitar jendela ceruk dan ubah menjadi sudut baca yang tenang. 

Gunakan dinding yang bersebelahan untuk membuat rak buku. Biar semakin nyaman, lengkapi ruang baca ini dengan bantal mungil. 

Ruang Makan yang Elegan

(Houzz)

Kalau ukuran bay window cukup besar, Pins bisa menjadikannya sebagai ruang makan. Caranya cukup mudah, Pins bisa menempatkan meja dan kursi makan pada bagian lengkung jendela. 

Tak perlu besar, desain yang simpel pun bisa menciptakan ruang makan yang elegan. Pins dapat menggunakan ini sebagai tempat keluarga dapat dengan makan dan saling berkomunikasi selama waktu makan. 

Area Bermain Anak yang Menyenangkan

(Decorpad)

Biarkan anak-anak merasakan keindahan alam, kicau burung, dan aroma segar udara pagi langsung melalui sudut jendela. Pada bagian bawahnya, tempatkan area tempat duduk sekaligus menjadi area penyimpanan yang luas untuk menyimpan mainan dan buku-buku anak.

Ubah area di sekitar bay window menjadi area tempat duduk di mana Pins dapat melihat si Kecil bermain sembari melihat pemandangan di luar. Menyenangkan, bukan?

Tempatkan Bay Windows di Dapur

(Home Design Lover)

Inspirasi berikutnya untuk menerapkan bay window adalah menempatkannya di area dapur. Untuk menempatkan bay windows di dapur kecil, Pins dapat menambahkan fungsionalitas dengan memasang wastafel di bawahnya. 

Ruang Bekerja yang Nyaman

(Pinterest)

Buat sudut ruangan dengan memanfaatkan cekungan bay windows sebagai tempat bekerja yang lebih tenang. Pins dapat mengubah bay windows menjadi ruangan kerja dengan memasang meja dan rak. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.