Kamus Istilah Properti

Rumah Kopel

istilah properti

Rumah Kopel

Rumah bertipe kopel adalah rumah yang dibangun dalam satu bangunan namun terdiri dari dua rumah sekaligus. Jadi, sebenarnya rumah ini memiliki satu konsep desain dengan atap yang sama, hanya saja dibedakan oleh satu lapisan dinding. 

Mengenal Apa Itu Rumah Kopel

(Pinterest)

Rumah adalah kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Rumah menjadi tempat berlindung dari hujan dan teriknya cuaca serta tempat pulang setelah lelah menjalani aktivitas sehari-hari. Kebutuhan rumah yang semakin tinggi membuat banyak pengembang memunculkan inovasi-inovasi baru yang mempermudah orang untuk memiliki rumah dengan harga yang murah. Salah satu rumah yang cukup populer karena harganya yang ekonomis adalah rumah kopel. 

Ya, rumah yang satu ini memang telah banyak dibangun termasuk di Indonesia. Bahkan rumah ini telah menjadi ladang bisnis bagi banyak pengembang. Tidak seperti rumah-rumah pada umumnya, hunian kopel cenderung lebih murah dibandingkan jenis hunian lainnya. Tak heran banyak sekali orang yang tertarik dengan hunian yang satu ini karena mempertimbangkan harganya yang murah.

Bagi Pins yang belum memahami apa itu rumah tipe kopel, tips merenovasinya serta keuntungan dan kekurangan dari rumah yang satu ini, yuk simak penjelasannya pada ulasan di bawah ini.

Rumah yang satu ini cukup populer dan telah banyak digunakan di Indonesia. Bukan barang baru, gaya bangunan kopel adalah salah satu bangunan peninggalan BelPins yang berada di sekitar perkebunan teh di daerah Garut, Jawa Barat. Karena bangunannya yang menyatu, bangunan kopel ini biasanya dihuni oleh beberapa keluarga sekaligus.

Hunian kopel bisa menjadi salah satu pilihan Pins yang ingin membeli rumah namun memiliki budget minim, karena rumah ini dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan rumah-rumah jenis lainnya. 

Meski murah, kini hunian kopel telah dikembangkan dengan bentuk dan desain yang cukup modern sehingga dapat memuaskan para penghuninya. Bahkan bangunannya saat ini tidak hanya tersedia dalam bentuk rumah satu lantai saja, melainkan juga tersedia dalam bentuk rumah tingkat dua lantai.

Catatan Sebelum Membeli Rumah Kopel

(Pinterest)

Meski memiliki keuntungan seperti harga yang lebih murah, rumah jenis ini memiliki beberapa kelemahan yang harus menjadi pertimbangan Pins sebelum membeli jenis rumah yang satu ini.

Luas Terbatas

Kelemahan yang pertama adalah luas rumah yang terbatas, sehingga ruangan dalam rumah ini pun tidak begitu banyak. Kalau Pins merupakan pasangan yang baru menikah, mungkin rumah ini cocok untuk kamu. Namun, jika Pins memiliki anggota keluarga yang cukup banyak, tentu perlu mempertimbangkan hal ini sebelum membeli hunian kopel.

Rumah Terasa Panas dan Pengap

Rumah ini memiliki luas yang tidak terlalu besar, tentunya hal ini juga akan berpengaruh terhadap kualitas udara di dalam rumah. Kelemahan lain yang sering menjadi permasalahan rumah jenis kopel adalah rumah terasa lebih panas dan pengap. 

Bagaimana sih mengatasinya? Penting bagi Pins untuk memikirkan ventilasi udara sebelum membeli rumah ini, agar sirkulasi udara dalam rumah berjalan dengan baik dan sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah dengan lebih mudah. 

Akibat sinar matahari yang tidak cukup masuk ke dalam rumah, tak jarang rumah jenis ini akan lebih mudah terasa lembab. Solusinya adalah dengan memilih bangunan yang memiliki jendela besar, langit-langit yang lumayan tinggi, dan ventilasi yang berjalan dengan baik.

Rumah Sulit Direnovasi

Kelemahan selanjutnya yang terdapat dari rumah ini adalah bangunan kopel sulit untuk direnovasi. Hal ini karena rumah yang menyatu dengan tembok rumah lain. Sehingga Pins akan mengalami kesulitan jika ingin merenovasi rumah secara keseluruhan. Namun, jangan khawatir! Dibawah ini Pinhome akan memberikan tips renovasi rumah yang satu ini.

4 Tips Renovasi Rumah Kopel Agar Lebih Awet

(Pinterest)

Tembok satu rumah yang menyatu dengan rumah lain pada hunian kopel memang akan menyulitkan Pins dalam merenovasi rumah. Namun, terdapat beberapa tips yang dapat mempermudah Pins dalam merenovasi bangunan kopel. Berikut beberapa tips tersebut :

  • Rancang renovasi rumah sebaik mungkin dan diskusikan dengan tetangga sebelah rumah agar saat renovasi terjadi tidak menjadi perdebatan antara Pins dan tetangga.
  • Jika Pins ingin merenovasi bagian atap, pilihlah bentuk atap yang sesuai untuk dua rumah sekaligus. Usahakan memberi jarak yang cukup antara genteng dan plafon untuk membuat kualitas cahaya dan udara di dalam rumah menjadi lebih baik. Memberi jarak yang cukup antara genteng dan plafon juga akan membuat kualitas udara di dalam rumah lebih baik.
  • Jangan habiskan lahan sisa sekaligus, karena dengan menghabiskan lahan tentu akan membuat rumah menjadi sangat sempit.
  • Saat merenovasi rumah, rancanglah rumah dengan banyak jendela dan ventilasi udara agar sirkulasi udara berjalan dengan baik dan kualitas udara di dalam rumah menjadi lebih baik.

Itulah beberapa informasi mengenai apa itu hunian kopel, keuntungan serta kelemahan yang dimiliki dari rumah ini. Sebelum Pins membeli rumah tipe kopel, pastikan bahwa bangunan kopel yang ingin Pins beli memiliki ventilasi udara yang cukup serta sesuai dengan kebutuhan Pins dan keluarga. Hal ini agar rumah Anda memiliki kualitas sirkulasi udara yang baik.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome — PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen Velishya

Editor: Iko