Kamus Istilah Properti

Kantilever

istilah properti

Kantilever

Kantilever adalah elemen struktur bangunan berupa pelat atau balok yang menonjol dan melekat hanya pada satu ujungnya.

Apa Itu Kantilever? 

karnilever
(Logan Gate)

Pembuatan struktur kantilever menjadi cara yang unik dan menarik dalam menciptakan bangunan yang terkesan dramatis. Kantilever (cantilever) adalah elemen struktur bangunan berupa pelat atau balok yang menonjol dan melekat hanya pada satu ujungnya.

Struktur cantilever yang kaku dibangun dengan menggunakan pelat slab atau truss yang memungkinkan rumah tampak menentang gravitasi. Ciri kantilever adalah bentuk fisik strukturnya sengaja dibuat menonjol dan keluar dari bangunan utama yang dengan dukungan penyangga hanya pada satu sisi saja. 

Dengan penerapan desain ini, maka bagian bangunan akan tampak menggantung dan melayang tanpa tiang penyangga atau penguat eksternal sehingga dapat memberikan ruangan kosong pada bagian bawah.

Metode ini telah dipakai sejak lama oleh para tukang kayu di Tiongkok untuk membuat konstruksi atap berbagai jenis bangunan mulai dari ruang rapat, aula, dan pengadilan. Sebelumnya, metode ini banyak diterapkan untuk menciptakan struktur jembatan. Tetapi di tengah perkembangan dunia arsitektur, cantilever juga bisa digunakan pada banguanan tempat tinggal.  

Dalam menciptakan desain cantilever, diperlukan penguasaan teknis dan perhitungan mekanika yang akurat sehingga kualitas bangunan bisa kokoh, tidak ambruk, dan kuat dalam menghadapi berbagai kondisi.  

Kelebihan Desain Kantilever

(fallingwater house – Frank Llyod Wright Foundation)

Tak hanya menarik dari sisi tampilan, rumah dengan memakai struktur kantilever memiliki beberapa keuntungan, antara lain: 

Multifungsi 

Keuntungan struktur kantilever adalah bisa dipakai sesuai kebutuhan. Misalnya, dipakai sebagai pengganti kanopi dan dapat melindungi kendaraan Pins pada area carport.

Tak hanya sebagai pengganti kanopi, Pins juga bisa menggunakan akses pintu masuk di bagian bawah sebagai area taman cantik. Menarik, bukan?

Memaksimalkan Ruang di Interior 

Selain untuk area fasad dan eksterior rumah, ternyata struktur cantilever juga bisa Pins aplikasikan pada interior. Penggunaan elemen ini bisa menciptakan ruang terbatas menjadi lebih lapang.

Salah satu contohnya digunakan untuk pembuatan tangga minimalis.

Cocok Diterapkan pada Lokasi yang Curam 

Kalau hunianmu terletak di lokasi curam seperti bukit, pegunungan, atau rumah dekat pantai, maka desain kantilever sangatlah tepat dipakai. Hasil yang diberikan pada desain ini yait bisa lebih terintegrasi dengan alam sekitar.

Arsitek Frank Lloyd Wright pernah menerapkan konsep ini pada karyanya yakni Fallingwater House untuk menciptakan efek dramatis air terjun yang tampak seperti mengalir dari dalam rumah.

Menciptakan Pemandangan yang Lebih Luas 

Jika Pins menerapkan gaya ini sebagai fasad rumah, maka akan menghasilkan kesan estetik sekaligus menyuguhkan pemandangan di sekitar rumah menjadi lebih luas. 

Sisi yang menjadi bagian kantilever bisa digunakan sebagai ruang santai atau ruang keluarga untuk mencari berbagai inspirasi. 

Lebih Hemat dari Sisi Konstruksi 

Keunggulan terakhir dibandingkan desain lainnya yaitu dari sisi biaya material konstruksi cenderung lebih hemat. Penyebabnya karena kantilever hanya memanfaatkan satu sisi penyangga saja.

Meski begitu, Pins tetap harus mengeluarkan anggaran lebih untuk arsitek profesional karena desain ini memerlukan perhitungan yang matang dan akurat. 

Kekurangan Cantilever yang Harus Diperhatikan 

Struktur kantilever tidaklah sempurna karena memiliki beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakannya. Adapun sejumlah kekurangannya antara lain:

  • Desain membutuhkan perhitungan yang akurat sehingga tidak bisa asal.
  • Lahan dan tanah juga harus diperhatikan agar bangunan tidak mudah ambruk.
  • Pembuatannya membutuhkan tenaga ahli profesional, mulai dari arsitek dan kontraktornya. Hal ini akan berimbas pada mahalnya ongkos pembuatan karena membayar jasa mereka. 
  • Pilihan struktur material ini cenderung terbatas karena harus dipastikan kokoh, kuat, tetapi ringan. Beberapa material yang bisa dipilih yaitu kaca, kayu, baja ataupun beton bertulang.

Penerapan Struktur Kantilever pada Hunian

Seperti yang disebutkan sebelumnya, struktur kantilever bisa diterapkan di berbagai elemen arsitektur, baik itu eksterior maupun interior. 

Sebagai inspirasi, berikut ini beberapa ide penerapan cantilever pada hunian: 

Tangga Melayang Bergaya Industrial

karnilever
(Bespoke Staris)

Penerapan desain cantilever banyak digunakan pada floating stairs. Kelebihan penggunaan kantilever adalah tampilan desain tangga yang modern dan minimalis. Biasanya, struktur tangga kantilever akan bertumpu pada dua balok lantai yang dihubungkan oleh tangga. 

Namun, seperti gambar di atas, saat ini banyak juga tangga yang tumpuannya berada di dalam dinding tempat setiap anak tangga sehingga tampak menggantung. 

Atap Kanopi yang Antimainstream

(Floornature)

Bosan dengan atap kanopi yang ada saat ini? Pins bisa menerapkan struktur kanopi untuk memberikan kesan yang elegan dan unik. Di bagian bawahnya, Pins bisa memakainya untuk tempat memarkirkan kendaraan.

Lalu, ruang lantai atas yang menonjol bisa dipakai untuk ruang bersantai. Namun, jika dipakai sebagai ruangan, maka struktur kantilever akan membutuhkan beban yang lebih berat karena bidang lantai yang ditopang tanpa kolom lebih memanjang.  

Balkon Elegan untuk Ruang Bersantai

karnilever
(Houzz)

Struktur penerapan cantilever juga sering ditemui pada balkon. Tak perlu luas, sebab balkon kantilever memerlukan struktur kantilever yang tidak terlalu kuat. Hal ini karena balkon biasanya dipakai untuk aktivitas yang tidak terlalu sering dilakukan seperti bersantai di sore hari. 

Pembangunan cantilever balcony lebih mudah dikerjakan tanpa perhitungan struktur yang rumit. Alhasil, biayanya pun jadi lebih sedikit.

Kolam Renang Kaca Tembus Pandang 

karnilever
(Design Limited Edition)

Pengaplikasikan struktur kantilever berikutnya digunakan sebagai kolam renang. Biasanya, kolam renang kantilever sering ditemukan pada bangunan komersial seperti hotel. Tetapi bukan tidak mungkin Pins menerapkan struktur ini pada rumahmu.

Kolam renang cantilever akan menciptakan kemewahan dengan material kaca pada sisi bawah sehingga pengguna kolam dapat melihat pemandangan dari atas saat berenang. Cantik, ya, Pins?


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.