Kamus Istilah Properti

Nice Property

istilah properti

Nice Property

Nice property adalah tanah dan bangunan serta sarana dan prasarana yang memiliki kualitas yang baik.

Apa Itu Nice Property?

(Rukita) 

Nice property adalah tanah dan bangunan serta sarana dan prasarana yang memiliki kualitas yang baik dan berada di lokasi yang strategis. 

Sebuah nice property sangat cocok untuk dijadikan investasi. Di masa depan aset ini menguntungkan. 

Kriteria Nice Property

Nice Property
(Rukita) 

Tak semua properti akan memberikan untung besar ketika berinvestasi. Namun, jika Anda memilih nice property, dipastikan Anda akan mendapatkan keuntungan yang membuat keuangan terus stabil.

Lalu bagaimana ciri-ciri nice property? 

Banyak Menjadi Tujuan Manusia

Secara demografi, area nice property masih menjadi tujuan arus manusia yang secara otomatis juga menjadi arus barang. Ciri utamanya di area ini masih menjadi salah satu pilihan tempat bagi banyak manusia untuk menggantungkan hidupnya.

Selain itu, aksesnya mudah dengan pusat kota dan memiliki andil sebagai area tempat terjadinya aktivitas perkotaan atau urban activities. 

Infrastuktur yang Memadai 

Jangan ragu untuk membeli properti di daerah yang mempunyai infrastruktur yang memadai. Sebab, area ini sudah pasti ini termasuk nice property. 

Dengan adanya infrastruktur seperti akses dekat ke jalan tol atau stasiun kereta, lokasi ini akan berkembang pesat. Nilai properti Anda akan tentunya berlipat ganda.

Tak perlu berada di pusat kota, yang paling penting kawasannya memiliki akses jalan yang memadai dan sarana serta prasana yang terbilang lengkap. 

Lokasi Sunrise Property

Kriteria nice property selanjutnya adalah berada pada kawasan sunrise property. Artinya, kawasan yang termasuk dalam sunrise property ini memiliki potensi investasi yang cerah di masa kini dan masa depan.

Sunrise property bisa terletak pada kawasan yang baru dan berkembang, kawasan yang baru dan diimbangi kestabilan, atau bisa juga pada kawasan yang modern yang baru direhabilitasi. 

Hal ini tentu dapat meningkatkan keuntungan nilai properti yang memiliki banyak sisi peluang untuk dapat digunakan. 

Tidak Berada di Daerah Property Bubble

Bubble property alias gelembung properti adalah istilah yang merujuk pada keadaan melonjaknya harga perumahan akibat meningkatnya permintaan dan spekulasi. 

Pada titik tertentu, permintaan dari properti akan stagnan karena semakin banyaknya properti yang tersedia di suatu tempat. Seiring dengan hal tersebut, tentunya harga properti juga akan turun bahkan berimbas kepada perekonomian global.

Memiliki aset properti di daerah yang terkena dampak gelembung tersebut akan mengakibatkan kerugian karena nilai jual atau sewanya akan menurun, bahkan bisa ‘terjun bebas’.   

Jenis Nice Property yang Menguntungkan untuk Berinvestasi 

Nice Property
(thejakartapost)

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, nice property menjadi aset yang menguntungkan untuk berinvestasi. 

Berikut ini beberapa contoh nice property: 

Properti Rumah Tinggal 

Rumah tinggal adalah jenis nice property yang menguntungkan dalam berinvestasi. Rumah tinggal untuk hunian keluarga biasanya memberikan hasil yang paling stabil, sebab apapun kondisi perekonomian yang sedang terjadi, masyarakat akan selalu membutuhkan tempat tinggal.  

Jenis properti hunian keluarga memiliki aturan biaya operasional yang bisa dibagi antara pemilik dan pihak penyewa. Hal ini tergantung dari kesepakatan yang dilakukan ketika perjanjian sewa menyewa dilakukan antara kedua belah pihak. 

Gedung Perkantoran 

Tak sedikit para investor dan pengusaha properti memilih gedung perkantoran sebagai investasi utama mereka. Alasannya tak lain karena perkantoran akan memberikan profit yang lebih besar dibandingkan jenis properti yang lainnya.  

Jenis properti ini akan diminati oleh perusahaan yang membutuhkan tempat di dalam ruangan untuk memenuhi berbagai fungsi seperti keuangan, administrasi, operasional, dan lain sebagainya.

Namun, selain prospeknya yang baik, Pins juga perlu memperhatikan biaya operasional gedung perkantoran yang cenderung lebih tinggi. Hal ini akan sangat membebankan keuangan, apalagi saat kehilangan pasar.

Properti Ritel 

Jika melihat dari perspektif ekonomi, properti ritel memiliki kinerja yang baik di negara-negara yang berkembang seperti Indonesia, apalagi saat pertumbuhan penjualan ritel tinggi. Tingkat pengembalian properti ritel pun cenderung lebih stabil dibandingkan dengan gedung perkantoran.

Pins bisa memilih berbagai jenis properti untuk ritel dan perdagangan, contohnya pusat perbelanjaan, mall, dan ruko yang berlokasi strategis dengan jalan raya. 

Namun, yang perlu diketahui besarnya permintaan terhadap properti ritel dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lokasi, kepadatan penduduk, tingkat pendapatan penduduk di sekitar, dan pertumbuhan penduduk. 

Properti Industri 

Properti industri juga termasuk dalam nice property. Berinvestasi di properti industri biasanya membutuhkan biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan dengan properti gedung kantor dan juga ritel. 

Investasi yang bisa dilakukan ada berbagai macam, mulai dari pergudangan, manufaktur, tempat penelitian dan pengembangan perusahaan, dan juga lokasi distribusi. 


Koordinator: Linda

Editor: Iko