Kamus Istilah Properti

Kompleks

istilah properti

Kompleks

Kompleks  adalah suatu himpunan atau kesatuan yang saling berkaitan. Komplek dapat merujuk pada perumahan rakyat, bilangan, atau unsur kimia. 

Pengertian Kompleks Secara Umum

(Pixabay)

Kompleks  adalah suatu himpunan atau kesatuan yang saling berkaitan. Komplek dapat merujuk pada perumahan rakyat, bilangan, atau unsur kimia. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kompleks memiliki cukup banyak arti. Sebagai kata benda, kompleks diartikan sebagai himpunan kesatuan; kelompok: — perumahan rakyat. 

Sementara, dalam pengertian lainnya, kompleks didefinisikan sebagai:

  • (a) mengandung beberapa unsur yang pelik, rumit, sulit, dan saling berhubungan: masalah yang dihadapinya sangat — dan sulit dipecahkan
  • (n) sistem gagasan yang tertekan atau dikuasai oleh emosi sehingga dapat menimbulkan tingkah laku yang tidak wajar
  • (n) Kim senyawa yang molekul atau ion nonlogamnya melekat pada atom logam pusat

Kompeks dalam Bidang Properti 

(Wikimedia Commons)

Setelah mengetahui definisi kompleks secara umum, mari kerucutkan untuk mengulas pengertian kompleks dalam bidang properti. 

Di bidang properti kompleks kerap dikaitkan dengan rumah tinggal. Di mana kompleks selalu merujuk pada perumahan. 

Secara definisi, kompleks perumahan adalah sekelompok atau himpunan bangunan rumah tinggal yang berada di satu kawasan. 

Umumnya, kompleks perumahan memiliki fasilitas umum yang dapat digunakan oleh semua warganya. Fasilitas tersebut biasanya ialah tempat ibadah, kolam renang, maupun taman bermain. 

Perbandingan Kompleks Perumahan dengan Perkampungan

(PxHere)

Saat hendak membeli rumah, sebagian orang sibuk memikirkan ingin tinggal di kompleks perumahan atau perbandingan. Barangkali, Pins pun menjadi salah satu dari mereka. 

Jika demikian, berikut ini ada beberapa perbandingan kompleks perumahan dan perkampungan yang bisa menjadi gambaran. Yuk, simak uraian lengkapnya. 

1. Harga rumah 

Harga rumah di kompleks perumahan dan di perkampungan cukup berbeda. Umumnya, kompleks perumahan lebih tinggi harganya daripada perkampungan. 

Bahkan harga tanahnya pun bisa satu setengah atau dua kali lipatnya. Hal ini disebabkan oleh legalitas di kompleks perumahan sudah aman dan lengkap jika dibandingkan dengan area perkampungan. Selain itu, infrastukturnya pun juga jauh lebih lengkap dan mumpuni. 

2. Desain dan kualitas bangunan 

Bicara soal kualitas bangunan, umumnya baik di kompleks perumahan atau diperkampungan tidak jauh berbeda. Tergantung developer yang menggarap. Namun, biasanya bangunan yang dibangun di perumahan dirancang sedemikian rupa supaya dapat menghasilkan bangunan terbaik. 

Untuk desain sendiri, umumnya rumah di perumahan lebih menarik. Sayangnya, desain tersebut sama satu dengan lainnya. Kamu pun tidak bisa menentukan desain secara bebas karena sudah diatur oleh pihak developer. Bahkan, sekalipun bisa direnovasi, tak seluruh bangunan bisa diubah. 

Sementara itu, rumah di perkampungan justru lebih beragam desainnya. Jika kurang suka, kamu pun dapat merenovasi rumah tersebut sesuai kebutuhan. 

3. Keamanan 

Tinggal di kompleks perumahan bisa dibilang lebih aman dibanding perkampungan. Sebab, di perumahan umumnya ada petugas keamanan yang berjaga. 

Walau demikian, bukan berarti perkampungan selalu rawan. Selama keamanan di daerah sekitar terjaga, perkampungan pun bisa menjadi pilihan. 

4. Akses tempat tinggal 

Seseorang yang tinggal di kompleks perumahan umumnya akan lebih sulit mengakses transportasi umum. Sebab, biasanya pengembang tidak memperbolehkan angkutan umum masuk di daerah perumahan. 

Namun hal tersebut pun juga memiliki manfaat, khususnya bagi mereka yang memiliki anak karena tidak ada kendaraan lalu-lalang. 

Sementara, bila tinggal di perkampungan, akan banyak kendaraan lalu-lalang. Lingkungan pun bisa jadi berisik. Walau demikian, akses atau transportasi umumnya lebih banyak dan tidak diibatasi aksesnya.

5. Fasilitas 

Kompleks perumahan rata-rata memiliki sejumlah fasilitas yang bisa digunakan dengan bebas. Baik berupa kolam renang, taman bermain anak, hingga fasilitas olahraga. Jika tinggal di perkampungan, kamu mungkin harus mencari sendiri fasilitas tersebut. Sebab, jarang disediakan atau dibuat oleh warga sekitar. 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah di Kompleks Perumahan

(PxHere)

Jika Pins berencana membeli rumah di kompleks perumahan, alangkah baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut. 

1. Lokasi kompleks perumahan 

Hal penting yang harus diperhatikan yakni lokasi lokasi kompleksnya. Usahakan untuk memilih kompleks perumahan yang aksesnya mudah dan dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit atau sekolah. 

2. Keamanan di kompleks perumahan

Selain jarak, kamu juga harus memperhatikan keamanan kompleks perumahan yang diinginkan. 

Perlu diketahui bahwa biasanya akses jalan kompleks perumahan cukup banyak. Jadi, membuat tingkat keamanan pun sedikit rendah. Untuk itu, sebaiknya pilih kompleks perumahan yang memiliki penjaga dan CCTV. 

Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan hal buruk atau yang tidak diinginkan. 

3. Fasilitas di kompleks perumahan 

Setelah dua hal di atas terpenuhi, maka Pins perlu mempertimbangkan fasilitas pendukung di kompleks perumahan. 

Bandingkan, mana kompleks yang memiliki fasilitas lengkap dan bagus supaya lebih nyaman saat tinggal di sana. Kamu bisa memilih kompleks perumahan yang setidaknya fasilitasnya bersih, terawat, serta sesuai kebutuhan. 

Sebagai contoh, bila memiliki anak kecil, kamu dapat mempertimbangkan untuk memilih kompleks perumahan dengan taman bermain. 

4. Lingkungan dan warganya 

Kondisi lingkungan dan warga yang tinggal di kompleks perumahan juga perlu menjadi pertimbangan. Sebab, kamu tentu tidak mau bukan tinggal di lingkungan yang masyarakatnya menyebalkan. 

Untuk itu, cobalah mengobrol dengan warga sekitar jika kebetulan sedang survei kompleks perumahannya. Sekalipun hanya obrolan basa-basi. 

Nah itu tadi uraian penjelasan mengenai kompleks dari definisi hingga tips memilihnya. Semoga ulasan ini cukup membantu ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko