Kamus Istilah Properti

Daun Jendela

istilah properti

Daun Jendela

Daun jendela adalah bagian dari jendela dan pintu yang dapat dibuka tutup serta dilengkapi dengan kunci.

Apa itu Daun Jendela?

Daun Jendela 1
(Feldco)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti daun jendela adalah papan penutup jendela. Secara umum, pengertian daun jendela merupakan bagian dari jendela dan pintu yang dapat dibuka tutup serta dilengkapi dengan kunci.

Fungsi dari daun jendela yaitu sebagai penutup dan pemisah ruang yang berpindah, tidak statis, dan dapat dibuka atau ditutup, serta untuk keamanan dapat pula dikunci. Daun jendela juga dapat berfungsi sebagai variasi bukaan jendela dan simbol estetika rumah.  

Pins bisa memilih beragam bentuk dan model daun jendela sesuai dengan keinginan serta konsep rumahmu. 

Jenis Daun Jendela 

Saat ini ada berbagai jenis daun jendela dengan bentuk yang berbeda-beda pula. Ini pilihan jenis daun jendela yang bisa diterapkan di rumah.

Daun Jendela Louvered

(Alamy)

Jendela louvered adalah salah satu yang paling populer dan terdiri dari bilah miring yang tumpang tindih yang menghalangi cahaya dan mencegah orang melihat ke dalam sambil membiarkan angin sepoi-sepoi masuk melewatinya.

Jenis ini populer dengan banyak gaya bangunan, tetapi lebih sering dipakai pada rumah dengan gaya arsitektur yang lebih klasik seperti kolonial atau Victoria.

Raised-Panel Shutters

(Amazon)

Seperti namanya, daun jendela raise panel memiliki panel terangkat di bagian depan, dan desain sederhana ini menciptakan efek formal. Desain ini cocok dengan rumah bergaya pondok pedesaan.

Jenis daun jendela ini akan tampil maksimal ketika dipasangkan dengan kotak jendela yang diisi dengan bunga untuk menciptakan nuansa pedesaan dan bersahaja.

Flat-Panel Shutters

(Pinterest)

Dinamakan flat panel karena terdiri dari panel datar padat. Dibandingkan raise panel, daun jendela flat panel lebih sederhana dan kurang dekoratif. Hasil yang ditampilkan lebih fungsional namun menarik.

Flat panel tidak memiliki kemampuan yang sama seperti daun jendela louvered untuk memungkinkan angin sepoi-sepoi ketika ditutup, tetapi mereka berfungsi dengan baik untuk menghalangi sinar matahari atau melindungi dari cuaca buruk serta memberikan tingkat privasi yang baik.

Board And Batten Shutters

(thecraftsmanblog)

Daun jendela board and battel adalah salah satu pilihan paling populer. Terdiri dari beberapa papan vertikal yang disatukan oleh papan horizontal yang lebih pendek atau reng.

Desainnya sederhana, tetapi sangat kuat, membuatnya bagus di area di mana Pins membutuhkan perlindungan dari angin kencang. Bagian atas bisa berbentuk persegi, tetapi bisa juga melengkung. 

Kesan yang dihasilkan tampilan pedesaan yang ramah, membuatnya sangat cocok untuk bangunan bergaya rumah pertanian.

Plantation Shutters

(Shenandoahshutters)

Daun jendela jenis ini menampilkan kesan sejuk dan lebih santai. Daun jendela ini bersifat fungsional, karena dapat ditutup untuk melindungi jendela dari puing-puing yang beterbangan, tetapi bisa juga dibuka dalam cuaca yang lebih hangat.

Jenis ini juga dapat dengan mudah dibuka untuk memungkinkan angin sejuk.

Bahamas And Bermuda Shutters

(Timberlane)

Daun jendela Bahama dan Bermuda memiliki tampilan yang mirip dengan jendela louvered karena memiliki jenis bilah yang sama yang menghalangi sinar matahari.

Perbedaannya adalah bahwa alih-alih dipasang pada engsel di samping, engsel dipasang di bagian atas dan dibuka dengan mendorongnya keluar di bagian bawah.

Hal ini membuat daun jendela jenis menjadi lebih kuat dari jendela louvered. Jenis inilebih populer di daerah tropis yang sering dilanda badai kuat. 

Skandinavia Shutters

(Alamy)

Daun jendela Skandinavia ditandai dengan berbagai elemen dengan daun jendela papan dan reng, membuatnya kuat dan kokoh. Tampilan desain cut-out dan warna yang sering berbeda, membuatnya sangat dekoratif.

Jika Pins tinggal di kawasan dingin, daun jendela ini cocok untuk melindungi dari cuaca dan angin kencang. 

Custom Shutters

(Alamy)

Untuk pemilik rumah yang lebih kreatif, adalah mungkin untuk memadukan kombinasi dari semua ini untuk memberikan rumah Pins tampilan yang benar-benar original. 

Misalnya, Pins dapat memiliki daun jendela dengan kisi-kisi di bagian atas tetapi dengan panel terangkat di bagian bawah. 

Bahan yang Dipakai untuk Daun Jendela

Daun Jendela 10
(Alamy)

Ada berbagai bahan yang dipakai untuk daun jendela. Bahan-bahan punya keunggulan dan kekurangan tersendiri.

Yuk, simak bahan-bahannya berikut ini. 

Kayu

Kayu adalah bahan tradisional untuk membuat daun jendela dan memberikan tampilan klasik tak tertandingi yang tidak dapat ditandingi oleh bahan lainnya.

Bahan ini sangat serbaguna dan dapat terlihat bagus pada gaya rumah apa pun. Bahkan, Pins mewarnainya sesuai keinginan.

Kelemahan utama adalah membutuhkan perawatan tertentu, dan jika Pins ingin bertahan lama, itu perlu dirawat setidaknya setahun sekali.

PVC

Jika kayu asli harganya terlalu mahal, maka Pins bisa menggunakan kayu imitasi yang terbuat dari serat kayu yang dikombinasikan dengan bahan lain seperti PVC. Rasanya seperti kayu dan terlihat serupa, dan ini adalah pilihan yang baik untuk jendela yang lebih besar karena ketangguhan dan daya tahannya.

PVC membutuhkan perawatan yang lebih sedikit daripada kayu asli dan biayanya lebih murah. 

Vinyl

Jendela vinyl terbuat dari PVC dan ringan namun kuat. Material ini tidak rentan terhadap pembusukan, memudar atau retak hanya memerlukan sedikit perawatan.

Namun, dari visual, tidak memiliki daya tarik yang sama dengan kayu asli.  

Aluminium

Aluminium adalah pilihan yang baik jika Pins menginginkan sesuatu yang fungsional yang dapat melindungi rumah.   

Jenis aluminium banyak dipakai pada rumah bergaya industrial dan kontemporer. 

Tips Merawat Daun Jendela 

Apapun material dan jenis daun jendela yang dipilih, maka tidak akan bertahan lama jika tidak merawatnya dengan benar.

Ini beberapa langkah mudah dalam merawat daun jendela yang bisa Pins lakukan sendiri di rumah.

Membersihkan dengan Air Hangat

Langkah pertama dengan mengelap area daun jendela dan kusen menggunakan air hangat. Cara ini cukup mudah dan Pins bisa melakukannya setiap 1-2 kali dalam seminggu. 

Jangan lupa untuk mengeringkan dan membersihkannya menggunakan kanebo agar setelah dibersihkan kusen tidak lembab. Tujuannya untuk memaksimalkan penyerapan sisa air yang masih menempel di daun jendela.

Gunakan Cairan Anti Rayap 

Kalau Pins memakai material berbahan kayu, maka pastikan telah mengoleskan cairan anti rayap maupun kapur gambing. Oleskan cairan anti-rayap atau kapur gamping tersebut ke seluruh permukaan kusen

Setelah lapisan cairan anti-rayap tersebut mengering, Pins bisa lakukan finishing kembali dengan cat kayu sesuai warna yang dikehendaki.

Lakukan Cat Ulang Secara Berkala

Jika ingin warna daun jendela dan kusen tetap cantik, Pins bisa cat ulang agar tampilannya tidak kusam. Tak hanya untuk fungsi estetika, mengcat ulang juga bertujuan untuk mencegah air atau rayap memasuki pori-pori kayu.

Di tahap pengecatan ini, Pins sebaiknya mengecat dengan cat dinding dan kayu agar hasilnya maksimal. 

Itulah informasi mengenai daun jendela. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Achlisia