Kamus Istilah Properti

Whole House Fan

istilah properti

Whole House Fan

Whole house fan adalah kipas angin seluruh rumah sebagai tambahan untuk strategi pendinginan rumah yang dipasang di loteng atau atap rumah.

Apa Itu Whole House Fan? 

(Green Cat)

Whole house fan adalah kipas angin seluruh rumah sebagai tambahan untuk strategi pendinginan rumah yang dipasang di loteng atau atap rumah.

Cara kerja kipas angin ini yaitu dengan menarik udara ke dalam rumah melalui jendela yang terbuka dan mendorongnya keluar melalui loteng. Tujuannya tak lain agar udara rumah menjadi lebih sejuk dengan memindahkan udara dingin masuk dan udara panas keluar.

Whole house fan bekerja dengan menciptakan tekanan negatif. Agar udara seluruh rumah menjadi lebih sejuk, kipas angin menarik udara masuk melalui jendela yang terbuka, memenuhi rumah dengan udara luar yang segar dan sejuk. 

Kemudian saat tekanan negatif di rumah meningkat, inilah yang nantinya menciptakan tekanan positif di loteng. 

Saat tekanan di loteng meningkat, ia melepaskan udara keluar di atap atau ventilasi lain yang dipasang di loteng. Hal ini akan menciptakan efek sejuk di seluruh rumah. 

Manfaat Whole House Fan        

(Quite Cool)

Memang penggunaan Air Conditioner (AC) punya peran yang cukup besar untuk menyejukan ruangan ketika musim dingin tiba. Tetapi, whole house fan adalah alternatif lain menyejukan dan mendinginkan rumah yang lebih ramah lingkungan dan hemat energi.

Cara kerjanya ketika mendinginkan rumah dengan menarik udara dingin melalui jendela yang terbuka dan mendorong udara panas keluar melalui loteng inilah yang membuatnya lebih hemat energi ketimbang penggunaan AC. 

Whole house fan pun lebih ramah lingkungan, menggunakan sedikit listrik dan tanpa pendingin untuk mendinginkan rumah. Sirkulasi udara yang dihadirkan lebih konstan untuk menjaga ruangan tetap segar. 

Manfaat lainnya dengan memasang whole house fan, maka dapat menghilangkan bau dari masakan, hewan peliharaan, asap, dan pembersih rumah tangga

Jika dipasang dengan benar, whole house fan akan awet selama bertahun-tahun. 

Jenis-jenis Whole House Fan        

(Oregon Live)

Kipas angin seluruh rumah ini memiliki tiga jenis yang bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan di rumah Pins. Berikut ini jenis whole house fan.

Kipas Standar

Jenis whole house fan satu ini paling terjangkau dan mudah ditemukan. Kipas berdiameter besar masih merupakan solusi yang baik untuk pemilik rumah yang tinggal di daerah yang lebih hangat. 

Meski murah, proses pemasangannya lebih sulit. Pins harus memindahkan balok untuk membingkai kotak untuk kipas. Pins juga harus memasang ventilasi tambahan di area loteng. Hal ini tentu akan menghabiskan biaya karena harus membongkar-bongkar.

Selama musim dingin, bukaan berventilasi berfungsi seperti jendela yang terbuka, memberikan jalan keluar yang mudah bagi udara lembab yang hangat untuk keluar dan masuk ke loteng.   

Insulated-Door Fan

Jika Pins tinggal di daerah yang sering terkena angin dingin, Pins pasti menginginkan kipas yang menahan panas saat tidak digunakan. 

Kipas pintu satu ini bisa jadi pilihan yang pas dilengkapi pintu peredam di dalamnya yang mencegah bocornya udara hangat di musim dingin. Dilengkapi dengan panel berinsulasi (R-22 atau R-38) yang terbuka setiap kali Pins menyalakan kipas. Fitur ini tidak hanya membantu selama bulan-bulan musim dingin tetapi juga menahan panas selama musim panas.

Model ini tidak menggerakkan udara sebanyak kipas standar, tetapi cenderung bekerja lebih tenang, sehingga dapat dijalankan sepanjang malam. Seperti kipas standar, unit ini biasanya dipasang di lorong, tetapi beberapa model yang lebih kecil dirancang khusus agar pas di antara atau di sekitar rangka atau balok yang ada untuk memudahkan pemasangan.

Inline Fan

Jenis whole house fan yang terakhir adalah tipe sebaris (inline fan). Kipas angin ini dapat memberikan efek angin sepoi-sepoi di ruangan yang paling ingin dinginkan . 

Port intake kecil tidak hanya kurang menonjol dibandingkan panel louvered besar yang dibutuhkan dengan kipas lain, tetapi juga lebih mudah dipasang. Ini karena saluran yang dimiliki lebih fleksibel menghubungkan port intake ke kipas.

Seperti Insulated-Door Fan, kipas inline memiliki pintu peredam di dalamnya yang mencegah bocornya udara hangat di musim dingin.

Selain Whole House Fan, Ini Cara Lain Membuat Rumah Terasa Sejuk

(Pinterest)

Menciptakan ruangan yang sejuk memang keinginan besar hampir semua orang. Nah, hal ini bisa diciptakan ketika proses pembangunan rumah sehingga nantinya rumah akan terasa sejuk bahkan tanpa menyalakan AC.

Berikut ini cara lain untuk mendukung whole house fan agar bekerja maksimal dalam menciptakan ruangan yang lebih sejuk. 

Ventilasi Silang

Ventilasi silang saat ini sangat umum diaplikasikan untuk membuat rumah terhindar dari suhu panas. Ventilasi silang merupakan dua ventilasi dengan posisi saling berhadapan dalam satu ruang.

Manfaat ventilasi silang akan membuat sirkulasi udara tetap lancar, sehingga udara kotor dan bersuhu panas akan cepat keluar dan berganti udara bersih yang bersuhu dingin. Caranya adalah dengan meletakkan lubang udara, baik berupa jendela maupun rooster pada dua bidang dinding yang saling berhadapan.

Sirkulasi udara silang ini sebaiknya mencakup dua jenis, yaitu sirkulasi udara silang secara mendatar (horizontal) dan secara tegak (vertikal). Peletakan sirkulasi udara silang hendaknya direncanakan secara cermat, dengan memperhitungkan arah angin.

Buat Plafon Rumah Menjadi Lebih Tinggi

Plafon juga punya efek besar untuk menghadirkan kesan dan udara ruangan. Jika ingin rumah lebih sejuk dan tidak pengap, maka disarankan membuat plafon lebih tinggi. Ini karena masuknya suhu atau udara panas ke dalam ruangan menjadi lebih lambat. 

Penyebab utamanya karena sinar matahari tidak akan langsung masuk ke dalam ruang, melainkan mengenai dinding luar rumah terlebih dulu, lalu masuk ke dalam rangka atap. Dari rangka atap, udara panas akan diteruskan ke plafon lalu mengalir ke dalam setiap ruangan di rumah.

Pahami Prinsip Pergerakan Udara 

Untuk menciptakan sirkulasi udara baik dan lancar, Pins perlu memahami prinsip dari pergerakan udara itu sendiri. Udara panas cenderung lebih ringan, sehingga akan bergerak lebih tinggi daripada udara yang lebih dingin. 

Untuk memastikan udara panas dapat keluar, buatlah bukaan yang berada di bagian atas hunian. Sebuah skylight yang dapat dibuka-tutup misalnya, merupakan solusi agar udara panas dapat keluar. Untuk mendukung pergerakan udara yang lebih maksimal, buatlah bukaan yang berada di area lebih rendah, seperti jendela atau cukup dengan membuka pintu.

Penempatan Pintu dan Jendela 

Posisi pintu dan jendela sangat penting terutama jika Pins sedang membangun rumah.  Posisikan pintu dan jendela agar bisa menangkap aliran angin dengan nyaman dan lancar. 

Selain itu, pertimbangkan kecenderungan arah angin di daerah lokasi hunian. Manfaatkan rancangan tanaman dan pagar di luar rumah untuk membantu menyalurkan angin ke dalam rumah. Pada saat yang bersamaan, desainnya akan membantu mengurangi hembusan angin yang terlalu kencang.

Tambahkan Material Penahan Panas

Jika cara-cara di atas tidak berhasil dan rumah masih terasa panas, maka tidak ada salahnya beralih menggunakan material penahan panas. Beberapa material penahan panas, yaitu aluminium foil, glasswool, dan bubble foil. 

Biasanya, bahan ini berbentuk lembaran berwarna perak yang bisa sangat efektif dalam melindungi bangunan dari panas. 

Tujuannya untuk membuat suhu di dalam rumah lebih sejuk dan berfungsi sebagai pelindung dari radiasi sinar UV. Pemasangannya juga mudah dan tidak perlu membutuhkan banyak tenaga.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Iko