Kamus Istilah Properti

Atap Mansard

istilah properti

Atap Mansard

Atap mansard adalah atap bersisi empat yang terdiri dari dua susunan. Yang satu sudutnya landai dan yang satu sudutnya curam.

Apa itu atap mansard?

(Wikipedia)

Atap merupakan bagian yang vital pada sebuah konstruksi bangunan. Tanpa adanya atap, bangunan tidak dapat dengan sempurna menahan teriknya sinar matahari, air hujan, tiupan angin, ataupun faktor-faktor cuaca lainnya.

Banyak sekali model atap yang bisa diterapkan pada bangunan. Masing-masing model atap yang ada punya ciri khasnya sendiri yang membuatnya berbeda satu dengan yang lain. Selain itu, kita harus mencocokkan karakter atap tersebut dengan iklim atau kondisi daerah pembangunan. Dan salah satu atap yang mempunyai karakter kuat yakni atap mansard.

Atap mansard adalah atap bersisi empat yang terdiri dari dua susunan. Yang satu sudutnya landai dan yang satu sudutnya curam. Tidak jarang, susunan atap yang sudutnya curam menjadi titik pemasangan beberapa jendela untuk bangunan.

Umumnya, atap ini banyak diaplikasikan pada bangunan-bangunan yang banyak didirikan di kawasan Eropa, utamanya negara Perancis. Bahkan, karena banyak diaplikasikannya atap ini di Perancis membuat atap ini memiliki nama lain yakni French roof (atap Perancis). Selain french roof, ada juga yang menyebut atap ini dengan sebutan curb roof.

Pada bagian atap yang sudutnya curam biasanya terdapat ruangan semacam loteng yang layak untuk dihuni. Sementara itu, di beberapa bangunan yang menerapkan gaya konstruksi ini, kemiringan dari atap yang sudutnya landai mungkin tidak terlalu terlihat.

Penerapannya dari waktu ke waktu

(Cupapizarras)

Penerapan atap ini pada bangunan setidaknya cukup populer di tiga masa. Yang pertama di sekitar abad ke 16, kedua di abad 19, dan ketiga di abad 20. Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak penjelasannya satu persatu.

Abad ke 16

Atap mansard menjadi populer di Perancis berkat seorang arsitek yang bernama Francois Mansart. Mansart memang bukan orang yang menemukan model atap ini, akan tetapi dialah yang memunculkan istilah atap mansard. Nama mansard sendiri diambil dari nama belakang arsitek tersebut.

Penerapan atap model ini terus dilanjutkan oleh arsitek-arsitek yang lain. Salah satunya adalah Jules Hardouin-Mansart (1646-1708) yang masih merupakan sanak famili-nya. Jules Hardouin-Mansart merupakan orang yang menerapkan model atap ini di bangunan Chateau de Dampierre.

Abad ke 19

Kepopuleran atap ini kembali muncul di tahun 1850-an. Gaya arsitektur pada masa tersebut dikenal dengan nama gaya Kekaisaran Kedua.

Tidak hanya di Perancis saja, banyak juga negara-negara lain yang kemudian mengadopsi model atap ini untuk digunakan pada bangunan-bangunan sipil, hotel maupun stasiun kereta. Bukan hanya di Eropa saja, Amerika Serikat dan Kanada menjadi dua dari banyak negara yang menerapkan model atap ini. Salah satu bangunan yang dikenal menggunakan model atap ini adalah Vassar College, New York.

Abad ke 20

Di tahun 1916, kawasan New York City mendorong penggunaan atap mansard pada gedung-gedung tinggi yang ada di area tersebut. Sedangkan di sekitar tahun 1960-an dan 1970-an, penerapan gaya atap ini mulai dimodifikasi. Ada gaya baru untuk penempatan jendelanya pada atap ini. Jendela tersebut dibuat lebih menjorok dan dikurangi ukuran lebarnya. Alhasil, atap ini kemudian banyak diterapkan pada bangunan-bangunan perumahan di kawasan Amerika Serikat.

Populernya gaya atap ini pada abad ke 20 tidak terlepas dari ketertarikan arsitek-arsitek pada masa itu dengan gaya bangunan postmodern dan gaya rumah eklektik Perancis. Gaya-gaya konstruksi tersebut menawarkan bangunan yang memiliki lantai atas walaupun tinggi bangunannya tidak terlalu menjulang.

Kelebihan atap mansard

(Arsminimalia)

Berikut ini merupakan keuntungan yang bisa didapatkan ketika mengaplikasikan atap ini pada bangunan.

Menambah estetika bangunan

Kelebihan yang pertama dari atap mansard adalah ia dapat mempercantik tampilan bangunan. Ada beberapa model spesifik mansard yang dapat diterapkan dari jenis straight, convex, concave, maupun s-shape. Masing-masing memiliki bentuk dan tingkat kesulitan pengerjaan yang berbeda.

Memberikan ruangan interior yang luas

Salah satu keuntungan dari penerapan atap ini yakni ruangan di dalam bangunan dapat menjadi lebih luas. Hal ini dikarenakan pada bagian atap menjadi ruangan loteng yang bisa difungsikan untuk banyak macam keperluan. Dari kamar tidur, ruangan penyimpanan, ruang kantor, maupun yang lainnya.

Lebih mudah untuk membuat lantai baru

Struktur dari atap mansard yang meletakkan sebuah ruangan di area atap bisa memudahkan kita ketika hendak membuat tingkatan baru pada bangunan. Ruangan yang tersedia di loteng hanya tinggal diteruskan saja untuk diberi struktur tambahan. Tentu ini akan lebih mempersingkat waktu pengerjaan.

Kekurangan atap mansard

(Arsminimalia)

Berikut ini merupakan kekurangan dari penerapan atap ini pada bangunan.

Biaya instalasi mahal

Kompleksnya struktur dan model atap membuat biaya instalasi bagian konstruksi ini lebih mahal daripada atap standar. Jadi, pastikan dahulu untuk berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan atap jenis ini.

Tidak terlalu tahan cuaca

Untuk kamu yang tinggal di daerah yang memiliki curah hujan tinggi, mungkin atap ini bukan pilihan yang tepat untuk diterapkan pada bangunan hunian. Cukup sulit untuk menerapkan pipa-pipa untuk jalur air hujan pada atap ini. Ketika curah hujan tinggi, mungkin akan banyak bagian bangunan yang mungkin terdampak oleh tidak baiknya saluran pipa pembuangan air hujan pada atap.

Perawatannya dan perbaikannya memakan ongkos

Bukan hanya instalasinya saja, perawatan dan perbaikan atap ini juga terbilang tinggi. Karena cukup jarang ditemui di Indonesia, kamu mungkin akan kesulitan untuk mencari pihak yang bisa melakukan pengerjaan perawatan dan perbaikan atap ini. Hal tersebut merupakan salah satu faktor mengapa biaya untuk perawatan dan perbaikan atap ini cukup mahal.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.