Kamus Istilah Properti

Kusen

istilah properti

Kusen

Kusen adalah salah satu bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi sebagai tempat meletakan daun pintu dan daun jendela.

Apa Itu Kusen?

(The Window and Door Shop)

Kusen adalah salah satu bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi sebagai tempat meletakkan daun pintu dan daun jendela.

Fungsi utama kusen adalah sebagai tempat perletakan daun pintu dan daun jendela. Selain itu, kusen dapat digunakan untuk menyekat dinding bangunan atau pemisah antar ruangan.

Mengingat fungsi kusen sebagai tempat untuk meletakkan dan menghubungkan pintu dan jendela rumah yang penting, maka pemasangannya harus diperhatikan dengan benar.

Pins juga perlu teliti ketika memilih kusen, sehingga dapat membuat pintu yang awet dan kokoh dalam jangka waktu yang lama.

Mengenal Jenis Kusen 

kusen adalah
(Arsitur Studio)

Kusen memiliki berbagai jenis yang dibedakan sesuai fungsi dan peletakannya. Berikut ini beberapa jenis kusen: 

  • Kusen pintu adalah kusen untuk daun pintu. Biasanya pada bagian atas kusen pintu terdapat lubang untuk penerangan dan sirkulasi udara.
  • Kusen jendela adalah rangka kusen untuk peletakan daun jendela agar jendela bisa dibuka dan ditutup untuk melancarkan sirkulasi udara. Akan tetapi, ada juga jenis jendela yang dipasang mati dalam kusen.
  • Kusen bovenlicht atau penerangan adalah rangka kusen yang diperuntukkan untuk penempatan kaca sehingga cahaya dari luar bisa masuk ke dalam ruangan.
  • Kusen gendong (kombinasi) adalah rangka kusen untuk pintu dan jendela yang dijadikan menjadi satu konstruksi yang utuh. Jenis kusen ini umumnya ditempatkan pada bagian depan rumah atau pada ruangan yang memerlukan penerangan yang lebih, seperti ruang tamu dan ruang keluarga. 

Struktur Kusen

kusen adalah
(Samsir Ahmad WordPress)

Kusen memiliki struktur rangka agar bisa menopang pintu maupun jendela. Ini bagian-bagian pada kusen: 

  • Tiang kusen, yaitu bagian yang digunakan sebagai pembatas antara dinding dengan daun pintu atau jendela.
  • Ambang kusen (dorpel), yaitu bagian yang berfungsi untuk menahan beban di atas kusen.
  • Sponneng, yaitu bagian tiang kusen yang dijadikan tempat melekatnya daun pintu atau daun jendela.
  • Telinga kusen, yaitu bagian ambang (dorpel) yang ditanamkan ke dalam dinding. Bagian rangka kusen ini memiliki fungsi untuk menahan gerakan kusen ke depan atau belakang.
  • Alur kapur, bagian tiang kusen yang erfungsi untuk menahan gerakan kusen ke depan atau ke belakang akibat dibuka dan ditutupnya pintu atau jendela.
  • Angkur yang dipasang pada tiang kusen, yang fungsi untuk memperkuat kusen pada dinding, serta untuk menahan gerakan daun pintu atau jendela.
  • Duk (neut), yaitu bagian yang terletak pada bagian bawah kusen. Fungsinya sebagai penahan gerakan tiang ke segala arah dan melindungi tiang kayu dari rembesan air dari lantai ke atas.

Material yang Bisa Digunakan untuk Kusen

kusen adalah
(Windownesia)

Ada berbagai jenis material yang biasanya digunakan pada kusen di dalam sebuah rumah. Masing-masing bahan memiliki keunggulan dan kekurangan sesuai dengan kegunaannya.

Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini. 

Kusen Kayu

Kayu adalah material umum yang digunakan sebagai bahan kusen karena memiliki daya tahan yang tinggi. Selain itu, material kayu pada kusen juga akan menampilkan kesan hangat dan alami sehingga bisa mempercantik ruangan. 

Kelebihan material ini karena mempunyai nilai penyekat panas yang baik dan pada umumnya tahan terhadap pengaruh cuaca. Pins bisa menemukan beragam variasi bentuk mulai dari tradisional hingga modern sehingga bisa diterapkan pada desain rumah apapun. 

Adapun jenis kayu untuk bahan kusen yaitu kayu laban, purnis (akasia), jati, kayu kamper dan kayu ulin.

Sementara kelemahan kayu sebagai bahan kusen yaitu mudah dimakan rayap sehingga harus dilapisi cairan anti rayap sebelum dipasang. Kayu juga membutuhkan perawatan secara berkala dengan cat atau coating agar tetap awet.  

Kusen Cor/Beton

Kusen beton atau biasa disebut kusen cor juga banyak digunakan karena memiliki banyak keunggulan dan tidak akan dimakan rayap seperti kayu. Selain itu, kusen beton juga tidak mudah keropos, hingga tahan terhadap segala cuaca. 

Proses pembuatannya dibuat dengan metode cetak lalu disambung menggunakan paku dan kawat. 

Yang harus diperhatikan ketika memilih kusen beton adalah proses pemasangan harus dilakukan dengan benar. Pasalnya, kusen beton akan sulit diubah jika sudah dipasang. 

Kusen Aluminium 

Jika merasa kesulitan dengan material kayu, aluminium bisa menjadi alternatif bahan pengganti kayu untuk pembuatan kusen. Tak hanya itu, aluminum punya kelebihan yaitu tahan keropos, anti rayap, anti air, dan bobotnya yang ringan tapi kuat.

Aluminium juga lebih tahan lama dan tidak menyusut seperti kayu atau perubahan bentuk atau melengkung akibat perubahan cuaca. Pins juga bisa membuat desain sesuai keinginan. 

Kusen uPVC

Material selanjutnya yaitu Unplasticized Polyvinyl Chloride (uPVC), yaitu suatu materi bangunan berbahan plastik yang dibuat tanpa menggunakan plasticizer, melainkan dengan penambahan stabilizer dan modifier yang membuatnya menjadi materi yang padat, rigid (keras), dan tidak fleksibel.

Saat ini kusen uPVC dilengkapi dengan rangka yang terbuat dari besi sehingga memiliki kekuatan yang lebih dari kusen kayu dan alumunium.   

Kusen Fiberglass

Jika kamu ingin material yang berdaya tahan lama dan mudah dalam urusan perawatan, fiberglass bisa jadi pilihan yang tepat. Fiberglass memiliki kualitas lebih baik dibandingkan vinyl

Hal ini karena material fiberglass terbuat dari bahan pembuat kaca yang bisa menyesuaikan dengan cuaca dan suhu ruangan. Jadi, jika Pins tinggal di wilayah dengan perubahan cuaca yang ekstrim, material ini dapat bertahan dengan sangat baik.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Annisa Hapsari