Catat! 12 Warna Keramik Lantai yang Bagus untuk Rumah Kamu!

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta ∙ 30 July 2021 ∙ 7 menit membaca

Ingin menghadirkan kesan terbaik tanpa kesalahan memang hal yang tidak bisa dikatakan mudah. Ini berlaku pula dalam desain rumah. Warna keramik lantai menjadi hal yang cukup tricky dalam sebuah hunian. Ragam varian warna dan motif yang dipasarkan membuat pilihan kian bermacam-macam. Gunakan warna keramik lantai rumah yang bagus dan cocok untuk berbagai ruangan sebagai solusinya.

Sebelum kamu menentukan warna keramik lantai yang bagus untuk hunian, kamu perlu mengetahui ragam informasi mengenai keramik itu sendiri. Mulai dari jenis keramik yang berbeda antar ruang, sampai warna yang tepat diaplikasikan baik untuk interior maupun eksterior hunian. Intinya adalah pilihlah jenis keramik yang sesuai dengan fungsi ruang dan tentunya mengedepankan keamanan penghuni.

Baca juga : 11 Rekomendasi Keramik Motif Kayu Untuk Hunian Minimalis

Ciri Keramik Pada Setiap Ruang Hunian

(Dekoruma)

Tentu Pins mengetahui bukan, bahwa setiap ruangan dalam hunian memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ini pun berlaku terhadap material pendukung serta perabot di dalamnya. Warna keramik lantai rumah yang bagus perlu dipertimbangkan. Tidak mungkin apa yang biasa ada di kamar mandi, kini berada di dalam ruang tamu kamu bukan? Untuk itu alas lantai pun seharusnya dibuat berbeda satu dengan lainnya sesuai fungsi. Seperti pengaplikasian warna keramik lantai yang bagus.

Keramik Lantai Kamar Mandi

Untuk alas keramik kamar mandi usahakan mencari material yang lebih tahan lama dan tentunya meminimalisir kecelakaan. Kamu bisa memilih keramik yang dibuat dari material batu alam atau natural stone tiles maupun yang menimbulkan kesan glossy.

Keramik Lantai Dapur

Tempat berkumpulnya noda, dan juga bekas masakan, ada di lantai dapur. Ini mengapa pemilihan keramik di dalamnya harus tepat. Kamu dapat menggunakan keramik jenis porselen dan glass tiles yang cukup mudah dibersihkan.

Keramik Lantai Ruang Tamu maupun Ruang Keluarga

Nah, untuk ruang satu ini, sebenarnya jenisnya lebih banyak. Kamu bisa menggunakan jenis-jenis keramik standar hingga marmer dengan harga yang mahal. Ingat kedua ruang tersebut menjadi kesan pertama yang dilihat dalam hunian lho!

Keramik Lantai Kamar Tidur

Untuk keramik yang diaplikasikan pada kamar tidur pun juga mirip dengan jenis keramik yang dipakai pada ruang tamu maupun ruang keluarga. Granit, marmer, motif maupun jenis mozaik pun bisa kamu gunakan dalam kamar tidur.

Keramik Lantai Teras Rumah

Keramik lantai untuk teras rumah biasanya memiliki ketahanan terhadap cuaca yang kuat. Bagaimana tidak, keramik yang berada pada luar hunian ini akan terkena panas dan hujan. Mayoritas memang menggunakan material batu alami dengan tipe beragam, seperti palimanan.

Baca juga: 8 Motif Keramik Lantai Untuk Rumah Minimalis

Warna Keramik Lantai Rumah yang Bagus Untuk Beragam Ruangan

Warna-warna keramik lantai terbaru yang cantik bisa Pins gunakan dalam alas hunian. Seperti apa warna yang bagus untuk ragam ruang dalam hunian? Terlampir pilihan warna terbaik.

Motif Mozaik yang Unik

(demilked)

Warna keramik mozaik merupakan tipe keramik yang dipasang dengan cara disusun untuk membentuk sebuah pola tertentu. Warna-warna yang dipilih pun bisa menyesuaikan dengan preferensi desain yang kamu sukai. Keramik ini biasanya diletakkan di kamar mandi atau ruangan luar karena sifatnya yang licin dan anti air.

Warna Putih dengan Corak Abu-abu

warna keramik lantai rumah yang bagus
(indiamart)

Kesan elegan yang ditimbulkan dari pemilihan warna keramik yang tepat memang dapat membuat rumah kian mewah. Untukmu yang menyukai keramik jenis mengkilap, kamu bisa menggunakan keramik dengan warna putih dominan dengan abu-abu sebagai serat. Hasilnya simpel, namun tetap terkesan mahal. Kamu bisa menambahkan perabot berwarna putih pada keseluruhan rumah agar pewarnaan lantai lebih mencolok.

Baca juga: 7 Motif Keramik Modern Supaya Rumah Kamu Selalu Up To Date

Biru yang Adem dan Kalem

(vieiramoveisrp)

Warna keramik lain yang bisa kamu pakai di rumah adalah warna biru satu ini. Biru akan memberikan nuansa ruangan yang adem dan kalem. Selain itu, biru juga merupakan warna yang modern dan modis untuk rumah kamu. Pins bisa menggabungkan beberapa warna biru seperti biru elektrik, biru muda, dan biru tua yang harmonis aga tidak terlalu monoton.

Krem dengan Tampilan Doff

(crowntiles)

Ada lagi nih Pins! Untuk pewarnaan yang cenderung aman dan bernilai standar. Kamu bisa menggunakan lantai keramik warna krem dengan tampilan doff. Warna coklat muda satu ini menjadi ciri khas warna natural yang memang tersaji dari bagian warna dalam jenis earth tone. Warna natural bisa memiliki kesan beragam bila dipadukan dengan warna lainnya dalam dekorasi. Sekarang tergantung dari penghuni, ingin memunculkan tema seperti apa dalam hunian.

Baca juga: Model Dan Harga Keramik Carport Terbaik

Beige yang Elegan

(Tilemaster)

Mirip dengan krem, beige merupakan varian warna cokelat yang cenderung lebih muda dengan nada warna sedikit keabu-abuan. Warna beige sering diasosiasikan dengan warna minimalis yang elegan dan menenangkan. Kamu bisa mendekorasi ruangan dengan lantai beige dengan konsep scandinavian. Selain itu, warna beige juga dapat dikombinasikan dengan banyak material dan warna lainnya.

Putih Bersih dan Bersinar

warna keramik lantai rumah yang bagus
(thespruce)

Untuk kamu yang menginginkan tampilan bersih dan luas, kamu pun bisa menggunakan warna aman lainnya yaitu putih. Warna lantai keramik putih pun tidak terkesan monoton bila Pins pintar dalam memilih perabot di atasnya. Dengan kesan aesthetic kekinian, bisa kamu timbulkan dari pemakaian lantai warna ini. Lembut dan adem menjadi ciri khas lantai berwarna putih bersinar. 

Baca juga: Pilihan Desain Interior Kamar Mandi Modern

Lebih Cerah dengan Linoleum

(Kompas Properti)

Bahan lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai penutup lantai adalah linoleum yang mengkilap dan bercahaya. Linoleum merupakan material yang terbuat dari minjak linseed yang dicampur dengan tepung kayu dan serbuk dari gabus. Material ini juga lebih ramah lingkungan karena mudah terurai ketika sudah tidak digunakan. Linoleum juga tahan panas sehingga cocok untuk rumah-rumah di daerah tropis.

Hitam Putih Kekinian

(pinterest)

Warna keramik lantai terbaru yang berwarna hitam putih memang kini sedang naik daun. Dengan motif dan jenis keramik yang beragam, Pins bisa mengaplikasikan pada seluruh ruang dalam rumah. Baik di kamar mandi, ruang tamu, dapur maupun teras depan rumah. Pins tinggal sesuaikan motif dengan perabot yang akan Pins gunakan dalam ruang. Tidak terbatas Pins motifnya, mulai dari lingkaran, segitiga, garis-garis, motif papan catur dan masih banyak lagi.

Baca juga: Jenis-Jenis Lantai Kayu Parket

Motif Batu Alam yang Natural dan Gelap

(Harapan Rakyat)

Teruntuk kamu yang menyukai nuansa alami, keramik batu alam bisa kamu gunakan. Biasanya, keramik ini akan memiliki warna yang gelap namun dengan corak yang terang di beberapa bagiannya sehingga tampak lebih elegan. Kamu juga bisa menggabungkan lantai ini dengan dekorasi atau perabot dengan material kayu serta dinding warna putih agar terkesan lebih modern dan elegan.

Motif Kayu dengan Warna yang Lembut

warna keramik lantai rumah yang bagus
(freepik)

Tidak perlu menggunakan material kayu sebenarnya, Pins bisa mengakalinya dengan pemakaian keramik lantai motif kayu serbaguna. Selain minim dalam perawatan, warnanya pun banyak yang bagus. Beberapa jenis keramik pun dapat menyerupai motif kayu asli lho Pins! Tempatkan pada ruang keluarga ataupun ruang tamu bergaya minimalis, dijamin auto kekinian hunian kamu!

Baca juga: Tips Merawat Lantai Kayu Rumah terbaik

Keramik Bermotif Anti Bosan

warna keramik lantai rumah yang bagus
(pinterest)

Suasana hunian dalam rumah membosankan? Kamu bisa membuat ceria dengan pemakaian keramik bermotif. Motif keramik pun bermacam-macam, mulai dari bunga, daun, tumbuhan, abstrak, hexagonal dan masih banyak lagi. Tidak hanya sampai disitu, warna nya pun banyak dan pastinya ceria.

Contohnya warna gradasi biru laut ataupun warna-warna pelangi. Cocok ditempatkan pada alas lantai dapur, teras rumah, maupun bagian ruang yang dianggap penting, seperti ruang koleksi buku.

Model Keramik Geometrik

(Pinterest)

Model keramik lainnya yang bisa kamu terapkan adalah penggunaan keramik geometrik, terutama keramik segi enam. Kamu bisa menggunakan keramik dengan motif yang berbeda-beda agar lantai tampak lebih unik dan berbeda. Kamu bisa menggunakan warna putih, hitam, dan abu-abu yang harmonis dan monokrom agar terlihat konsep monokrom yang indah.

Dari ragam motif di atas, mana yang Pins paling suka? Pastinya semua bukan? Semua warna keramik di atas adalah warna terbaik yang dapat diaplikasikan dalam desain ruang hunian. Kamu hanya tinggal pintar-pintar saja dalam meletakan motif yang tepat. Selamat mencoba!

Baca juga: Tips Membersihkan Lantai Kayu di Teras Rumah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia