Pinhome

Uncategorized

Tips Memilih Jasa Arsitek Desain Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Memilih jasa arsitek desain khususnya desain rumah tinggal yang ingin kita bangun tidak mudah dan tidak sulit. Gampang-gampang susah. Kita harus jeli dan cermat untuk memilih jasa arsitek desain rumah khususnya jika kita mencarinya lewat Internet.

Semakin tingginya permintaan untuk membangun rumah juga tingginya minat masyarkat untuk menggunakan jasa arsitek desain rumah untuk membangun rumah mereka, memberi peluang pasar tersendiri. Hal ini yang membuat jasa arsitek desain menjadi semakin menjamur sehingga kita bisa kelimpungan sendiri untuk memilih yang mana.

Untuk itu kita harus membedakan mana jasa arsitek desain yang benar-benar bagus dan mana yang berniat menipu. Apalagi di Internet, tidak jarang orang melihat peluang pasar yang tinggi minat ini dan menggunakannya untuk melakukan penipuan. Oleh karena itu, kita sebagai orang yang ingin membangun rumah berkualitas terbaik sebaiknya tidak kalap mata dengan penawaran yang diajukan oleh penyedia jasa arsitek desain. Berikut beberapa faktor yang bisa membuat kita tertipu dengan salah satu jasa arsitek desain yang kita juga bisa antisipasi:

  1. Kita menginginkan harga jasa arsitek desain yang paling murah. Harga paling murah sebaiknya tidak membuat kabut di mata sehingga kita bisa tertipu olehnya.
  2. Kita menginginkan yang gampang dan cepat. Mendesain rumah itu membutuhkan waktu yang lumayan lama dan harus dilakukan secara progresif. Walau kita mendapatkan jasa arsitek desain rumah yang bisa melakukannya dengan cepat, tentu hal tersebut membutuhkan waktu beberapa minggu. Tidak ada yang instan! Kecuali kita memesan desain rumah yang sudah jadi.
  3. Kita jangan terlalu cepat percaya. Jika kita terlalu cepat percaya ini bisa menyebabkan kita tertipu. Apalagi kita mencari di Internet yang rawan dengan penipuan. Oleh karena itu jangan langsung percaya dengan foto-foto yang mereka perlihat. Silakan melakukan survei dan pencarian seluk-beluk si penyedia jasa arsitek desain. Tidak hanya di dunia maya tetapi juga dunia nyata.

Tips memilih jasa arsitek desain rumah

Setelah kita tahu faktor-faktor yang bisa membuat kita tertipu, tentu kita harus mengantisipasinya. Berikut beberapa tips yang bisa membantu kita untuk memilih jasa arsitek desain yang handal:

  1. Kita harus melakukan survei dan pengecekan mengenai reputasi sang arsitek, kemudian kita bisa melakukan penelurusan atau bertanya langsung dari universitas mana dia berasal agar kita bisa menghubungi universitas tersebut untuk memastikan.
  2. Lihat hasil karya sang arsitek. Kemudian berkonsultasilah dengan arsitek dan tanyakan beberapa pertanyaan sulit agar arsitek mengasah pikirannya untuk menjawab pertanyaan kita. Pertanyaan kita yang sulit juga berguna untuk mengetahui seberapa besar kepekaan dan wawasan sang arsitek terhadap dunia desain.
  3. Tanyakan kepada penyedia jasa arsitek desain bagaimana lingkup kerja mereka. Hal ini akan memberikan gambar bagaimana hasil keluaran yang didapatkan dari layanan jasa arsitek desain rumah yang mereka berikan kepada kita. Salah satunya adalah gambar kerja yang akan mereka lakukan.
  4. Kita bisa menanyakan bagaimana prosedur pembayaran jasa arsitek desain. Biasanya kita akan diberikan lembar penawaran yang berisi poin-poin ketentuan antara penyedia jasa dan kita, sehingga kita bisa melihat hubungan yang saling mengikat antara kita dan penyedia jasa arsitek desain.

Kita tidak perlu kuatir dan ragu lagi menggunakan jasa arsitek desain asal kita memerhatikan poin-poin pentingnya. Lagi pula menggunakan jasa arsitek desain mutlak adanya jika kita memang tidak bisa menangani pembangunan rumah tinggal kita. Hal ini akan memberikan efisiensi dalam hal dana dan pengerjaan rumah hingga jadi 🙂

Tags :

Bagikan Artikel