Kamus Istilah Properti

Interior Desain

istilah properti

Interior Desain

Interior desain adalah segala hal yang berhubungan dengan kegiatan kreativitas dan solusi teknis untuk bagian internal sebuah properti. Desain interior erat hubungannya dengan penataan bagian dalam rumah, dekorasi dan juga penentuan peralatan rumah tangga yang akan dipilih.

3 elemen utama dalam interior desain

Interior Desain
(Pixabay)

Di dalam interior desain ada 3 elemen yang perlu diperhatikan. Elemen ini melibatkan ruang, alat dan manusia. Elemen-elemen tersebut menjadi acuan yang tidak dapat dipisahkan dalam melakukan kegiatan desain pada interior rumah.

Ruang

Kegiatan desain interior memerlukan sebuah ruangan yang menjadi objek utama. Objek ini nantinya akan berfungsi sebagai media yang akan dihias atau didesain. Ruangan bisa mencakup ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, ruang makan, area keluarga, tempat ibadah, lokasi menjemur dan gudang. 

Alat

Proses mendesain sebuah interior memerlukan alat-alat perkakas untuk menciptakan sebuah ruangan dan desain yang diinginkan. Alat-alat tersebut berupa tangga, kuas cat, cat tembok, papan, kayu dan lain-lain. 

Manusia

Manusia sebagai subjek yang akan melakukan proses kegiatan desain interior dalam rumah mempunyai peran untuk mengonsep, mencari referensi, mengeksekusi dan mengevaluasi. Manusia sebagai individu yang menghasilkan kreativitas untuk diaplikasikan dalam ruangan menggunakan alat-alat yang sudah disediakan.

Prinsip dasar dari desain interior

Interior Desain
(Pixabay)

Interior desain mempunyai kaidah atau prinsip yang perlu ditanamkan selama proses desain. Hal ini berkaitan dengan hasil akhir yang diharapkan akan sesuai dengan perencanaan di awal. Berikut ini prinsip dasar dari desain interior,

Kesatuan dan harmoni

Ruangan di dalam properti adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Fungsi setiap ruangan memang berbeda-beda, namun perbedaan tersebut melengkapi segala kebutuhan penghuni. Hal ini menyebabkan, interior di setiap ruangan harus saling berhubungan agar menciptakan suasana yang harmoni.

Keseimbangan

Desain interior adalah tentang keseimbangan, artinya semua yang ada di dalam hunian harus saling melengkapi satu sama lain. Keseimbangan dalam interior properti mempunyai beberapa tipe,

  • Keseimbangan radial maksudnya pengaplikasian perabotan dan hiasan di dalam rumah yang mengutamakan bentuk radial atau bundar. Misalnya penggunaan cermin dinding bundar yang diletakkan di area tamu atau tangga berbentuk spiral.
  • Keseimbangan simetris artinya mengaplikasikan elemen interior yang ukurannya simetris dan teratur. Misalnya pemasangan pigura foto keluarga segi empat dengan ukuran sama di dinding ruang keluarga.
  • Keseimbangan asimetris merupakan penggunaan gaya asimetris pada interior rumah. Misalnya campuran warna cat pada interior rumah yang menciptakan keseimbangan tidak beraturan. Selain itu pemilihan bantal pada ruang tamu dengan berbagai warna, pola dan ukuran berbeda.

Warna

Warna mempunyai posisi penting dalam prinsip interior. Pemilihan warna bisa disesuaikan dengan selera penghuni rumah. Apabila penghuni rumah ingin menciptakan suasana minimalis, maka warna-warna pastel monokrom lebih cocok digunakan. Namun, jika penghuni rumah mendambakan suasana pop art yang lebih berwarna, maka warna-warna terang bisa menjadi color base pada rumah.

Aksen 

Aksen atau disebut juga vocal point menjadi salah satu prinsip dalam interior. Aksen di sini termasuk pajangan, furnitur, gaya jendela, partisi, dan peralatan lain. Aksen akan memperkuat gaya dari sebuah properti. Misalnya jika kamu ingin mengadopsi gaya vila di Bali, maka kamu memerlukan perabotan yang menggunakan bahan kayu rotan dan sejenisnya.

Proporsi

Proporsi mencakup ukuran dari peralatan atau perabotan yang diletakkan di dalam rumah. Hal ini untuk menyesuaikan ukuran interior. Proporsi ukuran perabotan rumah yang tidak seimbang akan mengurangi nilai art pada interior.

Detail

Detail berkaitan dengan kesempurnaan sebuah interior desain rumah. Misalnya detail pada desain pintu rumah yang menggunakan pahatan kayu atau detail pada teralis. Hal ini akan memperkuat nilai seni pada interior rumah. 

Gaya desain interior masa kini

Interior Desain
(Pixabay)

Gaya desain interior masa kini pada dasarnya banyak mengalami campuran pakem. Misalnya gaya rumah minimalis yang digabungkan dengan kontemporer. Ada juga gaya klasik yang diberikan sentuhan minimalis. Berikut ini ada beberapa gaya desain interior yang sedang disukai oleh masyarakat.

Urban minimalis

Rumah seperti townhouse yang ada di perkotaan biasanya mengaplikasikan gaya urban minimalis. Di dalam rumah tersebut ada campuran antara interior minimalis yang disesuaikan dengan gaya modern di perkotaan.

Klasik modern

Interior desain klasik modern menggabungkan gaya klasik dan juga modern. Hal ini tentu akan membuat gaya vintage yang lebih cocok dengan era saat ini.

Japanese Style

Beberapa orang menyukai gaya Japanese style untuk mendesain rumah. Hal ini mengingat interior rumah ini mempunyai ciri minimalis dan tidak terlalu memuat banyak perabotan di dalam rumah. Style ini cocok untuk kamu yang mengaplikasikan hidup minimalis.

Compact house

Compact house menggunakan gaya rumah yang compact atau efektif. Efektivitas penggunaan ruangan ini terlihat dari furnitur yang digunakan. Sebuah furnitur mempunyai fungsi lebih dari satu. Misalnya lemari yang bisa menjadi tempat tidur dan meja.
Menentukan interior desain untuk kebutuhan pribadi pada dasarnya tidak susah. Kamu hanya perlu memahami prinsip dasar interior lalu mengkombinasikan dengan kebutuhan hunian milikmu. Perbanyak membaca referensi seperti gambar rumah atau portofolio para design interior untuk memperkaya pengetahuanmu mengenai style yang sedang banyak diminati.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.