Kamus Istilah Properti

Waterpass

istilah properti

Waterpass

Waterpass adalah alat untuk mengukur perbedaan ketinggian dan kemiringan suatu benda atau garis, baik pada posisi vertikal maupun horizontal.

Apa Itu Waterpass?

waterpass
(Urban Craft)

Pada proses konstruksi, waterpass adalah alat yang penting. Alat ini digunakan untuk mengukur perbedaan ketinggian dan kemiringan suatu benda atau garis, baik pada posisi vertikal maupun horizontal.

Di dalam alat ini terdapat kaca kecil berbentuk bundar dengan gelembung yang berasal dari air. Selain itu, ada juga lensa yang digunakan untuk melihat bidikan target.

Ketika digunakan, gelembunglah yang akan menjadi penentu ketepatan dan kesejajaran posisi. Jika alat ini sudah terpasang dengan tepat, maka gelombung akan berada tepat di tengah. Kemudian, pada bagian sisinya terdapat garisan pembagi yang dapat dipergunakan sebagai alat ukur panjang.

Kegiatan pengukurannya ini disebut dengan istilah levelling atau waterpassing. Ukuran waterpass terdiri dari berbagai jenis yang bisa Pins sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari 0.5 meter, 1 meter, 2 meter hingga 3 meter.

Umumnya, material alat ini terbuat dari kayu atau aluminium. Dibandingkan kayu, aluminium lebih banyak digunakan karena lebih tahan lama dan memiliki kesan yang lebih mewah. Alat yang disebut sebagai penyipat datar ini memiliki tingkat keakuratan yang tinggi. 

Fungsi Waterpass

fungsi waterpass
(Arafuru)

Biasanya, arsitek menggunakan waterpass saat merancang sketsa bangunan. Selain itu, alat ini juga dibutuhkan saat memasang berbagai elemen konstruksi yang diharuskan berada pada posisi yang rata seperti dalam pemasangan keramik. 

Lalu, apa fungsi dari alat satu ini? 

  • Menentukan level sejajar atau tegak lurus suatu benda terhadap sebuah permukaan.
  • Pada konstruksi, alat ini digunakan untuk memastikan pondasi yang dibangun tidak miring dan sesuai sketsa.
  • Jika tidak ada alat ini, maka bangunan atau pemasangan elemennya bisa miring. Jika pemasangannya tidak tepat maka memerlukan perombakan yang akan memakan biaya yang lumayan besar.
  • Memastikan posisi sudah tepat berdiri sehingga tidak mengurangi nilai estetikanya.

Mengenal Jenis Waterpass

Pins bisa menemukan alat ini dalam berbagai bentuk. Biasanya,  yang paling sering digunakan waterpass panjang 120 cm yang terbuat dari bahan kayu dengan tepi kuningan.

Secara teknisnya, ada tiga jenis waterpass dapat digunakan, antara lain:  

Waterpass Manual

(Wikimedia)

Jenis ini merupakan tipe manual dengan fitur gelembung pada bagian tengah sebagai pedoman saat proses pengukuran sebuah benda berlangsung. Kalau gelembung sudah menunjukkan level datar maka menunjukkan bahwa kedua bidang yang diukur telah berada pada posisi yang sejajar.

Harga waterpass manual sendiri bervariasi tetapi lebih murah mulai dari Rp14 ribuan. 

Waterpass Digital

Waterpass digital
(Lazada)

Dalam sistem kerjanya, tipe digital memanfaatkan laser untuk menentukan kesejajaran dan ketepatan posisi sebuah benda atau objek.Pada beberapa merk ternama, terdapat tiga mode ukur yaitu derajat, persentase, dan nada. 

Harga waterpass digital sendiri mulai dari Rp50 ribuan hingga jutaan rupiah. Tipe digital jenis ini memiliki fungsi serbaguna seperti menggantung gambar, memasang rak, pemasangan lantai, memasang wallpaper, dan sebagainya. 

Waterpass Auto Level

waterpass auto level
(Survei Cilacap)

Penggunaan automatic level waterpass ini untuk kalangan profesional dengan kaki tiga atau tripod. Alat ukur menyipat datar ini memanfaatkan teropong dengan dilengkapi nivo dan sumbu mekanis tegak sehingga teropong dapat berputar ke arah horizontal.

Bicara soal harga, tipe auto level dibanderol mulai dari Rp4 jutaan. 

Cara Memakai Waterpass

cara memakai waterpass
(How to Specialist)

Lalu, bagaimana cara menggunakan waterpass? Sederhananya, alat penyipat datar ini sudah dikalibrasi dalam proses pembuatannya. Artinya, Pins bisa dapat langsung memakainya dan cenderung sangat mudah. 

Berikut ini petunjuk cara memakai waterpass yang benar:

  • Letakkan alat penyipat datar pada posisi sejajar baik vertikal maupun horizontal sesuai dengan benda atau bidang yang akan diukur. 
  • Pegang alat sampai gelembung berhenti bergerak. Pins bisa melihat letak gelembung yang ada di lingkaran pada setiap sisi tabung.
  • Kalau gelembung terlihat di antara dua garis, maka bidang atau benda yang diukur sudah sejajar. 
  • Periksa ulang hasil pengukuran alat ini. Caranya Pins bisa memindahkan alat ini dari posisi benda yang diukur.

Untuk menjaga keakuratan alat ini, sebaiknya Pins membersihkannya terlebih dahulu sebelum digunakan. Apalagi jika alat ini sudah disimpan dalam waktu yang lama. Sebab, debu dan kotoran yang menempel bisa mengurangi tingkat keakuratannya. 

Pada tipe digital terdapat angka yang menentukan kesejajarannya. Pada skala mayor tentukan derajat dan menit dengan melihat jarum yang berimpit pada skala tersebut, masing-masing skala memiliki nilai 10′.

Pada skala nonius juga menentukan ukuran jarum yang bertepatan dengan skala, dengan besar sudut masing-masing skala 20″. Jumlahkan hasil bacaan antara skala utama dan skala nonius.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar waterpass. Mengingat alat ini terbilang penting, pastikan Pins memilikinya ketika hendak memasang benda atau objek agar lebih sejajar, ya! 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.