Kamus Istilah Properti

Rustic

istilah properti

Rustic

Rustic adalah konsep arsitektur dan interior, yang menampilkan kesan alami, terinspirasi dari struktur bangunan perdesaan dengan penggunaan dari material yang tidak dihaluskan, seperti kayu, batu, atau logam.

Apa Itu Rustic?

(Bramble Furniture)

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) rustic memiliki arti kasar, berkarat, berkesan pedesaan, tua. Lebih jelasnya, arsitek Probo Hindarto, menjelaskan rustic adalah gaya dalam desain arsitektur dan interior, yang menitikberatkan kesan alami, dari material yang tidak dihaluskan, seperti kayu, batu, logam, dan sebagainya.

Fokus desain rustic adalah menciptakan suasana santai dengan menonjolkan penggunaan kayu, batu, dedaunan, dan elemen organik lainnya.  

Gaya ini menampilkan elemen kayu, semakin banyak ketidaksempurnaan dan semakin kasar konstruksinya, maka biasanya akan semakin baik. Kesan yang ingin ditampilkan dari gaya satu ini kehangatan dan kenyamanan.  

Semula rumah gaya arsitektur ini berasal dari Amerika Serikat, yang bangunannya banyak digunakan untuk gedung pemerintah di pedesaan.

Sementara jika dilihat dari sejarahnya, tepatnya di era Romawi hingga Renaisans, desain rustic menggunakan finishing fasad dengan bebatuan yang teksturnya kasar dan kontras. Tak lupa,  ornamen pendukung pun ditambahkan sehingga akan membuat ruangan menjadi lebih cantik. 

Di Indonesia sendiri, gaya rustic sudah populer sejak lama. Misalnya, rumah-rumah di kawasan pedesaan, rumah adat, atau rumah tua yang dibuat dari kayu kasar. Seluruh rumah ini, termasuk dalam gaya rustic karena material yang kuat yang tidak mendapat sentuhan amplas, aci, atau finishing lainnya. 

Ciri-ciri Gaya Rustic

(Foyr)

Untuk dapat membedakan rustic dengan gaya arsitektur lainnya, Pins bisa melihat ciri dan karakteristiknya. Berikut ini beberapa cirinya: 

Kesan yang Kuat pada Tekstur Bangunan

Penggunaan material dengan kesan yang kuat menjadi salah satu ciri utama gaya desain ini. Pins bisa melihatnya pada berbagai elemen seperti dinding, atap dan lantai. 

Umumnya, bentuk atap rumah bergaya rustic itu terbuka dengan menonjolkan material yang kasar dan terkesan tua. Kemudian, bagian tembok pun biasanya tidak dihaluskan atau ditutupi dengan unsur bebatuan dengan tekstur yang kuat.  

Material Bernuansa Alam dan Tampak Tua

Ciri khas berikutnya terletak pada penggunaan material alami mentah yang belum diolah misalnya unfinished wood yang menghadirkan nuansa asri. Desainnya memiliki tekstur yang kasar dengan tepian tanpa polesan dari mesin yang membuatnya berkilau dan tidak menggunakan kayu imitasi.

Material lain yang dapat digunakan pada gaya ini antara lain batu alam, besi tempa, logam, dan bahan alami lain seperti katun, linen, wol, atau kulit.  

Didominasi Warna Tanah yang Hangat

Warna tanah alias earth tone, seperti warna batu, laut, lumpur tanah, atau batang kayu akan mendominasi hunian berkonsep rusctic. Warna ini dibuat untuk memberikan tampilan hunian yang terasa lebih hangat dan menarik. 

Jika Pins tertarik untuk menggunakan desain ini di rumah, maka pilihlah warna-warna seperti cokelat, abu-abu, hijau, khaki, warna merah oxblood, biru tua, dan warna natural lainnya. Pins juga dapat menambahkan warna yang lebih cerah sebagai aksen dalam ruangan seperti kuning, merah, maupun oranye.

Interior Bertekstur  

Ciri khas selanjutnya terletak pada interiornya yang bertekstur. Sehingga membuat ruangannya terlihat penuh. Misalnya dengan menambahkan tekstur seperti pajangan antik. Selain terkesan penuh, ruangan juga akan terlihat tua dan menarik.  

Untuk mempertajam identitas dari desain interior rustic sebaiknya menggunakan lapisan cat matte atau diamplas untuk bagian tepinya. 

Furnitur Tua 

Dari segi furnitur, rumah rustic erat dengan perabot tua seperti dari bongkahan kayu atau lampu gantung berkarat. Misalnya penggunaan meja biasanya memiliki tekstur kasar di bagian tepiannya dan biarkan tanpa polesan sehingga tampak berkilau.

Lalu beberapa pemilik rumah juga memilih kursi atau bangku yang terbuat dari batang pohon sehingga lebih menarik. Adapun untuk dekorasinya, bisa ditambahkan kain yang dijahit manual atau dijahit dengan menggunakan tangan untuk menambahkan kesan kesederhanaan namun indah. 

Apakah Rustic dan Farmhouse Itu Sama?

Sepintas, desain ini mirip dengan gaya farmhouse. Keduanya memiliki kesamaan yaitu fokus pada kenyamanan dan kesederhanaan, tetapi bagaimana mereka mencapai tujuan tersebut sangatlah berbeda.

Farmhouse tampil sederhana dengan aksen warna putih dan tetap mengandalkan elemen halus. Hanya beberapa bagian saja lebih kasar dan tidak di-finishing untuk menambah pesona. 

Sementara rustic kebalikannya. Sebagian besar elemen akan kasar atau belum selesai, dengan mungkin beberapa bagian yang disempurnakan untuk membuat desain lebih kontemporer.

Inspirasi Gaya Rustic di dalam Hunian

Menata ruangan dengan konsep rustic membutuhkan keterampilan lebih. Sebab, salah-salah bisa jadi ruangan terkesan berantakan dan tidak rapi.

Buat Pins yang ingin memiliki rumah bergaya ini, yuk lihat inspirasinya berikut ini.

Ruang Makan dengan Furnitur Etnik

(Rustic Modern Furniture)

Tampilan rustic pada desain ruang maka ini sangat menarik adanya elemen etnik di dalamnya. Pada contoh di atas, Pins bisa melihat adanya furniture etnik yang umumnya tidak dipoles pada rumah bergaya modern yang kental. Hal ini akan menjadikan ruangan terkesan bersih.

Ruang Tamu Cantik dengan Panel Kayu

(Decoist)

Inspirasi desain ruang tamu cantik ini memberikan kesan natural dengan tambahan panel kayu bertekstur. Panel kayu yang diletakkan di area utama rumah ini bisa menjadi aksen menarik yang membuat siapa saja menoleh ke arahnya. 

Tambahkan sofa berwarna coklat atau warna cerah untuk melengkapi konsep rustic di rumahmu. 

Unsur Rustic dan Modern Pada Kamar Tidur

(Pinterest)

Tidur di ruangan berkonsep rustic akan memberikan kesan yang hangat dan nyaman karena adanya unsur kayu di dalamnya. Tetapi tak perlu seluruh ruangan, elemen rusctic bisa dipadukan dengan konsep modern seperti pada desain kamar tidur yang satu ini.

Untuk menambah kesan, Pins bisa menambahkan karpet bulu berwarna gelap dan bangku dari kayu biar semakin cantik.

Dapur dengan Countertop dari Marmer

(Grid)


Mau memasak menjadi lebih menyenangkan? Pins bisa memilih material marmer pada countertop dapur sehingga memberikan tampilan mewah. Material yang kuat memenuhi kriteria gaya rustic.

Pins juga bisa menambahkan kitchen set kayu yang kental sehingga memberikan tampilan yang lebih modern. 

Kamar Mandi Nyaman Layaknya Peristirahatan Pedesaan

(Decor or Design)

Gaya ini juga bisa, lho, diterapkan pada area kamar mandi. Dengan desain ini, Pins akan merasa lebih dekat dengan alam bebas. Kamar mandi unsur kayu ini bisa membawa elemen alam layaknya cottage di pedesaan.

Tertarik mengadaptasi gaya ini di rumahmu, Pins? 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.