Kamus Istilah Properti

Akun Bank

istilah properti

Akun Bank

Akun Bank adalah rekening keuangan pencatatan transaksi keuangan antara nasabah dengan bank.

Apa itu Akun Bank?

akun bank
(Pixabay)


Akun Bank adalah rekening keuangan pencatatan transaksi keuangan antara nasabah dengan bank, juga rekening keuangan dapat mencatat posisi keuangan dari nasabah dengan bank Rekening Keuangan memuat nilai dari harta seperti pendapatan, pengeluaran dan transaksi lainnya.

Fungsi Mempunyai Akun Bank?

Banyak manfaat yang bisa Pins dapatkan dengan memiliki akun bank, tidak hanya kemudahan dalam bertransaksi. Berikut ini beberapa manfaat dari akun bank:

1. Mengontrol Keuangan

Dengan memiliki akun bank Pins bisa mengontrol pemasukan dan pengeluaran dengan lebih detail dan jelas.  Pins juga akan lebih mudah untuk mengelola keuangan dengan mengetahui dana yang masuk atau keluar, jadi kondisi keuangan kamu akan lebih sehat.

2. Uang yang Disimpan Akan Aman

Banyak resiko muncul bila kamu menyimpan uang atau menabung sendiri di rumah, seperti terjadinya kebakaran, kebanjiran, kerampokan atau resiko kehilangan uang lainnya. Untuk itu penting bagi kamu untuk membuat akun bank karena telah memiliki keamanan yang terjamin.

3. Dapat Diambil Kapanpun

Jika Pins dalam keadaan terdesak membutuhkan uang tunai, Pins dapat menarik uang yang telah disimpan atau ditabung dalam rekening kapan saja, account bank memiliki sifat yang fleksibel. Tapi Pins juga harus melakukan persiapan jika sewaktu waktu ada keperluan darurat.

4. Kemudahan Dalam Transfer dan Menerima Uang

Pada zaman ini hampir semua orang memiliki akun bank, dan banyak juga dari mereka yang menggunakannya untuk keperluan bisnis. Dengan memiliki account bank Pins akan dengan mudah melakukan transfer uang dan menerima uang dari orang lain.

5. Keuntungan Bunga dan Bagi Hasil

Keuntungan lain adalah Pins akan menerima bunga bila membuka rekening di bank konvensional, tapi bila di bank syariah Pins akan mendapatkan keuntungan bagi hasil. Jadi pilihlah bank sesuai dengan yang kamu inginkan.

6. Kemudahan Dalam Berbelanja

Pins tidak perlu bawa uang cash dengan nominal yang besar, karena teknologi sekarang memungkinkan Pins untuk melakukan transaksi secara cashless. Hanya cukup menggunakan kartu ATM, yang otomatis akan didapat saat Pins membuat akun bank. Pins dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan mesin EDC yang disediakan swalayan.

7. Mengikuti Program Berhadiah dari Bank

Beberapa bank memiliki program berhadiah bagi nasabah yang memiliki saldo tabungan terbanyak, hadiah yang ditawarkan juga menarik lho Pins, seperti sebuah mobil, motor dan bahkan logam mulia.

8. Syarat untuk Mengajukan Kredit

Keuntungan lain bila Pins memiliki account bank adalah Pins dapat mengajukan berbagai jenis kredit, baik pembelian barang ataupun untuk melakukan pinjaman. Pins hanya perlu menunjukan rekening koran selama 3 bulan terakhir. Tapi gunakanlah kartu kredit secara bijak ya! 

Cara Membuat Akun Bank

1. BCA

Pins tidak perlu lagi datang ke Bank langsung bila ingin membuat akun bank BCA, karena saat ini pembuatannya dapat dilakukan secara online, berikut tahapannya:

  • Unduh aplikasi BCA Mobile
  • Pilih fitur ‘Buka Rekening Baru’
  • Pilih produk rekening BCA yang diinginkan (Tahapan, Tahapan Xpresi dan Tahapan Gold)
  • Lengkapi isian dokumen data diri :  Foto kartu e-KTP, foto diri, foto tanda tangan di atas kertas, foto NPWP (optional, jika ada)
  • Pilih tujuan utama membuka rekening :Transaksi, Menabung/Investasi, Keperluan Pribadi, Tujuan Lainnya
  • Pilih Fasilitas Produk : pilih kartu paspor (kartu debit) yang Pins inginkan
  • Verifikasi Data. Pihak Customer Service BCA akan melakukan video call sekitar 5 menit. Klik Melakukan Video Call
  • Aktivasi : Buat nomor PIN untuk transaksi mobile dan internet banking
  • Segera lakukan setoran awal, transfer atau setor tunai tanpa kartu di mesin ATM BCA terdekat
  • Rekening tabungan BCA Pins sudah jadi dan bisa digunakan untuk transaksi perbankan

2. Mandiri

Untuk membuat account bank Mandiri secara online Pins dapat mengunduh aplikasi Livin’, lalu ikuti langkah – langkah berikut:

  • Masukan data Mandiri kartu debit
  • Verifikasi nomor ponsel melalui SMS 
  • Menentukan user id dan password
  • Melengkapi data diri
  • Memasukan Pin
  • Dan registrasi pun selesai

Akan tetapi sebelum mengunduh aplikasi tersebut pastikan Pins memenuhi syarat nomor dan perangkat yang digunakan. Bank Mandiri didukung oleh operator Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dan 3 (Tri), pastikan juga pulsa di handphone kamu mencukupi ya dan ada minimal spesifikasi untuk OS smartphone seperti Android minimal lolipop 5.1 dan IOS dengan versi 8 ke atas.

Itulah beberapa informasi mengenai apa itu akun bank, fungsi dan cara bagaimana membuatnya. Semoga bermanfaat ya!


Bagi Pins yang sedang mencari rumah pertama, temukan beragam pilihan rumah idaman terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Anda di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kamu kemudahan membeli properti

Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.