BlogPemilik PropertiDesain HunianDesain Ruang Tamu Kecil Sekali Namun Tidak Terasa Sesak
0
0

Desain Ruang Tamu Kecil Sekali Namun Tidak Terasa Sesak

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jan 11, 2024

8 menit membaca

Copied to clipboard
Desain Ruang Tamu Kecil Sekalitop-right-banner

Pilihan desain rumah minimalis memang telah menjadi favorit banyak orang. Namun, terkadang hunian minimalis juga memiliki masalahnya sendiri. Salah satunya terdapat pada ruang tamu. Karena keterbatasan dan penggunaan lahan yang dimaksimalkan, maka sering dijumpai desain ruang tamu kecil sekali pada rumah minimalis. Simak artikel ini untuk memiliki ruang tamu kecil sekali, namun tidak terasa sesak!

Kamu dapat mendapatkan rumah impian kamu yang nyaman dan indah di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Bila kamu tertarik dengan rumah dengan desain ruang tamu versi kecil sekali, kamu dapat mengetahui harga estimasinya di PinValue.

Baca juga: Apa Sih Ruang Tamu Minimalis Itu? Kamu Bisa Lakukan Hal Simpel Ini Untuk Mendapatkannya

Desain Ruang Tamu Kecil Sekali

Luas ruang tamu yang terbatas sebenarnya bisa disiasati. Walaupun ruang tamu kecil, tetapi bukan berarti ruangan menjadi kurang nyaman, sesak, dan pengap.

Ada beberapa trik yang dapat digunakan untuk membuat ruang tamu kecil sekali, tetapi tetap nyaman, seperti pemilihan furnitur dan penataan ruangan pastinya ruang tamu akan terasa lebih nyaman.

Berikut ini beberapa desain ruamh tamu kecil sekali:

1. Desain Minimalis Tanpa Sekat

Source : IdeaGrid

Desain ruang tamu semacam ini sudah sangat umum ditemukan di berbagai rumah, terutama yang mengusung konsep minimalis. Dengan tidak adanya sekat atau dinding pembatas, ruang tamu memang akan terlihat lebih luas dan menyatu dengan ruangan lainnya, seperti ruang makan atau ruang keluarga.

Namun, desain semacam ini juga dianggap kurang menutup privasi. Untuk desain semacam ini, sebaiknya gunakan warna dominan putih untuk cat dan warna perabotnya agar tetap tampil berkelas.

2. Desain Kombo Ganda

Source : Mustikaland

Kombo ganda adalah salah satu desain yang menggabungkan dua ruangan. Pengaplikasiannya adalah dengan mengurangi penggunaan sekat antara kedua ruangan yang ada pada ruangan sempit. Contoh penerapan desain ruang tamu ini yaitu penggabungan antara ruang tamu dengan ruang makan yang disekat menggunakan lemari buku.

Baca juga: Desain Ruang Tamu yang Baik dan Benar

3. Desain Konsep Zen

Source : DesignRumah

Jika ruang tamu kecil di dalam rumah cukup memiliki penerangan alami, konsep zen yang mendesain ruang tamu menjadi lesehan patut dicoba. Desain zen sangat mengedepankan unsur alam, maka dari itu tempatkan juga dekorasi tanaman hias di dalam ruang tamu. Gunakan alas yang sesuai dan tempatkan beberapa sofa di bagian yang terkena sinar matahari.

4. Desain Tema Japandi

Source : InteriorDesign

Desain Japandi adalah gabungan dari desain tema Jepang dan Skandinavia. Pengaplikasian desain bertema Japandi menitikberatkan pada penataan ruangan dan penggunaan perabot praktis serta compact. Dekorasi yang digunakan di dalam ruangan tidak terlalu berlebihan, tetapi tetap mengusung nuansa modern dan bergaya.

Desain ruang tamu bertema Japandi cukup digandrungi karena cukup ringkas, tetapi dapat membuat tampilan ruang tamu menjadi terkesan luas dan mewah.

Baca juga: 20 Ide Sulap Teras Jadi Ruang Tamu Mini

5. Desain Nuansa Tropikal

Source : Mustikaland

Desain bernuansa tropikal pada ruang tamu kecil sekali memakai unsur warna putih, cokelat, dan emas. Warna putih bisa menjadi warna dinding ruang tamu, warna cokelat bisa dipilih untuk warna furnitur, dan warna emas dapat diaplikasikan pada dekorasi lainnya. Manfaatkan sofa yang seukuran dinding agar ruangan dapat terkesan luas juga bergaya.

6. Desain Ala Skandinavia

Source : Courtina

Ruang tamu ala skandinavia bisa kamu ciptakan di rumah dengan mudah, Pins. Walaupun ruangan berukuran kecil, konsep skandinavia bisa dibuat hanya dengan memanfaatkan berbagai barang yang ada. Pertama, gunakan karpet bulu sebagai alas ruang tamu. Kedua, taruh sofa minimalis yang berisi 2 atau 3 dudukan.

Terakhir, tambahkan dekorasi dengan perabot berbahan kayu agar ruangan tampil lebih elegan.

Baca juga: 17 Rekomendasi Desain Ruang Tamu Mewah

7. Desain Sempit dan Memanjang

(

Jika Pins memiliki ruang tamu dengan konfigurasi persegi panjang, maka bisa menerapkan desain yang satu ini. Desain sempit dan panjang memfokuskan pada sirkulasi utama sehingga harus dibuat senyaman mungkin. Ide dan desain berbagai konsep sebenarnya dapat diterapkan, namun penting untuk memperhatikan ukuran furnitur karena dapat membuat jalan lebih sempit.

8. Desain Dominasi Putih

Source : HouseBeautiful

Penggunaan warna putih cocok untuk ruangan yang kecil dan sempit karena akan memberikan ilusi ruangan yang lebar. Warna putih juga dapat dikombinasikan dengan berbagai material dan kombinasi warna karena sifatnya yang fleksibel.

Baca juga: 7 Inspirasi Ruang Tamu Tanpa Sofa Super Nyaman

9. Desain Maskulin

Source : Pinterest

Perpaduan warna-warna gelap seperti biru tua, merah maroon, dan cokelat, dapat memberiikan kesan maskulin pada ruangan. Desain seperti ini cocok teruntuk Pins yang menyukai kesederhanaan namun ruangan yang modis. Kamu dapat menambahkan hiasan dinding berupa foto atau rak buku.

10. Desain Bohemian

Source : Pinterest

Desain bohemian merupakan desain yang melibatkan banyak permainan pola dan tekstur. Pins dapat menggunakan warna-warna kalem seperti cokelat muda dengan aksen kayu untuk memberikan kesan ruangan yang nyaman. Kamu juga dapat menggunakan hiasan dinding seperti kaca atau jaring-jaring kain.

11. Desain Ruang Tamu dengan Kaca

Source : PolaRumah

Terkadang, akan menjadi tantangan tersendiri dalam mendekorasi ruang tamu yang kecil, apalagi memiliki bentuk yang tidak biasa. Pins bisa menggunakan kaca, mulai dari hiasan, hingga kaca besar untuk memberikan kesan ruangan yang luas.

Baca juga: 15 Hiasan Ruang Tamu Minimalis yang Simpel

12. Desain Urban

Source : HomeBNC

Terkadang, banyak sekali desain unik dan lucu yang menggunakan pola. Diantaranya seperti corak hewan, atau motif lainnya. Pins dapat mengkreasikan dengan cermat berbagai macam pola ini untuk memberikan sentuhan urban pada ruangan yang unik dan tentunya nyaman.

13. Desain Mewah Minimalis

Source : Pinterest

Ruang tamu merupakan bagian pertama yang akan dilewati, sehingga penting untuk mendekorasinya sebaik dan senyaman mungkin, Kamu bisa menggunakan konsep mewah namun minimalis. Pins dapat menggunakan material parkit kayu, menggunakan keramik dinding berwarna kalem, dan memberikan downlight.

14. Desain Ruang Tamu Dominasi Pink

Source : Decoist

Kalau tadi ada ruang tamu bergaya maskulin, gaya ruang tamu satu ini justru kebalikannya. Dominasi warna pink pada ruang tamu akan memberikan kesan manis dan feminim. Perpaduan dengan aksen hitam dan putih serta corak floral dapat memberkan kesan retro yang unik. Tentunya kamu akan betah untuk berlama-lama di ruangan ini, deh!

Baca juga: 7 Tips Menata Ruang Tamu Pintu Tengah Agar Proposional

15. Desain Cozy Bergaya Hungaria

Source : Pinterest

Mengakali ruangan sempit agar tampak luas dapat terlihat menantang. Desain Hungaria dapat menjadi solusi kamu. Pins dapat menggunakan rak-rak, kaca, serta sofa agar ruangan tetap terkesan nyaman. Kamu dapat memajang semua pernak-pernik ruangan dan menyimpan benda-benda penting dalam kabinet rak.

Selain terlihat bersih dan luas, ternyata kamu menyimpan banyak benda yang bahkan tidak diketahui orang lain. Praktis bukan?

Itu dia beberapa konsep desain ruang tamu kecil sekali yang bisa kamu pilih dan aplikasikan di rumah. Kalau kamu, suka desain yang mana, Pins?

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat Untuk Interior Rumah Anda

Feature Source Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download