BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Model Rak Buku Aesthetic yang Bisa Mempercantik Ruangan
0
0

10 Model Rak Buku Aesthetic yang Bisa Mempercantik Ruangan

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Agu 22, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Rak Buku Aesthetictop-right-banner

Rak buku aesthetic sangat penting untuk meningkatkan mood membaca, terlebih jika rak buku itu diletakkan di ruang baca yang nyaman. Selain itu, menata rak buku dengan cantik akan membuat ruang baca terlihat rapi dan anti buku berserakan. 

Model rak buku aesthetic bisa menjadi salah satu unsur penting untuk menata ruang di rumah second di Jakarta Timur atau rumah di Bekasi yang baru kamu beli. Sedangkan kamu yang punya rumah tidak ditempati bisa titip jual rumah di Pihome.

Mempunyai rak buku menjadi salah satu kewajiban bagi kamu yang hobi membaca dan mengoleksi buku. Dengan adanya rak penyimpanan, buku-buku koleksi akan tersimpan dengan rapi dan tidak berserakan. 

Selain itu, rak buku juga bisa membantu kamu dalam menata buku sesuai dengan genre-nya masing-masing. Seperti diketahui, rak buku biasanya didesain dengan beberapa kompartemen yang bisa dijadikan sebagai patokan menyimpan buku sesuai genre

Baca juga: Pilihan Rak Buku Minimalis untuk Inspirasimu

Fungsi Rak Buku

Rak Buku Aesthetic
Source : Pixabay

Selain sebagai penyimpanan, rak buku juga memiliki beberapa fungsi lain yang tak kalah bermanfaat bagi kamu sebagai pemilik. Berikut beberapa fungsi rak buku yang perlu kamu ketahui. 

1. Organisasi

Rak buku membantu menjaga buku-buku kamu tetap terorganisir dan mudah diakses layaknya perpustakaan pribadi. Adanya rak memungkinkan kamu untuk dengan cepat menemukan buku yang dicari tanpa harus mencari di seluruh rumah.

Dengan demikian, salah satu unsur yang perlu diperhatikan saat membuat rak buku adalah unsur aksesibilitas. Pastikan rak buku milikmu berfungsi dengan optimal dan membantu memudahkan dalam menyimpan dan mengakses buku. 

2. Perlindungan

Rak buku juga berfungsi untuk melindungi buku-buku dari debu, kotoran, dan paparan cahaya langsung. Diketahui, buku adalah benda yang terbuat dari kertas sehingga rentan rusak jika terpapar kotoran atau cahaya secara langsung dalam jangka waktu yang lama. 

3. Penyajian Estetik

Unsur estetika juga perlu dipertimbangkan dalam memilih model rak buku. Pasalnya, fungsi rak buku yang lain adalah bisa memberikan tampilan estetik dan merapikan ruangan. Rak buku minimalis yang rapi dapat menjadi elemen dekorasi yang menarik.

4. Menghormati Karya Tulis

Buku adalah karya yang luar biasa dan tak ternilai harganya. Di dalam buku, selain ada ilmu pengetahuan, juga ada jerih payah penulis yang juga harus dihargai. Salah satu bentuk penghormatan itu adalah dengan menempatkan karya tulis atau buku di tempat yang layak, seperti rak buku. 

Baca juga: Dijamin Bagus, Inilah Cara Membuat Rak Buku Dari Kardus Bekas Pakai

Model Rak Buku Aesthetic

Berikut ini 10 model rak buku aesthetic yang bisa dijadikan inspirasi untuk menyimpan buku-buku koleksi kesayanganmu di rumah. 

1. Rak Buku Rotating

Rak Buku Aesthetic
Source : Pinterest

Model rak buku ini cukup estetik dan unik. Pasalnya, rak buku dibentuk bulat seperti tabung dengan partisi sebagai ruang untuk 3-4 buku. Jangan lupa untuk mendesain partisinya bisa diputar, sehingga memudahkan kamu untuk mengambil buku yaitu dengan memutarnya saja. 

Rak buku rotating ini bisa dibuat dalam berbagai ukuran, dari yang kecil, sedang, hingga besar. Selain itu, model ini juga multifungsi karena bagian atas bisa dijadikan sebagai tempat lampu hias

2. Sudut Baca

Rak Buku Aesthetic
Source : Pinterest

Model rak ini cocok untuk kamu yang memiliki koleksi buku dalam jumlah yang banyak. Siapkan satu sudut ruangan sebagai ruang baca, lalu pasang rak dari kayu pada bagian dinding sebagai rak buku. 

Dengan demikian, rak buku dan ruang baca ada di satu titik yang sama. Hal ini selain memudahkan juga tidak merepotkan, kamu juga tidak bakal lupa untuk meletakkan kembali buku pada tempatnya karena berada di satu area yang sama saat membacanya. 

3. Rak Berbentuk Huruf

Rak Buku Aesthetic
Source : Pinterest

Desain rak buku ini sangat estetik, karena berbentuk huruf. Artinya, semakin banyak buku, maka semakin banyak rak bentuk huruf yang diperlukan. Dengan demikian, kamu bisa menyusun huruf-huruf itu menjadi kalimat motivasi atau bahkan nama kamu sendiri. 

4. Rak Buku Pohon

Rak Buku Aesthetic
Source : Pinterest

Nama model rak buku aesthetic ini disesuaikan dengan bentuknya yang menyerupai pohon. Tentu saja rak buku ini dibuat dari bahan kayu, dan bukan pohon sungguhan. Namun kamu perlu menyiapkan tangga untuk dapat meraih buku yang ada di dahan paling tinggi. 

5. Studio Baca

Rak Buku Aesthetic
Source : Pinterest

Model rak buku ini bisa sekalian dijadikan sebagai tempat baca. Bulatan-bulatan itu tinggal diberi bantal duduk agar menambah kenyamanan saat membaca. Perlu dicatat, rak model ini cocok untuk kamu yang koleksi bukunya banyak sehingga layak disiapkan satu ruangan khusus untuk mereka. 

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Rak Buku Minimalis Untuk Ruangan Sempit

6. Rak Bunga Matahari

Rak Buku Aesthetic
Source : Pinterest

Rak buku estetik berikutnya didesain dengan bentuk bunga matahari. Selain berguna sebagai tempat penyimpanan buku, rak dengan dengan ini bisa memberikan tambahan estetika pada ruangan. Kamu bisa menerapkan rak ini di ruang keluarga atau bahkan ruang tamu. 

7. Rak Buku Asri

Rak Buku Aesthetic
Source : Pinterest

Rak buku model ini sebenarnya biasa saja, yaitu berupa rak dari kayu pada umumnya. Tapi yang membuatnya memiliki nilai lebih adalah letaknya di ruang baca yang berbatasan langsung dengan taman. Kamu bisa mendapatkan ketenangan dan suasana asri saat membaca buku di sini. 

8. Rak Buku Sliding

Rak Buku Aesthetic
Source : Pinterest

Model rak buku ini berbentuk seperti lemari, namun tanpa daun pintu. Sebaliknya, pintu rak ini merupakan partisi, yang jika ditarik maka tumpukan buku akan berjajar di hadapan. 

9. Rak Buku Partisi

Rak Buku Aesthetic
Source : Pinterest

Rak buku juga bisa berfungsi sebagai partisi ruangan yang memisahkan antara satu ruangan dengan yang lain tanpa membuat dinding pembatas secara permanen. Dengan menggunakan rak buku, kamu bisa mengubah tata ruang dan luasnya sesuka hati karena tinggal menggeser raknya saja. 

10. Rak di Bawah Tangga

Rak Buku Aesthetic
Source : Pinterest

Ruang kosong di bawah tangga sering membuat pusing, karena ukurannya yang nanggung sehingga tidak cocok dijadikan ruangan. Tak perlu khawatir, kamu bisa memanfaatkannya menjadi tempat penyimpanan buku yang estetik. 

Secara keseluruhan, rak buku memiliki peran penting dalam menjaga buku-buku tetap teratur, aman, dan mudah diakses. Demikian ulasan tentang rak buku aesthetic yang bisa kamu terapkan di rumah. 

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Parama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download