Tips Memilih Arsitek Berkualitas Untuk Bangun Rumah - Pinhome

Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412
  • Blog
  • Properti
  • Tips Memilih Arsitek Berkualitas Untuk Bangun Rumah

Tips Memilih Arsitek Berkualitas Untuk Bangun Rumah

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 3 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Ketika melihat iklan promosi rumah yang megah dan fungsional di media cetak dan TV, seringkali muncul keinginan untuk memiliki rumah senyaman itu. Namun, sebagian orang ingin membuat rumah sendiri yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Seringkali, membeli rumah yang siap huni tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan yang diharapkannya. Oleh sebab itu, mendesain dan membangun rumah sendiri sering kali menjadi pilihan yang tak pernah pupus seiring dengan perkembangan jaman, meskipun developer rumah semakin merajalela di dunia marketing.

Baca Juga: Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan ke Developer Sebelum Membeli Rumah

Dengan begitu, kamu membutuhkan seorang arsitek, untuk mewujudkan rumah impian yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Dengan membayar seorang arsitekur desain rumah, kamu bisa membuat rumah yang indah, nyaman dan yang terpenting, sesuai dengan karaktermu.

Lantas, bagaimana cara mencari arsitek terbaik yang sesuai dengan kebutuhan? Berikut tips memilih arsitek berkualitas untuk bangun rumah.

Baca juga: Persiapan Sebelum Membangun Rumah

Tips memilih Arsitek Berkualitas

tips memilih arsitek
(Shutterstock)

Riset Arsitek

Bertanyalah pada relasi, siapa arsitek dibalik megahnya gedung yang mereka miliki. Kamu juga bisa browsing di internet untuk menemukan arsitek bereputasi tinggi yang memahami kebutuhanmu. Kamu juga bisa menemukan daftar arsitek yang berkemampuan tinggi di beberapa majalah, Koran ataupun channel televisi yang menampilkan program yang berkaitan dengan dunia arsitektur.

Baca juga: Setiap Orang adalah Arsitek Bagi Rumahnya Sendiri

Survei Arsitek

Setelah mencari beberapa sumber atau arsitek berkualitas, hubungi mereka untuk mengkonsultasikan keinginanmu. Cari tahu dengan menghubungi media tersebut. Hubungi arsitektur tersebut dan pastikan kamu tidak menguhubungi satu orang arsitek saja, beberapa arsitek yang menurutmu mumpuni pun perlu dihubungi agar ada perbandingan di antara mereka.

Konsultasi Rencana

tips memilih arsitek
(Shutterstock)

Konsultasikan tentang bagaimana keinginanmu dan pilihlah mana arsitek yang terbaik dan cocok dengan kebutuhanmu. Dengan menghubungi mereka, kamu akan tahu bagaimana mereka bereaksi dengan ide yang kamu realisasikan.

Tanyakan pula, apakah saat wawancara mereka mengenakan biaya? Ini sangat penting sekali agar kamu bisa mempersiapkan segalanya. Bertemu secara langsung dengan arsitek yang dimaksud juga bisa membantumu menemukan keputusan yang tepat. Setelah itu, pastikan kamu sudah menemukan orang yang tepat dan menghubungi salah satu dari mereka untuk konfirmasi persetujuan.

Buat Janji Temu

tips memilih arsitek
(Shutterstock)

Buatlah janji dengan arsitek tersebut, kesan akrab lebih memungkinkanmu untuk mendapatkan manfaat yang lebih dengan arsitek tersebut. Jangan lupa tanyakan berapa lama proyek pembangunan rumah tersebut akan berlangsung. Perkiraan biaya yang akan dikeluarkan sekaligus gaji untuk arsitek perlu didiskusikan dalam pertemuan tersebut.

Background Check

Merujuk pada kredibilitas arsitek, silahkan untuk bertanya seputar latar bellakang profesinya agar kamu bisa mengetahui fakta mengenai profesi mereka, apakah mereka sudah memiliki ijin dan lain sebagainya. Reputasi memang penting untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan mereka.

Arsitek adalah klien yang kamu ditemui selama beberapa bulan, tentu akan lebih baik jika kamu merasa nyaman dalam berbagi ide dan komunikasi yang membantu terciptanya hubungan sinergis antara klien dan arsitek.

Sekiranya, itulah beberapa tips memilih arsitek berkualitas yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat ya, Pins!

Artikel terkait:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel