Pinhome

Tips Properti

Prinsip-Prinsip Pembuatan Denah Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Saat ini desain rumah minimalis sedang menjadi tren  terutama di perkotaan besar karena desain rumah minimalis memiliki nilai praktis, fungsional, hemat, dan efisien. Rumah minimalis memang menekankan bentuk desain yang lugas, polos, sederhana, tidak rumit, kompak, dan efisiensi ruang. Biasanya rumah minimalis dibangun diatas lahan sempit dan model rumahnya berbentuk kotak sederhana karena itulah diperlukan kreatifitas untuk memaksimalkan ruangnya. Hal ini terkait dengan pembagian denah rumah yang efektif.

Untuk membuat denah rumah mulailah dengan membuat daftar ruangan yang dibutuhkan berikut luas yang diinginkan. Kebutuhan akan ruang ini juga harus disesuaikan dengan model rumah, bila kurang maka buatlah ruang multifungsi. Mulai dengan ruangan yang utama terlebih dahulu seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu dan seterusnya.

Kemudian hitung luas masing-masing ruangan, lalu susun posisi ruangannya. Lalu posisi ruangan yang basah sebaiknya, seperti dapur, kamar mandi, tempat mencuci, dibuat  secara berdekatan atau berada dalam satu jalur untuk memudahkan pemasangan instalasi air bersih dan air kotor. Upayakan buangan air kotor ke septic tank lurus tanpa berbelok. Pembagian denah rumah ke dalam area kering dan area basah akan menjadikan rumah lebih sehat.

Untuk membuat denah rumah yang sehat juga perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, sirkulasi udara dan sinar matahari yang maksimal untuk kesehatan dan kenyamanan. Untuk bisa mendapatkan sirkulasi udara, buatlah langit-langit yang agak tinggi atau sebuah bagian atap yang bertingkat agar sinar matahari bisa masuk, buatlah bukaan menghadap datangnya sinar tapi posisinya jangan langsung masuk. Pasang penahan sinar matahari, misalnya kerai atau kanopi. Usahakan rumah tidak menghadap timur agar cahaya matahari tidak langsung masuk ke dalam rumah.

Kedua, pastikan rumah anda memiliki taman sebagai penyaring udara kotor dan debu yang masuk ke dalam rumah dan sebagai penambah oksigen. Fungsikan taman itu secara optimal dengan menjadikannya rimbun oleh tanaman. Jadi walaupun  desain rumah minimalis namun bisa mengoptimalkan fungsi ruang melalui pembagian denah rumah yang sehat.

Tags :

Bagikan Artikel