BlogPemilik PropertiDesain HunianPrinsip Dasar Desain Rumah Minimalis
0
0

Prinsip Dasar Desain Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 5, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
biaya jasa desain rumahtop-right-banner

Hingga saat ini desain rumah minimalis masih menjadi trend dikalangan masyarakat, terutama di perkotaan besar. Desain rumah minimalis memiliki nilai praktis, fungsional, hemat, dan efisien. Rumah minimalis memang menekankan bentuk desain yang lugas, polos, sederhana, tidak rumit, kompak, dan efisiensi ruang.

Jika kamu tak punya lahan yang luas untuk membangun rumah, desain rumah minimalis bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Dengan prinsip dasar desain rumah minimalis berikut, kamu bisa mewujudkan rumah minimalis impianmu, tanpa harus mengurangi estetika dan fungsional di dalamnya.

Prinsip Dasar Desain Rumah

prinsip dasar desain rumah

Biasanya rumah minimalis dibangun diatas lahan sempit dan memiliki model rumah yang berbentuk kotak sederhana. Karena itulah diperlukan kreatifitas untuk memaksimalkan ruangnya. Hal ini terkait dengan pembagian denah rumah yang efektif.

Untuk membuat denah rumah mulailah dengan membuat daftar ruangan yang dibutuhkan beserta luas yang diinginkan. Kebutuhan akan ruang ini juga harus disesuaikan dengan model rumah. Buatah ruang multifungsi jika luas bangunan rumah terbatas. Mulai dengan ruangan yang utama terlebih dahulu seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu dan seterusnya.

Kemudian hitung luas masing-masing ruangan, lalu susun posisi ruangannya. Lalu posisi ruangan yang basah sebaiknya, seperti dapur, kamar mandi, tempat mencuci, dibuat  secara berdekatan atau berada dalam satu jalur untuk memudahkan pemasangan instalasi air bersih dan air kotor.

Upayakan buangan air kotor ke septictank lurus tanpa berbelok. Pembagian denah rumah ke dalam area kering dan area basah akan menjadikan rumah lebih sehat dan bersih setiap saat.

Desain Rumah Sehat

prinsip dasar desain rumah

Untuk membuat desain rumah sehat juga perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, sirkulasi udara dan sinar matahari yang maksimal untuk kesehatan dan kenyamanan. Untuk bisa mendapatkan sirkulasi udara, buatlah langit-langit yang agak tinggi atau sebuah bagian atap yang bertingkat agar sinar matahari bisa masuk.

Buatlah bukaan menghadap datangnya sinar tapi posisinya jangan langsung masuk. Pasang penahan sinar matahari, misalnya kerai atau kanopi. Usahakan rumah tidak menghadap timur agar cahaya matahari tidak langsung masuk ke dalam rumah.

Kedua, pastikan rumah memiliki taman sebagai penyaring udara kotor dan debu yang masuk ke dalam rumah dan sebagai penambah oksigen. Fungsikan taman itu secara optimal dengan menjadikannya rimbun oleh tanaman. Jadi walaupun  desain rumah minimalis namun bisa mengoptimalkan fungsi ruang melalui pembagian denah rumah yang sehat.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download