BlogPemilik PropertiDesain Hunian11 Tips Merancang Denah dan Desain Rumah
0
0

11 Tips Merancang Denah dan Desain Rumah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 6, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Hingga saat ini desain rumah minimalis masih menjadi trend dikalangan masyarakat, terutama di perkotaan besar. Desain rumah minimalis memiliki nilai praktis, fungsional, hemat, dan efisien. Tips merancang denah rumah minimalis memang menekankan bentuk desain yang lugas, polos, sederhana, tidak rumit, kompak, dan efisiensi ruang.

Kamu bisa pula menemukan desain rumah minimalismu di rumah bekas di Bogor seperti Avoria Estate atau rumah di Jagakarsa, misalnya di sekitar Stasiun Lenteng Agung. Gunakan fasilitas Pengajuan KPR dari Pinhome untuk mewujudkan rumah minimalis impianmu.

Prinsip Dasar Desain Rumah

Source : Pexels

Biasanya rumah minimalis dibangun diatas lahan sempit dan memiliki model rumah yang berbentuk kotak sederhana. Itu sebabnya, diperlukan kreatifitas untuk memaksimalkan ruangnya. Hal ini terkait dengan pembagian denah rumah yang efektif.

Untuk membuat denah rumah mulailah dengan membuat daftar ruangan yang dibutuhkan beserta luas yang diinginkan. Kebutuhan akan ruang ini juga harus disesuaikan dengan model rumah. Buatan ruang multi fungsi jika luas bangunan rumah terbatas. Mulai dengan ruangan yang utama terlebih dahulu seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu dan seterusnya.

Kemudian hitung luas masing-masing ruangan, lalu susun posisi ruangannya. Lalu posisi ruangan yang basah sebaiknya, seperti dapur, kamar mandi, tempat mencuci, dibuat  secara berdekatan atau berada dalam satu jalur untuk memudahkan pemasangan instalasi air bersih dan air kotor.

Upayakan buangan air kotor ke septic tank lurus tanpa berbelok. Pembagian denah rumah ke dalam area kering dan area basah akan menjadikan rumah lebih sehat dan bersih setiap saat.

Baca juga: 15 Desain Rumah Type 45 yang Bikin Keluarga Nyaman

Desain Rumah Sehat

prinsip dasar desain rumah
Source : Shutterstock

Untuk membuat desain rumah sehat juga perlu diperhatikan beberapa hal penting. Pertama, sirkulasi udara dan sinar matahari yang maksimal untuk kesehatan dan kenyamanan. Cara bisa mendapatkan sirkulasi udara, buatlah langit-langit yang agak tinggi atau sebuah bagian atap yang bertingkat agar sinar matahari bisa masuk.

Buatlah bukaan menghadap datangnya sinar tapi posisinya jangan langsung masuk. Pasang penahan sinar matahari, misalnya kerai atau kanopi. Usahakan rumah tidak menghadap timur agar cahaya matahari tidak langsung masuk ke dalam rumah.

Kedua, pastikan rumah memiliki taman sebagai penyaring udara kotor dan debu yang masuk ke dalam rumah dan sebagai penambah oksigen. Fungsikan taman itu secara optimal dengan menjadikannya rimbun oleh tanaman. Jadi walaupun  desain rumah minimalis namun bisa mengoptimalkan fungsi ruang melalui pembagian denah rumah yang sehat.

Baca juga: 6 Referensi Desain Rumah Kayu Modern Ala Eropa

Tips Merancang Desain Rumah Minimalis

Prinsip denah rumah minimalis bisa memperhatikan poin-poin yang ada di bawah ini! Tidak hanya memperhatikan denah saja namun juga pemilihan perabotan, selengkapnya cek tips merancang denah rumah minimalis berikut:

1. Fokus Pada Fungsinya

Source : Pexels

Sebelum memulai mendesain rumah minimalis cobalah memikirkan fungsi dari ruangan yang ada. Contohnya, jika kedatangan banyak tamu mampu mengoptimalkan fungsi ruang tamu semaksimal mungkin. Bila kamu bekerja dari rumah, tentu memerlukan ruang kerja sendiri agar lebih fokus untuk bekerja.

2. Tentukan Model Rumah

Model rumah ini maksudnya hunian satu lantai atau lebih. Setiap rumah tentu memerlukan denah tersendiri khususnya rumah dua tingkat. Setiap lantai perlu detail yang spesifik agar mudah dalam pembangunannya.

3. Ukur Lahan dan Ruangan

Source : Pxhere

Ukur panjang tiap dinding dan pintu jika membangun rumah sendiri. Tentukan luas setiap ruangan yang kamu butuhkan, seperti kamar mandi harus ukuran besar atau tidak atau kamar tidur. Merencanakan membangun rumah sendiri memiliki kelebihan dapat langsung membuat furnitur sesuai yang dibutuhkan karena bisa diukur dengan tepat.

4. Buat Beberapa Alternatif Denah

Cobalah beberapa alternatif denah rumah minimalis agar mendapatkan banyak referensi. Kamu bisa menukar satu ruangan dengan lainnya atau membalik zonasi. Tujuannya agar mampu menemukan denah terbaik dan paling sesuai.

5. Manfaatkan Cahaya Alami

Source : Pexels

Selain itu cahaya alami juga perlu untuk hunian minimalis karena membuat rumah tampak lebih besar. Sumber cahaya bisa dari penggunaan jendela besar agar sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan dengan mudah. Tambahkan tirai transparan agar lebih mendapatkan privasi untuk penghuni rumah.

6. Hati-hati Memilih Warna

Rumah dengan konsep modern minimalis akan memakai warna cat dinding yang bersih dan lembut. Kamu bisa menggunakan warna abu-abu dan putih. Keduanya merupakan warna yang mampu mengesankan netral serta bersih.

7. Kesederhanaan Tata Ruang

Source : Pexels

Perhatikan volume ruang bertingkat, denah lantai terbuka, dan dinding interior hunian. Semakin sederhana area penyimpanannya akan mengesankan gaya hunian minimalis yang kamu inginkan.

8. Gunakan Tangga yang Tepat

Jika hunian terdiri atas beberapa lantai dan menggunakan tangga maka buat bentuknya seramping mungkin. Tujuannya agar mampu menghemat ruang yang ada di rumah. Posisi tangga sebaiknya di ujung agar tidak mengganggu pemandangan dan menghabiskan tempat.

9. Minimalisir Penggunaan Sekat

Source : Pinterest

Rumah minimalis tidak memiliki banyak sekat atau pembatas. Konsepnya mengutamakan ruang sehingga banyak sekat akan membuat rumah tampak pengap. Gunakan saja pilar ramping atau rak yang berfungsi sebagai sekat.

10. Pilih Perabot yang Bisa Jadi Dekorasi

Pemakaian perabot unik memang mampu meningkatkan estetika ruangan. Meskipun begitu tidak boleh berlebihan dan pertimbangkan juga fungsinya. Kamu bisa memilih kabinet dapur yang dapat dilipat dan ditarik menjadi meja makan.

11. Berikan Tanaman Hias

Source : Pexels

Untuk mengurangi interior yang membosankan bisa ditambahkan sentuhan tanaman hias. Warna hijau dari tanaman melembutkan ruangan dan menciptakan kesan asri. Kamu bisa memilih tanaman yang cocok hidup dalam ruangan dan mudah dalam perawatannya.

Dalam tips merancang denah rumah selalu memperhatikan berbagai sudut pandang. Tidak hanya model huniannya saja melainkan tata letak dan prinsip dasar yang digunakan. Semoga pembahasan di atas bisa menolongmu membangun denah impian yang diinginkan.

Baca juga:

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami New Abaya Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download