Ini Dia Cara Membuat Lemari Sendiri dengan Mudah - Pinhome

Pinhome

Ini Dia Cara Membuat Lemari Sendiri dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 17 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Membuat lemari bisa menggunakan jenis kayu keras atau kayu lain seperti tripleks. Jika Pins ingin yang lebih mudah dan relatif murah, cara membuat lemari adalah dengan menggunakan material kayu tripleks. Material ini mudah ditemukan dengan harga yang tidak semahal kayu keras. Namun Pins perlu memilih kualitas dan ketebalan tripleks dengan benar.

Pinhome – Pins, lemari dibutuhkan di kamar untuk menyimpan baju atau barang-barang lainnya. Pins ingin membelinya di toko atau membuatnya sendiri? Jika ingin membuat lemari sendiri dari tripleks, berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan.

1.     Menyiapkan peralatan

cara membuat lemari
(Pixabay)

Membuat lemari sendiri lebih mudah dengan menggunakan kayu tripleks. Selain tripleks, Pins juga perlu menyiapkan bahan-bahan lain untuk membuat lemari. Apa saja bahan dan peralatan yang dibutuhkan? Berikut adalah daftarnya yang perlu Pins siapkan.

  • Tripleks plywood 18mm 3 lembar
  • Tripleks 6mm 1 lembar
  • Gergaji
  • Palu
  • Obeng plus minus
  • Siku besi
  • Pensil kayu
  • Alat ukur meteran
  • Bor listrik
  • Rel laci
  • Lem kayu putih dan kuning
  • Sekrup 5-8 inch
  • Melamin
  • Engsel sendok atau kupu-kupu

Jika Pins sudah menyiapkan alat dan bahan-bahannya, maka selanjutnya adalah menyiapkan sketsa lemari. Lemari dua pintu dengan ukuran standar seperti lebar samping 60cm, kemudian lebar depan 120cm, dan tinggi lemari 200cm.

2.     Memotong kayu tripleks untuk sekat

cara membuat lemari
(Pixabay)

Tripleks merupakan material yang terbuat dari serat kayu yang ditumpuk dan kemudian diberi tekanan berat hingga menyatu dan membentuk lembaran tripleks. Serat kayu yang digunakan umumnya berasal dari kayu sengon, sungkai, atau pinus.

Ketebalannya beragam, mulai dari 4-20 mm. Namun untuk membuat lemari, Pins cukup siapkan tripleks dengan ketebalan 18 mm dan 6 mm. Langkah pertama untuk membuat lemari adalah memotong tripleks yang ukuran tebalnya 18 mm.

Potong kayu tripleks 18 mm dengan ukuran panjang 200 cm dan lebar 60 cm. Kayu-kayu ini digunakan untuk membuat sekat dengan dua kayu di bagian luar dan satu kayu di bagian dalam. Tiga potongan kayu tripleks yang sudah siap ini dipakai untuk Pins membuat lemari dengan dua pintu.

3.     Memotong kayu tripleks untuk sisi belakang

cara membuat lemari
(Pixabay)

Tripleks dengan tebal 6mm digunakan untuk bagian sisi belakang lemari. Langkah yang perlu Pins lakukan selanjutnya adalah memotong tripleks tersebut sesuai dengan ukuran belakang lemari. Apakah Pins sudah tahu seperti apa cara memotong tripleks dengan baik?

Cara memotong tripleks harus dengan teknik yang benar agar hasilnya bagus dan rapi. Pins sebaiknya menggunakan gergaji khusus yang memang digunakan untuk memotong kayu tripleks. Gergaji mesin yang bisa digunakan antara lain model Jigsaw, Crosscut Saw, Keyhole Saw, dan lainnya.

4.     Menghaluskan sisi luar kayu tripleks

cara membuat lemari
(Pixabay)

Setelah semua kayu tripleks dipotong dengan ukuran yang dibutuhkan, maka selanjutnya adalah merapikan sisi luarnya. Langkah ini diperlukan karena biasanya saat pengiriman, kayu tripleks mengalami gesekan yang membuatnya permukaan luarnya tidak rapi.

Pins bisa menghaluskan dengan peralatan yang sudah disiapkan sebelumnya. Perhatikan cara mengamplasnya agar tidak mengurangi ketebalan tripleks yang dibutuhkan. Haluskan secukupnya dan jangan lupa perhatikan garis potong kayunya.

5.     Memasang kayu triplek

cara membuat lemari
(Pinterest)

Langkah selanjutnya adalah merangkai potongan-potongan kayu tripleks sesuai desain lemari. Cara memasangkan adalah dengan menggunakan lem yang sudah Pins siapkan. Pasang sekrup menggunakan bor untuk memperkuat sambungan kayu tripleks.

Bor listrik akan membuat Pins lebih cepat dan mudah untuk memasang semua sambungan tripleks. Perhatikan tegangan atau daya yang dibutuhkan untuk menyalakan alat tersebut ya Pins. Lakukan dengan hati-hati dan gunakan pelindung jika dibutuhkan.

Pada bagian belakang lemari, Pins membutuhkan tripleks yang tidak terlalu tebal. Fungsinya adalah untuk memperkuat bagian belakang lemari tersebut. Pins hanya perlu menggunakan lem dan juga paku untuk memasang tripleks di bagian belakang lemari.

6.     Membuat landasan kayu

cara membuat lemari
(Pixabay)

Bagian alas atau untuk landasan lemari bisa menggunakan papan kayu yang lebih kuat. Kayu untuk bagian alas harus kuat untuk menahan kelembaban lantai sehingga lemari tidak mudah cepat rusak. Setelah rangka lemari siap, Pins perlu memasang pintu lemari dan ornamen-ornamen lain di dalam lemari.

Pasang pegangan pintu dengan sekrup dan bor agar terpasang dengan lebih kuat. Sesuaikan kunci dengan posisi pegangan agar pintu lemari dapat tertutup rapat. Pins juga bisa menambahkan kaca untuk ornamen di bagian luarnya.

Pada bagian dalam untuk lemari dua pintu, Pins bisa membuat model rak dan model gantungan. Model rak hanya membutuhkan beberapa papan tripleks dengan ukuran yang sesuai. Sedangkan untuk model gantungan, Pins membutuhkan bahan aluminium yang ringan dan berbentuk silinder.

Jangan lupa juga untuk membuat laci untuk bagian dalam lemari. Pins sering kan menyimpan barang-barang penting di lemari? Nah, itu fungsi laci yang akan dipasang. Lengkapi dengan kunci pengaman agar Pins bisa lebih tenang untuk menyimpan sesuatu di dalamnya.

Itulah beberapa persiapan dan langkah-langkah yang Pins perlukan untuk membuat lemari sederhana dari kayu tripleks. Modelnya bisa dibuat lebih menarik dengan tambahan ornamen sesuai selera atau keinginan.

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel