BlogPemilik PropertiDesain HunianIni Dia 6 Cara Membuat Lemari Sendiri dengan Mudah
0
0

Ini Dia 6 Cara Membuat Lemari Sendiri dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Nov 3, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Membuat lemari bisa menggunakan jenis kayu keras atau kayu lain seperti tripleks. Jika Pins ingin yang lebih mudah dan relatif murah, cara membuat lemari adalah dengan menggunakan material kayu tripleks. Material ini mudah ditemukan dengan harga kayu yang tidak semahal kayu keras. Namun Pins perlu memilih kualitas dan ketebalan tripleks dengan benar.

Lemari dibutuhkan di kamar untuk menyimpan baju atau barang-barang lainnya. Pins ingin membelinya di toko atau membuatnya sendiri? Jika ingin membuat lemari sendiri dari tripleks, berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan. Setelah mengetahui cara membuat lemari sendiri, lemari ini bisa kamu tempatkan di rumah impian kamu yang nyaman itu

Seperti rumah yang ada di perumahan Mutiara Gading City atau di perumahan Babelan Indah, di perumahan ini terdapat banyak rumah yang nyaman untuk kamu. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

6 Cara Membuat Lemari Sendiri

Memiliki lemari yang sesuai dengan kebutuhan Anda bisa menjadi tugas yang menyenangkan. Berikut ini ada enam cara kreatif untuk membuat lemari sendiri.

1. Menyiapkan peralatan

cara membuat lemari
Source : Pixabay

Membuat lemari sendiri lebih mudah dengan menggunakan kayu tripleks. Selain tripleks, Pins juga perlu menyiapkan bahan-bahan lain untuk membuat lemari. Apa saja bahan dan peralatan yang dibutuhkan? Berikut adalah daftarnya yang perlu Pins siapkan.

  • Tripleks plywood 18mm 3 lembar
  • Tripleks 6mm 1 lembar
  • Gergaji
  • Palu
  • Obeng plus minus
  • Siku besi
  • Pensil kayu
  • Alat ukur meteran
  • Bor listrik
  • Rel laci
  • Lem kayu putih dan kuning
  • Sekrup 5-8 inch
  • Melamin
  • Engsel sendok atau kupu-kupu

Jika Pins sudah menyiapkan alat dan bahan-bahannya, maka selanjutnya adalah menyiapkan sketsa lemari. Lemari dua pintu dengan ukuran standar seperti lebar samping 60cm, kemudian lebar depan 120cm, dan tinggi lemari 200cm.

2. Memotong kayu tripleks untuk sekat

cara membuat lemari
Source : Pixabay

Tripleks merupakan material yang terbuat dari serat kayu yang ditumpuk dan kemudian diberi tekanan berat hingga menyatu dan membentuk lembaran tripleks. Serat kayu yang digunakan umumnya berasal dari kayu sengon, sungkai, atau pinus.

Ketebalannya beragam, mulai dari 4-20 mm. Namun untuk membuat lemari, Pins cukup siapkan tripleks dengan ketebalan 18 mm dan 6 mm. Langkah pertama untuk membuat lemari adalah memotong tripleks yang ukuran tebalnya 18 mm.

Potong kayu tripleks 18 mm dengan ukuran panjang 200 cm dan lebar 60 cm. Kayu-kayu ini digunakan untuk membuat sekat dengan dua kayu di bagian luar dan satu kayu di bagian dalam. Tiga potongan kayu tripleks yang sudah siap ini dipakai untuk Pins membuat model lemari dengan dua pintu.

Baca juga:

3. Memotong kayu tripleks untuk sisi belakang

cara membuat lemari
Source : Pixabay

Tripleks dengan tebal 6mm digunakan untuk bagian sisi belakang lemari. Langkah yang perlu Pins lakukan selanjutnya adalah memotong tripleks tersebut sesuai dengan ukuran belakang lemari. Apakah Pins sudah tahu seperti apa cara memotong tripleks dengan baik?

Cara memotong tripleks harus dengan teknik yang benar agar hasilnya bagus dan rapi. Pins sebaiknya menggunakan gergaji khusus yang memang digunakan untuk memotong kayu tripleks maupun alat pertukangan lainnya. Gergaji mesin yang bisa digunakan antara lain model Jigsaw, Crosscut Saw, Keyhole Saw, dan lainnya.

4. Menghaluskan sisi luar kayu tripleks

cara membuat lemari
Source : Pixabay

Setelah semua kayu tripleks dipotong dengan ukuran yang dibutuhkan, selanjutnya adalah merapikan sisi luarnya. Langkah ini diperlukan karena biasanya saat pengiriman, kayu tripleks mengalami gesekan yang membuatnya permukaan luarnya tidak rapi.

Pins bisa menghaluskan dengan peralatan yang sudah disiapkan sebelumnya. Perhatikan cara mengamplas kayu agar tidak mengurangi ketebalan tripleks yang dibutuhkan. Haluskan secukupnya dan jangan lupa perhatikan garis potong kayunya.

5. Memasang kayu triplek

cara membuat lemari
Source : Pinterest

Langkah selanjutnya adalah merangkai potongan-potongan kayu tripleks sesuai desain lemari. Cara memasangkan adalah dengan menggunakan lem yang sudah Pins siapkan. Pasang sekrup menggunakan bor untuk memperkuat sambungan kayu tripleks.

Bor listrik akan membuat Pins lebih cepat dan mudah untuk memasang semua sambungan tripleks. Perhatikan tegangan atau daya yang dibutuhkan untuk menyalakan alat tersebut ya Pins. Lakukan dengan hati-hati dan gunakan pelindung jika dibutuhkan.

Pada bagian belakang lemari, Pins membutuhkan tripleks yang tidak terlalu tebal. Fungsinya adalah untuk memperkuat bagian belakang lemari tersebut. Pins hanya perlu menggunakan lem dan juga paku untuk memasang tripleks di bagian belakang lemari.

Baca juga:

6. Membuat landasan kayu

cara membuat lemari
Source : Pixabay

Bagian alas atau untuk landasan lemari bisa menggunakan papan kayu yang lebih kuat. Kayu untuk bagian alas harus kuat untuk menahan kelembaban lantai sehingga lemari tidak mudah cepat rusak. Setelah rangka lemari siap, Pins perlu memasang pintu lemari dan ornamen-ornamen lain di dalam lemari.

Pasang handle pintu dengan sekrup dan bor agar terpasang dengan lebih kuat. Sesuaikan kunci dengan posisi pegangan agar pintu lemari dapat tertutup rapat. Pins juga bisa menambahkan kaca untuk ornamen di bagian luarnya.

Pada bagian dalam untuk lemari dua pintu, Pins bisa membuat model rak dan model gantungan. Model rak hanya membutuhkan beberapa papan tripleks dengan ukuran yang sesuai. Sedangkan untuk model gantungan, Pins membutuhkan bahan aluminium yang ringan dan berbentuk silinder.

Jangan lupa juga untuk membuat laci untuk bagian dalam lemari. Pins sering kan menyimpan barang-barang penting di lemari? Nah, itu fungsi laci yang akan dipasang. Lengkapi dengan kunci pengaman agar Pins bisa lebih tenang untuk menyimpan sesuatu di dalamnya.

Itulah beberapa persiapan dan langkah-langkah yang Pins perlukan untuk membuat lemari sederhana dari kayu tripleks. Modelnya bisa dibuat lebih menarik dengan tambahan ornamen sesuai selera atau keinginan.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download