BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Meja Makan Lipat Dinding yang Hemat Ruang
0
0

10 Desain Meja Makan Lipat Dinding yang Hemat Ruang

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Okt 31, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Desain Meja Makan Lipat Dindingtop-right-banner

Meja makan lipat dinding adalah solusi cerdas untuk ruang makan yang terbatas, sehingga meja makan tidak menghabiskan ruang. Desain meja makan lipat dinding sangat banyak, dan mungkin salah satunya bisa kamu jadikan referensi untuk ruang makan di rumah kamu.

Inspirasi desain meja makan lipat dinding berikut ini bisa kamu terapkan pada rumah eksklusif dari Pinhome. Kamu yang ingin beli rumah di BSD di sekitar SMA Al Azhar BSD atau rumah bekas di Kab Bandung bisa memanfaatkan fitur PinValue untuk mengetahui estimasi harganya. 

Meski fleksibel dan menghemat ruang, meja makan lipat dinding tidak serta merta cocok diterapkan di semua ruang makan. Kamu tetap harus mempertimbangkan preferensi dan kebutuhan, serta kekurangan yang dimiliki model meja makan ini. 

Baca juga: 10 Meja Makan Marmer Terbaik dengan Desain Mewah

Kekurangan Meja Makan Lipat Dinding

Desain Meja Makan Lipat Dinding
Source : Pinterest

Meja makan lipat dinding adalah solusi yang fantastis untuk menghemat ruang, tetapi seperti banyak barang rumah tangga, mereka juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa kekurangan tersebut. 

1. Kapasitas Terbatas

Kekurangan utama dari meja makan lipat dinding adalah kapasitasnya yang terbatas. Meja ini dirancang untuk menghemat ruang, sehingga seringkali tidak memiliki kapasitas untuk menampung banyak orang atau barang. Ini bisa menjadi masalah jika kamu sering mengundang tamu atau memiliki keluarga besar yang sering makan bersama. 

Meja makan lipat biasanya hanya menampung dua hingga empat orang, tergantung pada desainnya. Ketika digunakan untuk makan bersama keluarga, kamu perlu mencari tempat duduk tambahan, yang mungkin sulit dalam ruang yang terbatas.

2. Membatasi Dekorasi Ruangan

Meskipun meja makan lipat dinding memiliki keuntungan dalam hal penghematan ruang, mereka juga dapat membatasi desain dan dekorasi ruangan. 

Ketika dilipat, meja ini mungkin tampak seperti panel dinding yang sederhana atau cermin, yang mungkin tidak cocok dengan estetika ruangan. Selain itu, jika ingin menggantungkan dekorasi dinding lainnya, meja makan lipat ini bisa membuat ruangan terasa lebih padat.

3. Masalah Kualitas

Meja makan lipat dinding biasanya lebih ringan dan mudah digerakkan daripada meja makan konvensional. Ini dapat menjadi kelebihan dalam beberapa situasi, tetapi juga dapat mengakibatkan masalah kualitas dan stabilitas. 

Kualitas konstruksi dan bahan dapat bervariasi, dan beberapa meja lipat mungkin kurang kokoh atau stabil daripada meja tetap. Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti getaran saat digunakan atau ketidakstabilan yang berpotensi membahayakan jika meja tidak dipasang dengan benar. 

Baca juga: Model Desain Meja Makan Minimalis Dengan 4 Kursi

Desain Meja Makan Lipat Dinding

Meja makan lipat dinding dapat digunakan saat dibutuhkan dan dilipat kembali ke dinding ketika tidak digunakan. Hal ini akan menghemat ruang, sehingga ruang makan yang sempit terasa lebih lega. 

Berikut beberapa desain bagi kamu yang tertarik menggunakan meja makan model ini. 

1. Meja Makan Lipat dengan Kursi Tersemat

Desain Meja Makan Lipat Dinding
Source : Pinterest

Meja makan ini memiliki kursi yang tersemat di dinding. Ketika tidak digunakan, kursi-kursi ini dapat dilipat ke atas dan digantung di dinding. Ini menciptakan tampilan yang rapi dan membebaskan ruang lantai.

Kamu bisa memilih model meja makan yang memanjang seperti pada gambar. Saat digunakan, meja dan kursi ini akan terasa lebih lebar meskipun saat tidak dilipat bisa memberi ruang lebih pada ruang makan. 

2. Meja Makan Putih

Desain Meja Makan Lipat Dinding
Source : Pinterest

Meja makan lipat dinding ini tampak sangat sederhana dengan warna putih. Ia hanya ditempelkan di dinding dengan menggunakan engsel dan baut, serta terdapat penyangga untuk menyangga meja saat digunakan. 

Model meja lipat dinding ini hanya meja saja. Alhasil, kamu perlu menyiapkan kursi sendiri jika ingin menggunakannya. Namun di beberapa toko mungkin ada yang menjual kursi makan yang cocok sehingga akan menunjang estetika ruang makan. 

Baca juga: 10 Desain Dapur Bawah Tangga untuk Menghemat Ruang

3. Meja Makan Lipat Kayu

Desain Meja Makan Lipat Dinding
Source : Pinterest

Kamu yang suka suasana klasik dengan material kayu bisa memilih model meja makan lipat dinding yang satu ini. Bahannya dari kayu dan mudah diaplikasikan di dinding. Kursinya juga terbuat dari kayu sehingga menambah kesan klasik pada ruang makan. 

4. Meja Lipat Portabel

Desain Meja Makan Lipat Dinding
Source : Pinterest

Memang desain meja makan lipat ini tidak ditempelkan di dinding. Namun mejanya dibuat portable, sehingga meja bisa digunakan di luar ruang makan. Ketika dilipat dan tidak digunakan, meja portabel ini juga cukup ringkas sehingga tidak memenuhi ruangan. 

5. Meja Lipat Sliding

Desain Meja Makan Lipat Dinding
Source : Pinterest

Desain meja makan lipat dinding berikut ini berbentuk sliding dan tidak menempel di dinding, melainkan menyatu pada kitchen set. Ketika ingin digunakan, meja dan kursi hanya perlu digeser dari tempatnya. Model ini lebih praktis dan tidak perlu menambah paku di dinding. 

Baca juga: 10 Harga Meja Makan Dibawah 1 Juta yang Berkualitas

6. Menyatu dengan Lemari

Desain Meja Makan Lipat Dinding
Source : Pinterest

Meja makan lipat yang satu ini didesain menyatu dengan lemari kecil. Sehingga, ketika meja dilipat dan tidak digunakan, ia akan beralih fungsi menjadi lemari hias kecil untuk menyimpan bahan masakan seperti kecap atau saus. 

Namun lipatan yang ada pada lemari hanya untuk meja makan saja. Sementara kursi yang disediakan sebenarnya bisa dilipat namun memerlukan tempat lain untuk menyimpan saat tidak digunakan. 

7. Meja Makan Lipat Bulat

Desain Meja Makan Lipat Dinding
Source : Pinterest

Desain meja makan lipat yang satu ini cukup unik, karena berbentuk bulat atau setengah lingkaran. Hal ini tentu menghadirkan nuansa yang berbeda, mengingat kebanyakan meja lipat dinding berbentuk kotak atau persegi. 

8. Meja Makan Lipat MDF atau Particle Board

Source : Bukalapak

Banyak meja makan lipat dan furnitur lainnya diproduksi menggunakan bahan seperti particle board dan medium density fiberboard (MDF). Kedua jenis bahan ini memungkinkan beragam desain yang mudah diwujudkan karena sifat mudah dibentuknya. Keuntungan lainnya adalah harga furnitur yang terbuat dari bahan-bahan ini cenderung terjangkau. 

9. Meja Makan Lipat Plastik

Source : cecefavors

Kelebihan yang dimiliki oleh furnitur plastik adalah kemampuan ketahanannya. Bahan plastik mampu bertahan terhadap dampak cairan dan benturan, sehingga sangat cocok digunakan untuk berbagai keperluan. Bergantung pada ketebalan dan jenis campuran bahan, furnitur rumah plastik juga mampu menahan panas atau api hingga sejauh batas tertentu. 

Daya tahan ini menjadikan meja makan lipat yang terbuat dari plastik sebagai pilihan yang dapat diandalkan dalam berbagai situasi.

10. Meja Makan Lipat dengan Roda

Source : Aliexpress

Meja lipat ini memiliki dimensi yang kompak, sangat cocok untuk anak kost yang hidup mandiri. Selain itu, meja ini sangat multifungsi, dapat digunakan untuk bekerja dan menulis.

Kehadiran roda membuatnya mudah dipindahkan ke tempat yang diinginkan. Secara keseluruhan, ukurannya adalah 40x60x70 cm. 

Ketika dilipat, meja ini hanya memiliki ketebalan 15 cm, sehingga mudah disimpan di ruang kosong.

Itulah beberapa desain meja makan lipat dinding yang bisa menjadi referensi untuk dipasang di ruang makan. Kamu suka yang mana, Pins? 

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Vasa Jagakarsa dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download