Pinhome

Tips Properti

Tips desain rumah sehat

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Setiap orang pasti menginginkan rumah yang bagus dan besar . semua itu boleh untuk siapapun, tapi ada factor yang lebih penting dari pada unsur tersebut . yaitu tips desain rumah sehat . yaa… rumah sehat . karena apabila rumah yang kita miliki sudah memenuhi kriteria rumah sehat, kita akan bisa menikmati hunian kita dengan lebih maksimal . kita bisa berkumpul bersama keluarga dengan bahagia tanpa mengkhawatirkan apakan factor gangguan kesehatan yang di timbulkan oleh rumah tersebut .berikut definisi dan syarat rumah sehat . Rumah sehat adalah rumah yang menjadikan penghuninya nyaman dan juga aman dalam menghuninya . dan rumah sehat itu sendiri harus. memenuhi beberapa persyaratan atau aturan aturan yang sudah disarankan atau di syaratkan oleh ahli rumah tinggal . adapun syarat-syarat yang harus diperhatikan dalam mendesain maupun membangun rumah sehat adalah sbb :

  • Mempunyai sirkulasi udara yang baik ( setiap ruangan mempunyai sirkulasi udara dengan baik ) .
  • Mempunyai system penerangan yang baik ( cahaya matahari ) dan setiap ruangan juga harus memiliki akses untuk masuknya cahaya .
  • Mempunyai air bersih yang baik untuk kebutuhan sehari – hari seperti minum, masak, mencuci, dan juga mandi ( tidak terkontaminasi ) .
  • Mempunyai tempat pembuangan air limbah
  • Jarak antara sumur resapan dengan sumur air bersih minimal 10 m. lebih jauh lebih baik .
  • Mempunyai RTH ( ruang terbuka hijau ) 60% dari luas lahan .
  • Mempunyai sumur resapan air hujan untuk menyerap air hujan sebagai cadangan air tanah di dalam tanah .
desain rumah sehat

desain rumah sehat

Beberapa hal di atas sangat perlu di perhatikan dalam membangun rumah. Hal diatas adalah salah satu alasan mengapa dalam mendesain maupun membangun rumah kita membutuhkan jasa arsitek maupun kontraktor, karena selain desain dan konsep tata ruang  masalah kebutuhan rumah untuk rumah sehat juga akan di perhatikan.

Selain itu kebersihan adalah factor utama dari segala factor tersebut . sebesar apapun sebersih apapun rumah yang anda miliki, kalau kebersihan tidak dijaga maka rumah sehat pun tidak akan tercipa dan tidak akan terwujud . oleh karena itu jagalah selalu rumah atau hunian anda .

Ada beberapa tips agar rumah memiliki rasa kesegaran yang alami dan juga kebersihan .

  • Buka jendela setiap pagi, biarkan udara pagi hari yang sejuk masuk dan menyejukkan rumah hunian anda .
  • Bersihkan rumah anda setiap hari seperti menyapu, mengepel, dsb .
  • Bersihkan kamar mandi secara rutinitas , kuras bak mandi secara rutinitas pula . jangan biarkan kamar mandi anda menjadi sarang nyamuk .
  • Buanglah sampah pada tempatnya .

Tags :

Bagikan Artikel